10 Jenis Minyak Alami yang Bermanfaat Untuk Kulit

Wanita akan melakukan apa saja untuk menjaga kulit mereka agar tetap terlihat muda, sehat dan segar selama dan sebisa mungkin. Kadang kita hampir melupakan bahwa yang dibutuhkan untuk kulit sudah disediakan oleh alam entah itu buatan tangan ataupun perawatan-perawatan tertentu yang bisa saja terbuat dari telur, kopi, atau teh. Tak diragukan lagi khasiat alam untuk kebutuhan kita sehati-hari, namun kadang mereka dikemas menjadi suatu produk dengan proses kimiawi dan tak jarang menyebabkan kulit teriritasi dan alergi. Nah, berikut ini top10magz telah merangkum 10 Jenis Minyak Alami Yang Bermanfaat Untuk Kulit, benar-benar nyata dan tanpa efek samping.

10Minyak Blackcurrant

minyak-blackcurrant

Memiliki lebih banyak vitamin C dari pada buah jeruk, Blackcurrant pastinya lebih ampuh untuk meremajakan kulit. Tak heran jika minyak blackcurrant banyak digunakan untuk bahan dari berbagai jenis kosmetik. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak ini sangat cocok untuk kulit dewasa karena dapat membantu meregenerasi kulit dan membuatnya tampak lebih muda. Selain itu, minyak blackcurant juga mengandung anthocyanin sebagai antioksidan yang mampu menangkal efek radikal bebas, mampu mengobati nyeri dan bengkak, menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko peradangan organ serta mengurangi tanda-tanda penuaan karena mengurangi produksi hormon prostaglandin yang membuat tampilan seseorang menjadi lebih tua.

9Minyak Teh Hijau

minyak-teh-hijau

Teh hijau memang dikenal memiliki sejuta khasiat. Tapi, pernahkah anda menggunakan minyak teh hijau? Anda bisa menggunakannya untuk menyingkirkan bekas merah-merah dan jerawat di wajah. Anda bisa menggunakannya dengan krim biasa untuk mempermudah pengaplikasiannya pada tubuh. Minyak teh hijau ini sangat penting dalam dunia kosmetik, buktinya telah banyak produk lotion dan pelembab yang menggunakannya sebagai bagian dari komposisi mereka. Namun, perawatan yang terbaik adalah buatan sendiri karena bebas kimia dan tidak terkontaminasi.

8Minyak Zaitun

minyak-zaitun

Beragam khasiat minyak zaitun memang sudah bukan rahasia lagi, selain baik untuk rambut, kesehatan, hingga kulit. Minyak zaitun telah digunakan sejak berabad-abad lalu sebagai makanan dan minyak. Bagi anda yang sedang dalam diet dan penerapan pola hidup sehat, minyak zaitun bisa menjadi teman baik anda. Nah, kalau untuk kulit, bisa menggunakannya bisa dengan mencampurnya dalam kopi mentah dan akan menjadi scrub yang baik. Anda juga dapat menggunakannya di wajah anda. Banyak studi telah membuktikan bahwa minyak zaitun sangat berguna dalam mengatasi keriput, mengurangi lingkar hitam dalam mata dan menutrisi kulit kering. selain itu, minyak zaitun juga bisa menyuburkan kandungan bagi para ibu yang ingin segera hamil. Bisa juga untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok.

7Minyak Alpukat

minyak-alpukat

Banyak yang menyukai alpukat karena selain memberikan rasa yang enak dengan tekstur yang lembut, juga memiliki banyak khasiat. Antara lain membantu meregenerasi kulit dari bekas jerawat, mampu memproduksi kolagen, untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda penuaan dini, vitamin A, D dan E memberikan efek menenangkan pada kulit, sangat baik untuk kulit kering dan bersisik, melembabkan kulit, baik untuk kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut baru serta menyembuhkan luka bakar. Selain itu, minyak alpukat juga mampu memberikan efek segar yang baik untuk daerah leher, belahan dada dan daerah lipatan pada tubuh.

6Minyak Rami

minyak-hemp

Minyak rami atau Hemp oil adalah minyak yang dihasilkan dari biji ganja jenis hemp dengan cara memeras dan menekan biji hemp untuk diambil minyaknya. Eits! tak usah khawatir, meskipun banyak yang mengenal ganja sebagai salah satu jenis narkoba, minyak ini aman dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Karena minyak rami dibuat dari bijinya, bukan daunnya (bahkan daunnya pun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jika diolah dan digunakan dengan baik). Meskipun biasanya digunakan untuk keperluan industri dalam bentuk pelumas atau oli, cat, tinta, plastik dan bahan bakar, minyak rami juga baik untuk kulit. Mengandung asam lemak esensial yang mampu menyegarkan sel-sel kulit dan menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

5Minyak Argan

minyak-argan

Minyak yang berasal dari Maroko ini dibuat dari biji pohon Argan. Pohon ini hidup di daerah padang pasair dimana minyak esensial ini dapat membantu anda melawan kulit kering karena argan adalah hidrator alami. Kandungannya mampu bekerja melembutkan wajah, leher, tangan hingga rambut. Kandungan vitamin E nya mampu mengurangi jerawat dan menangkis perubahan warna kulit.

4Minyak Marula

minyak-marula

Yang satu ini juga tak kalah hebat khasiatnya. Minyak yang dibuat dari buah Marula dan berasal dari Afrika ini merupakan rahasia kecantikan perempuan Kenya selama ratusan tahun. Mampu melindungi kulit dari dehidari bahkan di tempat yang panas. Memiliki kandungan asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh kulit untuk menangkal radikal bebas dan membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

3Minyak Jojoba

minyak-jojoba

Minyak jojoba dihasilkan dari biji tanaman jojoba, yakni sejenis tumbuhan semak yang tumbuh di gurun Sonora, Arizona, California Selatan dan Meksiko. Minyak ini sangat baik untuk mencegah hilangnya kelembaban kulit, menenangkan kulit yang teriritasi, mengatasi jerawat dan mengurangi merah-merah dan bekas luka pada kulit. Bagi yang tinggal di daerah kering dan tropis seperti Indonesia, minyak ini memang sangat bermanfaat. Minyak Jojoba juga berguna untuk kesehatan rambut, di antaranya untuk menjaga kelembaban rambut, mengurangi kekusutan rambut, mencegah rambut bercabang dan mampu menghilangkan bekas produk rambut yang menempel seperti gel, hair spray dan mousse.

2Minyak Pome

minyak-pome

Pomegranate atau di Indonesia lebih dikenal sebagai buah delima memang tergolong sebagai salah satu super food karena kaya akan antioksidan dan memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh. Buah ini tak hanya enak untuk dimakan, namun bisa juga diolah menjadi minyak yang terbukti mampu menjadi antioksidan kulit, menjaganya tetap sehat dengan mengurangi garis-garis keriput, mencerahkan warna kulit kusam, menjaga kulit agar tetap terhidrasi, menjaga elastisitas kulit, mengencangkan kulit dan menjaganya dari bahaya sinar matahari.

1Minyak Kelapa

minyak-kelapa

Nah ini dia juara nomer satu dalam merawat kulit tetap sehat. Perempuan di daerah tropis telah menggunakan minyak kelapa untuk memberikan efek tenang pada kulit akibat panas matahari dan laut. Juga untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kulit kering. Minyak kelapa bisa menjaga kulit sehat dari dalam, dengan mengkonsumsi minyak kelapa versi food grade di toko dan supermarket terdekat, atau bisa digunakan saat memasak dan membuat salad. Untuk perawatan kulit dari luar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Sebagai cheekbone highlighter dengan mengaplikasikan sedikit minyak kelapa di pipi setelah menggunakan make up untuk efek mencerahkan. Body scrub: campur dengan gula pasir dan lulurkan pada tubuh sebagai body scrub. Make up remover: untuk membersihkan make up dan merangsang pertumbuhan bulu mata. Lip balm dan Lip gloss: langsung usapkan pada bibir untuk mencegah bibir kering dan menjaganya tetap berkilau. Bisa juga sebagai stretch mark preventer (melawan garis-garis kulit akibat kehamilan dan operasi), massage oil, body moisturizer, sunburn care, tanning oil, dry feet treatment, elbow rub, kondisioner dan melawan rambut bercabang.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini