10 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Memiliki ketombe memang menyebalkan, gatal akibat jamur yang tumbuh di kulit kepala ini sering menimbulkan iritasi kulit dan memicu kerontokan rambut. Belum lagi serbuk putih yang jatuh ke bahu, semakin membuat tidak percaya diri dan minder. Banyak cara yang bisa dipilih untuk membasmi ketombe dan berikut ini adalah 10 Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami.

10Jeruk Nipis

mengatasi ketombe jeruk nipis

Jeruk nipis selain bisa untuk mengatasi jerawat, juga bisa dimanfaatkan sebagai penghilang ketombe. Caranya, campurkan 100 ml air perasan jeruk nipis dan campurkan dengan 100 ml santan segar, aduk merata dan usapkan merata ke kulit kepala. Pijat pelan sebentar lalu diamkan selama 30 menit dan keramas seperti biasa. Atau, bisa juga ditambahkan dengan air perasan buah nanas. 100 ml air perasan jeruk nipis dan 100 ml santan dicampurkan dengan 100 ml perasan nanas, hasil campuran tersebut dibasuhkan menyeluruh ke rambut hingga membasahi kulit kepala, diamkan sebentar dan bilas dengan shampo. Lakukan 2 kali seminggu.

9Kangkung

mengatasi-ketombe-kangkung

Jangan salah, tanaman khas Indonesia satu ini tidak hanya enak dimasak dan disantap saja. Ternyata kangkung juga bisa, loh, untuk menghilangkan ketombe. Caranya, rebus seuntai atau seikat kangkung dengan 2 gelas air, biarkan hingga mendidih dan tersisa setengahnya saja. Diamkan hingga dingin lalu basuhkan ke rambut secara merata. Pijat sejenak dan bersihkan rambut dengan air hangat atau shampo favorit anda.

8Daun Pandan

mengatasi-ketombe-pandan

Daun pandan ini sering digunakan sebagai pewarna alami makanan dan pewangi alami karena aromanya yang khas dan menenangkan. Selain itu juga bisa digunakan sebagai pembasmi ketombe, caranya siapkan 5 hingga 7 lembar daun pandan segar kemudian ditumbuk hingga halus. Hasil tumbukan yang sudah halus dicampur dengan setengah gelas air mineral segar dan peras hingga mengeluarkan air. Nah, air perasan inilah yang berfungsi menghilangkan ketombe. Oleskan hasil perasan daun pandan tersebut ke seluruh kulit kepala dan pijat dengan lembut. Diamkan sekitar 30 – 40 menit kemudian bilas bersih rambut anda dengan keramas. Lakukan sekitar 3 kali dalam seminggu. Cara ini terbilang efektif dalam menghilangkan ketombe.

7Minyak Almond

mengatasi-ketombe-minyak-al

Almond memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, selain untuk dijadikan bahan pelengkap coklat batangan dan bahan utama dalam membuat lotion yang baik bagi kelembaban kulit, minyak almond juga bisa mengatasi ketombe. Caranya terbilang sangat sederhana, siapkan minyak almond yang sudah anda beli di supermarket terdekat, oleskan secara merata ke kulit kepala dan pijat lembut. Celupkan rambut ke dalam air hangat dan tutup dengan handuk selama setengah jam lalu bilas hingga bersih. Simple,bukan?

6Minyak Zaitun

mengatasi ketombe minyak zaitun

Sudah bukan rahasia lagi jika minyak zaitun memang sangat berguna bagi kehidupan terutama kesehatan dan kecantikan. Untuk membasmi ketombe dengan minyak zaitun, minyak zaitun yang sudah dipanaskan dan dibiarkan hangat terlebih dahulu dengan sebuah mangkuk dioleskan secara merata ke kulit kepala. Pijat ringan dan merata lalu tutup dengan handuk lembab, diamkan selama 30 menit dan keramas hingga bersih. Jika ingin rambut menjadi lebih lembut, oleskan juga pada tiap helai lambut anda sesaat setelah mengoleskan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala. Lakukan beberapa kali dalam seminggu, nutrisi yang dimiliki minyak zaitun mampu memberikan kelembaban pada kulit kepala yang mengelupas karena ketombe.

5Minyak Kelapa

mengatasi-ketombe-minyak-ke

Minyak almond, minyak zaitun, dan juga minyak kelapa. Yap, tidak hanya untuk menggoreng saja, ya. Saat malam sebelum anda tidur, oleskan minyak kelapa secara menyeluruh ke kulit kepala anda. Pijat-pijat sebentar dan tutup dengan handuk atau shower cap. Biarkan tertutup dan minyak kelapa akan mulai bekerja, diamkan beberapa saat. Lalu bilas rambut anda hingga bersih sebelum anda tidur.

4Cuka

mengatasi-ketombe-cuka

Cuka dicampur dengan air mineral dengan perbandingan yang sama. Oleskan pada kulit kepala pada malam sesaat sebelum anda tidur. Tutup kepala dengan handuk dan biarkan cuka tersebut bekerja selagi anda tidur semalaman. Tapi jangan terlalu banyak, cukup menggunakan cuka sedikit saja. Jika terlalu banyak malah justru akan merusak rambut anda.

3Lidah Buaya

mengatasi-ketombe-lidah-bua

Ada bebrapa cara dalam mengatasi ketombe menggunakan lidah buaya. Pertama dengan dengan gel lidah buaya, iris sepotong lidah buaya bagian tengahnya, usapkan langsung ke kulit kepala secara merata, pijat lembut sebentar dan diamkan selama 45 menit sebelum dibersihkan. Kedua dengan minyak kayu putih dan lidah buaya, campurkan minyak kayu putih dengan gel lidah buaya hingga menjadi seperti pasta. Oleskan menyeluruh ke kulit kepala dan diamkan selama satu jam, bilas hingga bersih. Ketiga, dengan lemon dan lidah buaya, campurkan gel lidah buaya dengan perasan lemon, oleskan ke kulit kepala. Jika terlalu keras, boleh ditambahkan dengan minyak zaitun atau yogurt, biarkan selama satu jam dan bersihkan. Perlu diingat, dalam terapi menghilangkan ketimbe menggunakan lidah buaya ini, jangan bersihkan rambut dengan shampo, apapun caranya. Saat anda tidak sedang mengaplikasikan lidah buaya, baru anda boleh menggunakan shampo. Pilih shampo yang ringan dan tidak terlalu keras yang bisa merusak kulit kepala anda.

2Jus Apel

mengatasi-ketombe-jus-apel

Siapkan 3 buah apel diblender dan dijadikan seperti jus, kemudian campur ekstrak apel ini dengan air hangat secukupnya dan aduk hingga tercampur semua secara merata. Gunakan untuk keramas dan tunggu sekitar 15 menit sebelum dibersihkan. Selain itu, jus apel juga bisa digunakan sebagai tonik. Caranya, sari buah apel sebanyak 2 sendok makan dicampur dengan 2 sendok makan air hangat. Tuangkan menyeluruh ke kulit kepala, diamkan sekitar 20 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin sekitar sekali dalam seminggu, anda bisa melihat hasilnya pada minggu ke tiga.

1Soda Kue

mengatasi-ketombe-Baking_So

Terdengar agak aneh dan ganjil untuk menghilangkan ketombe dengan soda kue, karena lazimnya soda kue memang digunakan untuk membuat kue. Namun tak ada salahnya dicoba, caranya dengan mencampurkan baking soda pada shampo yang akan digunakan lalu usapkan pada rambut. Diamkan selama dua menit lalu bilas hingga bersih, lakukan 2 kali seminggu. Atau bisa juga dengan mengambil segenggam soda kue, gosokkan pada kulit kepala hingga merata, diamkan sebentar lalu bilas hingga bersih. Perlu diketahui bahwa menggunakan soda kue untuk menghilangkan ketombe pada awalnya akan membuat rambut seolah menjadi kering. Namun tak perlu khawatir, dalam seminggu rambut akan kembali normal.

Nah, bagaimana? Apakah anda tertarik menghilangkan ketombe dengan beberapa cara di atas? Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Jadi, menghilangkan ketombe memang butuh kesabaran dan keuletan, tidak bisa dengan waktu sekali pakai dan ketombe akan hilang. Bagi yang tidak mempunyai masalah dengan ketombe, jangan pernah meremehkannya. Jaga kesehatan rambut anda dengan rajin membersihkan rambut dan makan makanan yang baik bagi kesehatan rambut. Salam rambut sehat!

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini