10 Cara Mengatasi Jerawat dengan Sayur dan Buah

Jerawat membandel? Pakai produk penghilang jerawat risikonya besar? Tuntaskan jerawat secara alami dengan 10 cara mengatasi jerawat dengan sayur dan buah versi Top10Magz Berikut ini.

10Tomat

mengatasi-jerawat-dengan-tomat

Termasuk dalam jenis sayuran meski banyak juga yang menganggapnya sebagai buah. Tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama untuk mengobati beberapa penyakit ringan. Jika sehari-hari tomat sering digunakan sebagai bahan pelengkap makanan seperti salad, lalapan, atau bahan dasar membuat saos, ternyata ada cara lain merasakan manfaat tomat. Kandungan vitamin C, vitamin A dan lycopene nya sangat tinggi dapat memutihkan wajah dan menghilangkan jerawat. Selain bisa dikonsumsi langsung atau dijus, memanfaatkan tomat bisa juga dengan cara dijadikan masker alami. Caranya sangat mudah, cukup hancurkan satu buah tomat segar dan lembutkan hingga memiliki tekstur seperti bubur. Oleskan merata ke seluruh wajah (baik yang berjerawat maupun tidak), diamkan selama satu jam lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan selama satu minggu untuk menghilangkan jerawat.

9Lidah Buaya

 mengatasi-jerawat-dengan-lidah-buaya

Tumbuhan yang berwarna hijau dengan lapisan kulit luar bergigi dan lapisan dalamnya yang seperti gel ini telah digunakan sebagai penyembuh luka bakar yang ampuh sejak berabad-abad yang lalu. Disebut juga Aloe Vera dalam bahasa latin, selain bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, tanaman ini juga mampu mengatasi masalah kerontokan rambut dan jerawat. Gel yang terdapat pada daging lidah buaya berfungsi sebagai antibakteri dan astringen yang mampu mencegah dan mengobati jerawat pada wajah. Cara penggunaan untuk mencegah dan mengatasi jerawat terbilang sederhana. Cukup dengan merawat muka dengan masker gel dari daging lidah buaya secara teratur agar minyak berlebih terangkat, menjadikan wajah lebih segar dan bersih, atau bisa juga dengan menempelkan potongan gel lidah buaya di lokasi jerawat tumbuh tiap pagi dan malam hari. Awal penggunaan biasanya jerawat akan terlihat lebih parah, tapi jika dilakukan secara rutin wajah akan bebas dari jerawat dengan bertahap.

8Jeruk Nipis

mengatasi-jerawat-dengan-jeruk-nipis

Citrus aurantifolia atau lebih dikenal dengan jeruk nipis memang sangat kaya akan vitamin C (citric acid) yang mampu membantu menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Selain itu, jeruk nipis juga mampu membersihkan kulit wajah dari minyak berlebih yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Kandungan alpha-hydroxy pada jeruk nipis juga mampu menghilangkan bekas jerawat. Disamping itu juga dapat menambah elastisitas kulit dan pertumbuhan kulit baru. Cara mengatasi jerawat dengan jeruk adalah dengan meneteskan air perasan jeruk nipis pada kapas bersih, lalu oleskan merata pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air dingin. Jangan kaget jika kulit anda merasa agak perih saat pemakaiannya, karena ini pertanda bahwa kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis tersebut sedang bekerja.

7Mentimun

mengatas-jerawat-dengan-mentimun

Mentimun memiliki kandungan air sebanyak 90%, dapat digunakan untuk menjaga kelembaban kulit, menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati pada wajah, mengencangkan pori-pori dan membuatnya tetap terhidrasi. Karena sifatnya yang dingin di kulit, mentimun juga dapat membantu mengurangi jerawat yang meradang kemerahan. Selain diolah menjadi jus yang segar, bisa juga diolah menjadi masker dengan cara menghaluskannya menggunakan blender, dan dioleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan wajah dengan handuk yang sebelumnya sudah dicelupkan di air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal. Selain itu, mentimun pun berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah tinggi, mencegah kanker, meningkatkan proses penyembuhan paru-paru, sakit perut atau cacingan, hingga menghilangkan lingkar hitam pada mata.

6Melon

mengatasi-jerawat-dengan-melon

Buah yang satu ini merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis labu-labuan. Bertekstur lunak dan memiliki warna putih hingga merah tergantung jenis melonnya. Segar dan memiliki kadar air yang tinggi, sangat baik bagi penderita panas dalam, mendinginkan perut dan membersihkan ginjal. Sering digunakan untuk makanan saat sedang berdiet karena kaya akan serat dan melancarkan pencernaan. Memiliki kandungan vitamin A yang juga mampu mengatasi jerawat. Cukup rutin mengkonsumsi buah melon dengan dimakan langsung, diolah bersama salad buah, atau diolah menjadi jus segar. Dapat juga digunakan sebagai masker wajah dengan mengiris tipis-tipis dan ditempelkan pada wajah selama 15-20 menit.

5Belimbing Wuluh

mengatasi-jerawat-dengan-belimbing-wuluh

Sangat berkhasiat untuk kulit karena memiliki zat analgetik yang dapat menghilangkan rasa sakit, kadar flavonoid dalam belimbing wuluh sangat tinggi, sehingga dapat membantu menanggulangi peradangan yang menyebabkan jerawat. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker dari belimbing wuluh adalah, 6 buah belimbing wuluh, 1/2 sendok teh serbuk belerang dan 1 buah jeruk nipis. Cuci bersih belimbing wuluh kemudian haluskan dan campurkan bersama serbuk belerang dan air perasan jeruk nipis. Jika kesulitan dalam menyediakan serbuk belerang, cukup dengan belimbing wuluh saja, dicampur dengan sedikit garam kemudian dihaluskan. Jika sudah menjadi masker, oleskan merata pada wajah atau bisa juga digosok-gosokan pada daerah yang timbul jerawat. Penggunaannya maksimal dua kali dalam seminggu. Selain dapat mengatasi jerawat, belimbing wuluh juga dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit secara alami.

5Temulawak

mengatasi-jerawat-dengan-temulawak

Selain dikenal sebagai bahan untuk membuat jamu atau seduhan yang membuat tubuh hangat, tanaman rimpang yang satu ini juga mampu mengobati jerawat. Caranya, cuci rimpang temuwak sebesar jari orang dewasa, dan dipotong-potong menjadi beberapa bagian kemudian rebus bersama empat gelas air mineral hingga menjadi separuhnya. Dinginkan rebusan temulawak tersebut, campurkan madu secukupnya lalu minum sehari dua kali sebanyak satu gelas. Selain itu, tanaman yang bernama latin Curcuma Xanthorhizza ini juga memiliki khasiat yang luar biasa, di antaranya untuk mencegah pembengkakan hati,  meningkatkan produksi cairan empedu, menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah dan menambah nafsu makan.

4Wortel

mengatasi-jerawat-dengan-wortel

Mmm… What’s up doc? Masih ingat ucapan khas Bugs Bunny ini? Tokoh kartun Looney Toons tersebut selalu memegang wortel dan memakannya dengan lahap. Nah, tahukah anda bahwa wortel tidak hanya bisa membantu kesehatan mata? Kandungan vitamin A dan beta karoten dalam wortel ternyata sangat efektif dalam mencegah jerawat. Buatlah jus dari 4-5 wortel besar dan minumlah setiap pagi. Asupan wortel dapat membantu tubuh mendapatkan kandungan vitamin A dan mineral lain yang tinggi yang dapat mengurangi jerawat. Selain itu dapat juga digunakan sebagai masker wajah dengan menumbuk/menghancurkan wortel hingga halus, campur dengan satu sendok madu, satu sendok minyak zaitun, dan beberapa tetesan air lemon. Oleskan masker pada wajah yang telah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya, diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan. Gunakan secara rutin setiap malam sebelum tidur. Selain mengurangi jerawat, wortel juga mampu menghilangkan noda bekas jerawat yang sering membandel.

2Lemon

mengatasi-jerawat-dengan-lemon

Seperti yang sudah kita ketahui, lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang mampu membersihkan sel kulit mati serta mengurangi jumlah minyak berlebih pada wajah. Selain dibuat sebagai minuman segar yang sehat, campuran lemon dan madu juga dapat membantu menghilangkan jerawat. Bagaimana membuatnya? Dengan mencampurkan satu sendok teh air perasan lemon dan satu sendok teh madu, aduk hingga merata lalu oleskan pada wajah secara menyeluruh dan diamkan selama 30 menit hingga mengering. Bersihkan dengan handuk yang telah dibasahi dengan air dingin. Voila! Kulit akan terasa segar dan cerah. Lakukan secara teratur untuk menghilangkan jerawat secara optimal. Lemon juga dapat menghilangkan flek dan bintik hitam pada wajah, mencerahkan warna kulit dan menghilangkan noda bekas jerawat. Tak heran jika produk kecantikan banyak menggunakan lemon sebagai salah satu produk andalannya.

1Stroberi

mengatasi-jerawatdengan-stroberi

Sebelumnya sudah pernah dibahas tentang 10 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan yang salah satunya adalah mencegah jerawat. Untuk mengatasi jerawat dengan stroberi, bisa salah satunya dengan mengolahnya menjadi masker wajah. Siapkan secangkir buah stroberi segar, satu butir putih telur dan dua sendok teh madu. Campurkan buah stroberi yang telah dilembutkan bersama putih telur dan madu hingga merata lalu oleskan menyeluruh ke wajah. Diamkan sekitar 10-20 menit lalu bersihkan dengan air dingin atau air hangat. Kandungan saliculc acid dalam stroberi merupakan bahan pengering yang mampu membatu mengurangi jerawat.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberantas jerawat. Baik secara instan dengan menggunakan produk kecantikan, maupun secara alami dengan sayur dan buah-buahan. Butuh kesabaran untuk menghilangkan jerawat dengan cara alami, namun mengingat efek samping penggunaan kosmetik penghilang jerawat yang mengandung berbagai risiko karena terbuat dari bahan-bahan kimiawi, alangkah lebih baiknya jika menggunakan bahan alami seperti sayur dan buah-buahan untuk mengatasi jerawat. Selamat tinggal jerawat!

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini