10 Orang Terkaya di Dunia

Menjadi kaya, memiliki segalanya dan terpenuhi segala keinginannya, merupakan impian semua orang. Namun tak semua orang beruntung memiliki uang lebih, dari situlah beberapa orang di dunia ini kemudian termotivasi untuk bekerja keras hingga akhirnya dapat menaklukkan dunia dengan predikat sebagai orang terkaya di seluruh dunia. Siapa sajahkah mereka? Simak selengkapnya dalam ulasan khas top10magz berikut ini.

10Bernard Arnault (Perancis)

orang-terkaya-dunia-bernard-arnault

Pemilik perusahaan LVMH dengan merk barang mewah dunia, Luis Vuitton, Moet dan Hennessy ini menduduki posisi ke sepuluh orang terkaya dunia dengan jumlah kekayaan sebesar 29 miliar USD. Pebisnis kaya ini sempat menduduki posisi ke 4 orang terkaya dunia tahun 2012.

9Liliane Battencourt (Perancis)

orang-terkaya-dunia-liliane

Adalah satu-satunya wanita yang mampu masuk ke dalam daftar 10 orang terkaya dunia tahun 2013. Anak tunggal dari pendiri brand kosmetik dan  kecantikan dunia L’Oreal ini memiliki kekayaan sebesar 30 miliar USD. Meskipun anak tunggal, Liliane tidak lantas menjadi manja, ia menggeluti dunia bisnis dengan serius dan kerja keras hingga membesarkan namanya saat ini.

8Li Ka Shing (Hongkong)

orang-terkaya-dunia-li-ka-shing

 Adalah pengusaha terkaya di Hongkong dan Asia Timur. Pria berusia 85 tahun ini memiliki jumlah kekayaan sebanyak 31 miliar USD pada tahun 2013. Li menguasai sekitar 13 % container dunia dan merupakan investor untuk perusahaan teknologi Facebook dan Spotify. Li kecil dibesarkan dalam lingkungan keluarga miskin dan sempat putus sekolah. Ia bahkan sempat menumpang tinggal di rumah pamannya yang lebih berada dan sering diremehkan karena kemiskinannya. Saat ayahnya meninggal, ia menjadi tulang punggung keluarga dan pernah menjadi buruh pabrik plastik saat berusia 15 tahun. Kehidupan dan perjuangannyanya sangat menginspirasi, mungkin hal tersebutlah yang menjadikannya bertanggung jawab dan mau bekerja keras hingga menjadi seperti sekarang ini.

7David Koch (AS)

orang-terkaya-dunia-david-koch

Pebisnis, filantropi dan aktivis politik ini mulai dikenal luas karena  karir politik serta kedermawanannya. Kekayaannya seperti yang dilansir majalah Forbes tahun 2013, adalah senilai 34 miliar USD. Lahir di Arkansas Amerika pada 3 Mei 1940, David Koch memiliki latar belakang keluarga berpendidikan, ayahnya adalah seorang ahli kimia, tak heran jika ia menempuh pendidikan Chemical Engineering di salah satu universitas terbaik dunia, Massachusetts Institute of Technology. Ia juga aktif dalam dunia politik dan aktif dalam partai liberal Amerika Serikat, bahkan partai tersebut sempat mencalonkannya sebagai wakil presiden tahun 1980 namun di tahun 1984 ia memilih untuk keluar dan bergabung dengan partai republik. Saat ini, ia menjabat sebagai Executive Vice President di Koch Industri, yang tak lain adalah perusahaan milik keluarganya. David Koch dikenal sebagai dermawan yang tak segan membiayai beberapa proyek penelitian dan pengembangan obat untuk menyembuhkan penyakit kanker. Pada tahun 1998 hingga 2012, ia telah menyumbangkan dana sebesar 395 juta USD untuk penelitian tersebut.

6Charles Koch (AS)

orang-terkaya-dunia-charles-koch

Merupakan kakak dari David Koch, salah satu pebisnis terkaya dunia. Ketua dewan direksi dan CEO dari Koch Industri ini memiliki pemasukan tahunan hingga sebesar 100 miliar USD atau sekitar Rp 913,2 triliun. Ayahnya mendirikan Koch Industries bersama teman sekelasnya, Lewis E. Winkler pada 1925 sebagai Winkler Koch Engineering yang akhirnya menemukan metode yang dapat mengubah minyak menjadi bensin. Saat ayahnya meninggal, dua anak laki-lakinya yakni Charles dan David yang keduanya adalah insinyur mengambil alih perusahaan skala menengah atas tersebut dan hadir berekspansi di 60 negara.

5Larry Ellison (AS)

orang-terkaya-dunia-larry-elison

Pemilik nama lengkap Lawrence Joseph Ellison ini merupakan pendiri dan CEO dari Oracle Corporation. Ellison memiliki kekayaan sebanyak 43 miliar USD, jumlah ini naik dari tahun 2012 yakni 39.5 miliar USD. Larry kecil terlahir dalam keadaan sebatang kara hingga akhirnya diadopsi oleh Lillian Spellman Olison dan Louis Ellison pada usia 9 tahun. Ia sempat meninggalkan bangku kuliah karena ibu angkatnya meninggal dunia dan ayahnya hanya seorang pekerja pemerintah dengan gaji kecil. Namun kerja keras dan ketekunannya kini mebuahkan hasil yang manis, yakni sebagai salah satu yang paling kaya di seluruh dunia.

4Warren Buffet (AS)

orang-terkaya-dunia-waren-buffet

Memiliki kekayaan senilai 53,5 miliar USD, Warren Buffet memang patut dinobatkan sebagai salah satu yang terkaya di bumi ini. Konglomerasinya berpusat di Omaha, Nebraska, sejak tahun 1965 silam. Ia memiliki berbagai bidang bisnis dari kereta api hingga es krim.  Terlahir pada 30 Agustus 1930, Buffet kecil pernah menjadi seorang loper koran pada usianya yang ke 11 tahun, ia pun pernah menjadi pencari bola golf yang hilang dan menjualnya ke pemain golf sekitar lapangan golf tersebut dengan harga murah. Meski menjadi seorang konglomerat, ia tetap menerapkan gaya hidup sederhana, antara lain tinggal di sebuah rumah dengan 3 kamar berukuran kecil yang ia beli setelah menikah 50 tahun lalu, tidak membeli apa yang tidak dibutuhkan dan tetap mengemudikan mobilnya sendiri tanpa supir.

3Amancio Ortega (Spanyol)

orang-terkaya-dunia-amancio-ortega

Pebisnis yang berusia 76 tahun ini memulai bisnis pakaian di tahun 1960 di garasi rumahnya di La coruna. CEO dari perusaahaan Inditex ini memiliki rumah mode Zara dan kini menjadi pengecer pakaian terbesar di dunia. Kekayaannya tercatat sebanyak 57 milyar  USD, angka ini naik dari tahun sebelumnya yakni 2012, sebanyak 37,5 milyar USD. Selain menjadi orang ketiga terkaya di dunia, Ortega juga menjadi orang terkaya di Spanyol dan di Eropa. Ia memiliki strategi tersendiri dalam berbisnis, yakni mengedepankan permintaan pasar dengan pelayanan yang maksimal. Ia percaya bahwa kepuasan pelanggan adalah yang nomer satu, Ortega bahkan menugaskan kepada setidaknya 200 desainernya berkeliling dunia untuk melihat perkembangan tren fesyen di negara-negara lainnya. Inilah yang membuat perusahaannya bergerak lebih maju karena ia bisa memantau perkembangan fesyen dunia lebih cepat dari perusahaan lainnya.

2Bill Gates (AS)

orang-terkaya-dunia-bill-gates

Pendiri dari perusahaan perangkat lunak raksasa, Microsoft, ini memiliki kekayaan yang luar biasa. Tercatat sebanyak US$61 milyar adalah kekayaan yang dimilikinya saat ini. Mantan mahasiswa Harvard Univeristy ini pernah berkata pada profesornya bahwa ia akan menjadi seorang miliarder pada usia 30 tahun, namun kenyataannya pada usia ke 31 ia telah mampu menjadi seorang bilyuner saat sahamnya melonjak setahun setelah Microsoft go public. Bill Gates yang memiliki nama asli William Henry Gates III ini merupakan tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis dani ketua Microsoft. Siapa tak kenal produk perangkat lunak buatannya? Hampir di seluruh dunia semua orang menggunakan Microsoft di komputernya, bahkan di beberapa negara seperti di Indonesia, Microsoft menjadi mata pelajaran wajib untuk dipelajari. Kendati demikian, Gates tetap bersajaha bahkan di beberapa media diberitakan bahwa ia tetap mau mencuci piring bekas makannya sendiri.

1Carlos Sim (Meksiko)

orang-terkaya-dunia-carlos-slim

Inilah jawaranya, orang terkaya nomer satu seluruh dunia dinobatkan kepada Carlos Slim. Majalah ekonomi kenamaan dunia, Forbes, menempatkan Carlos sebagai orang terkaya di dunia selama empat tahun berturut-turut. Pengusaha filantropis asal Meksiko ini merupakan pemimpin dan CEO perusahaan telekomunikasi Telefonos de Mexico dan America Movil. Menurut majalah Forbes, 2013 adalah tahun ketiganya menduduki posisi sebagai orang terkaya sejagat raya. Bakat bisnisnya dimulai sejak ia masih kecil, pada usia 10 tahun ia adalah seorang penjual minuman dan makanan ringan untuk keluarganya. Setelah belajar teknik, ia mulai mendirikan perusahaan real estate dan menjadi pedagang di bursa saham Meksiko. Ia dikenal sebagai pengusaha yang mampu menyulap perusahaan bermasalah menjadi penghasil uang. Kekayaannya tercatat sebanyak $71 milyar, namun meski memiliki kekayaan yang melimpah, ia tetap menerapkan gaya hidup hemat. Ia tinggal di rumah yang sama selama 40 tahun dan tetap mengendarai Mercedes Benz tuanya walau tetap dikawal.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini