10 Tokoh Dunia Penyandang Autis

Autisme adalah suatu gangguan mental dimana penderitanya mengalami kelainan perkembangan sistem saraf yang membuatnya sulit bersosialisasi, berkomunikasi atau mengenali perasaan serta emosi orang lain. Selama ini autisme sering dipandang negatif namun nyatanya, banyak tokoh dunia dengan karya dan teori-teori luar biasa meski mereka memiliki autisme. Siapa saja mereka? Simak dalam 10 tokoh dunia penyandang autis berikut ini.

10Dan Aykroyd

Aykroyd

Daniel Edward Aykroyd adalah seorang aktor dan penulis skenario asal Amerika yang juga merupakan pemenang nominasi Academy Award dan Emmy Award. Ia menerima bahwa autisme menjadi inspirasinya dalam film hits nya, Ghost Buster. Aktor yang juga terkenal dengan acara Blues Brothers ini mengatakan bhwa ia memiliki obsesi dengan hantu dan penegakan hukum.  Ia membawa serta lencana polisi dan terobsesi dengan pemburu hantu, Hans Holzer. Obsesi merupakan salah satu fitur khas autisme dan Aykroyd mampu mengubahnya menjadi salah satu film yang paling sukses.

9Stanley Kubrick

stanley-kurbick

Adalah seorang sutradara film Amerika yang juga dikenal sebagai seorang perfeksionis. Ia memiliki beberapa ciri khas autis, antara lain kesulitan dan ketidakmampuan berkomunikasi untuk orang-orang yang bekerja dengannya. Ia akan tak segan meminta aktor mengulang ratusan adegan jika tak sesuai dengan keinginnannya.  Filmnya yang terkenal antara lain The Shining karya novel Stephen King, Paths of Glory, serta Eyes Wide Shut yang dibintangi oleh Tom Cruise dan Nicole Kidman.

8Nikolas Tesla

Tesla

Adalah seorang penemu dan seorang mekanis. Kemampuannya dalam bidang listrik dan energi sangatlah luar biasa. Bhkan diketahui bahwa kejeniusannya mampu melampaui Thomas Alva Edison karena Edison disebut-sebut telah meminjam ide yang dimiliki Tesla. Tesla dikenal memiliki beberapa karakter autis seperti kesulitan berkomunikasi dan terlalu fokus pada pekerjaannya. Ia pun memiliki kebiasaan aneh, yaitu enggan masuk ke ruangan jika nomor ruangan tersebut tak bisa dibagi tiga.

7Lewis Carroll

Lweis-caroll

Anda mungkin tak begitu familiar dengan nama ini, namun anda tentu sudah sangat familiar dengan karyanya, Alice in Wonderland. Ya, inilah pria di balik kemahsyuran cerita tersebut. Pencipta kisah terkenal Alice in Wonderland ini pun diketahui memiliki beberapa karakter autis seperti sulit berkomunikasi dengan orang lain dan kadang terlalu asyik hingga terjebak dalam dunia imajinasinya. Namun meski begitu, ia mampu menciptakan karya yang sangat sukses bahkan bertahan dan melegenda hingga saat ini.

6Michaelangelo

michaelangelo

Merupakan salah satu tokoh dunia yang terkenal dalam bidang seni. Seniman jenius ini berhasil melukis kubah Sistine Chapel dan membuat Pieta. Michaelangelo juga dikenal sebagai orang yang memiliki beberapa ciri autistik, seperti tak memperdulikan orang lain, sibuk dengan diri sendiri dan terlalu fokus pada apa yang dikerjakannya hungga lupa makan, minum atau mandi. Ia bahkan terlau fokus pada kelas mengajarnya, ia akan tetap mengajar meski tak ada satu pun yang mendengar maupun menghiraukannya. Ia pun tak memiliki hubungan dekat dengan siapapun dan bisa menjadi sangat galak pada orang di sekitarnya. Meskipun demikian, Michaelangelo tetap dikenang sebagai seorang seniman jenius dengan segala karya masterpiece ciptaannya.

5Thomas Jefferson

Jefferson

Thomas Jefferson adalah presiden Amerika Serikat ke tiga yang memiliki beberapa karakter dalam spektrum autis, yakni tidak suka berbicara dengan orang lain, suka menulis surat untuk berkomunikasi serta sering mengganti-ganti model rumahnya. Ia dikenal sangat pemalu dan sebisa mungkin menghindari kontak mata pada lawan bicaranya. Selain itu, Jefferson  juga memiliki kebiasaan aneh lainnya seperti memakai sandal selop saat menghadiri pertemuan maupun rapat dan selalu membawa burung Mockingbird di bahunya. Meski begitu, ia adalah seorang yang sangat jenius, dimana ia juga adalah penulis dari Deklarasi Kemerdekaan yang juga dijuluki sebagai salah satu dari Founding Father Amerika Serikat.

4Mozart

mozart

Wolfgang Amandeus Mozart, adalah seorang yang sangat dikenal dalam bidang musik klasik. Karya-karyanya yang jenius sangat mendunia dan menjadikannya sebagai salah satu legenda musik dunia. Namun, Mozart dikenal sebagai penyandang autis dimana ia seringkali menghadapi kesulitan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain. Ia memiliki pendengaran yang sangat sensitif dimana ia akan merasa sangat terganggu saat mendengat suara keras dan ramai. Kebiasaannya terbilang aneh karena ia kerap menggerak-gerakkan tangan dan kakinya serta membuat ekspresi wajah yang aneh saat berhadapan dengan publik. Meski begitu, komposer legendaris ini mampu membuktikan bahwa bakat dan kemampuannya tak bisa dihalangi oleh autisme.

3Charles Darwin

darwin

Charles Robert Darwin, adalah seorang ahli biologi yang teori evolusinya mulai dikenal sejak ia menerbitkan bukunya, On the Origin of Species by Means Natural Selection or The Preservation of Favored Races in the Struggle for Life (lebih dikenal dengan The Origin of Species) tahun 1859, dimana di buku ini dijelaskan tentang evolusi melalui garis keturunan yang sama sebagai penjelasan ilmiah yang dominan mengenai keanekaragaman di dalam alam. Sudah sejak lama diketahui bahwa ia adalah seorang dengan autisme. Sejak kecil ia lebih suka menyediri dan mandiri. Ia pun menghindari kontak dengan orang-orang di sekitarnya saat ia tumbuh dewasa. Bahkan ia lebih memilih untuk menulis surat sebagai sarana berkomunikasi daripada berbicara langsung pada orang lain. Darwin yang juga Bapak Evolusi ini memiliki satu tanda spesial yang biasa ada pada orang dengan autisme, yakni seorang pemikir visual yang sangat baik.

2Albert Einstein

einstein

Siapa tak kenal pendekar ilmu pengetahuan yang satu ini? Albert Einstein yang pada tahun 1999 dinamakan sebagai “Tokoh Abad Ini” oleh majalah kenamaan dunia, Time, adalah ilmuwan yang wajahnya paling dikenal semua orang di seluruh dunia. Mbah Einstein menyumbang penemuan yang mampu mengembangkan mekanika kuantum, mekanika fisika, statistika dan kosmologi. Namun di balik kejeniusannya dalam ilmu pengetahuan, ternyata ia adalah seorang penyandang autisme. Ia kerap gagap saat berhadapan dengan publik untuk menjelaskan teori-teorinya. Penemu teori relativitas modern dengan rumus pamungkas E = MC2 ini pun dikenal sebagai orang yang tak dapat melakukan interaksi sosial dengan baik. Bahkan, ia mendapatkan sang istri tanpa ada proses bujuk rayu. Istrinya, Mileva Maric yang juga adalah seorang ahli fisika, jatuh cinta padanya dan bersedia menikahinya karena terpukau dan terpesona dengan kejeniusan sang pencipta bom atom ini dalam merumuskan teori-teori cemerlang.

1Isaac Newton

newton

Isaac newton, seorang ahli fisika yang menemukan teori gravitasi ini memang sangat terkenal akan kehebatan dan kejeniusannya. Bayangkan saja, ia kejatuhan buah apel kemudian merenungkannya serta dengan tekun melakukan pembelajaran tentang hal itu yang berujung pada teori gravitasi dan berdampak sangat besar bagi ilmu pengetahuan dunia hingga saat ini.  Namun Sir Isaac Newton ini ternyata juga seorang penyandang autisme. Seorang peneliti bernama Profesor Simon Baron-Cohen dari Pusat Riset Autisme Universitas Cambridge, Inggris, menyatakan bahwa Newton adalah seorang pengidap sindom asperger, yang juga merupakan salah satu bentuk autisme. Ia dikenal sebagai pribadi yang memiliki kesulitan berbicara, seorang penyendiri dan memiliki kesulitan dalam bersosialisasi. Bila sedang bekerja di laboratoriumnya, ia kerap lupa segala hal termasuk lupa mandi dan makan akibat terlalu fokus terhadap pekerjaannya.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini