10 Tips Mengatasi Mendengkur

Mendengkur adalah masalah yang sangat umum dan mengganggu, karena mempengaruhi hampir setengah dari pria dan seperempat dari perempuan di seluruh dunia. Dalam beberapa kasus, mendengkur dapat menunjukkan kondisi gangguan kesehatan yang serius dan tidak bisa diabaikan. Secara umum, risiko mendengkur semakin meningkat seiring bertambahnya usia, tetapi gangguan tidur ini tidak boleh disepelekan, terutama jika disertai dengan suara berderik saat bernapas. Jika anda atau anggota keluarga anda mendengkur dan mengganggu waktu tidur anda, maka sebaiknya anda menyimak 10 Tips Mengatasi Mendengkur yang praktis dan efisien berikut ini untuk membantu anda mencegah mendengkur dengan mudah dan cepat, tanpa menggunakan obat-obatan apapun.

10Berhenti Merokok

berhenti-merokok

Beberapa penelitian menemukan bahwa perokok lebih mungkin untuk mengalami masalah mendengkur dibandingkan dengan non-perokok. Hal ini berdasarkan bukti bahwa tembakau mampu menyebabkan iritasi tenggorokan dan rongga hidung, sehingga tak jarang membuat anda susah bernapas dengan benar saat tidur. Inilah sebabnya mengapa salah satu cara terbaik dan paling efisien untuk mencegah mendengkur adalah dengan berhenti merokok, atau setidaknya untuk mengurangi jumlah rokok yang dihisap tiap harinya. Di sini, akan terlihat bahwa sirkulasi dan aliran udara akan meningkat dan memperbaiki kualitas tidur anda.

9Kurangi konsumsi alkohol

kurangi-alkohol

Efek buruk dari alkohol memang sudah bukan berita baru lagi. Selain menurunkan kondisi kesehatan dan pikiran dalam jangka panjang, alcohol juga bisa memicu kecemasan den membuat seseorang mendengkur saat tidur. Mendengkur, sering disebut sebagai sleep apnea, dapat dicegah dengan hanya menurunkan konsumsi alkohol. Karena hal ini dapat mempengaruhi sistem saraf pusat, setelah mengurangi jumlah konsumsi alcohol, akan sangat meningkatkan kondisi kesehatan tubuh dan kualitas tidur tanpa dengkur.

8Menjaga berat badan tetap stabil

menjaga-berat-badan-tetap-s

Jika anda mengalami masalah kelebihan berat badan, maka sangat penting untuk mencoba dan mencapai berat badan normal. Karena berat badan berlebih cenderung memungkinkan tubuh menimbun banyak lemak yang bisa memberikan tekanan pada saluran pernapasan, sehingga sulit untuk bernapas. Hal ini bisa didapatkan dengan pola hidup sehat dengan memakan makanan sehat, rutin berolahraga. Jika anada tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga di pusat kebugaran, lakukan setidaknya gerakan-gerakan kecil seperti stretching dan warming up tiap pagi bangun tidur dan sore di rumah.

7Konsumsi cukup air mineral

air-putih-cukup

Minum cukup air juga sangat penting, karena dengan cara ini Anda akan tetap terhidrasi sepanjang hari. Kelembaban akan merangsang sekresi hidung anda, yang akan mengurangi risiko untuk mendengkur. Agar hal itu terjadi, anda disarankan untuk setidaknya minum sekitar delapan gelas air sehari dan buktikan sendiri manfaat cukup konsumsi air minum bagi kesehatan anda. Air mineral memang terlihat sepele, namun banyak kejadian yang tak jarang merenggut nyawa karena dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Sebaiknya, anda tetap menjaga tubuh anda agar selalu terhidrasi dengan konsusi air mineral cukup tiap harinya.

6Memakai mouth guard

mouthguards

Memakai mouth guard saat tidur dapat membuka saluran udara dan memungkinkan anda untuk bernapas lebih baik. Hal ini merupakan salah satu cara yang praktis dan efisien dan dapat meningkatkan kualitas tidur anda tanpa mendengkur. Selain itu, mouth guard juga bisa anda dapatkan dengan mudah, memesan secara online maupun memilih langsung di supermarket terdekat.

5Posisikan kepala lebih tinggi saat tidur

kepala-lebih-tinggi

Ini adalah salah satu cara yang terlihat sepele namun penting untuk membantu anda menyingkirkan masalah mendengkur. Menjaga posisi kepala anda lebih tinggi saat tidur akan mengurangi beberapa tekanan di saluran pernapasan dan memungkinkan anda untuk bernapas lebih mudah.

4Bantal baru

bantal-baru

Tidak sedikit orang mengalami masalah mendengkur pada malam hari karena mereka merasa tidak nyaman dengan bantal mereka. Hal ini bisa terjadi karena beberapa bantal kadang mengandung partikel-partikel dan debu yang dapat memicu dengkuran. Maka dari itu, sangat penting untu memastikan apakah rumah anda bebas dari debu, termasuk bantal anda. Selain debu, tungau atau hewan kecil kadang suka sekali bersembunyi di bantal yang tentu saja akan membuat anda tak nyaman. Ganti bantal anda setidaknya dua kali dalam setahun. Perlu diingat pula, bahwa mengeluarkan uang lebih untuk membeli bantal yang berkualitas adalah sangat pantas. Jangan ragu untuk membeli bantal yang berkualitas untuk mendapatkan tidur yang berkualitas pula. Selain membantu anda mengatasi masalah mendengkur, hal ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan anda. Karena istirahat yang berkualitas setelah seharian beraktivitas akan sangat berguna bagi anda dalam menunjang aktivitas anda keesokan hari.

3Tidur mengadap samping

tidur-hadap-samping

Seperti yang sudah banyak diketahui, jika seseorang mengalami masalah mendengkur, maka sangat dianjurkan untuk mencoba posisi tidur di salah satu sisi atau menghadap ke samping. Bukan dengan posisi terlentang atau tengkurap. Karena hanya dengan cara ini anda dapat menjaga saluran udara anda sepenuhnya terbuka dan memastikan aliran udara yang diperlukan lancar. Dengan cara ini, lidah dan dagu anda akan bekerja lebih mudah yang memungkinkan anda untuk bernapas lebih baik dan sehat. Hal ini sangat mudah dilakukan, apalagi anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk berbagai alat anti mendengkur. Hemat biaya, kaya manfaat.

2Menggosokkan beberapa tetes minyak ekaliptus pada bantal

ekaliptus

Penyebab umum lainnya dari mendengkur adalah kondisi hidung yang tersumbat yang biasanya terjadi ketika temperatur udara sedang sangat dingin.namun hal ini bisa dicegah dengan menggosokkan beberapa tetes minyak ekaliptus pada bantal anda  yang membuat saluran hidung anda tetap terbuka. Di sisi lain, tidak jarang bagi penderita alergi juga mengalami hidung tersumbat dan mengalami susah bernapas yang menyebabkan masalah mendengkur, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter terdekat. Kemungkinan besar, akan diberikan resep untuk pil anti alergi atau suplemen tertentu.

1Meningkatkan pola tidur

pola-tidur-seimbang

Tips ke sepuluh sekaligus terakhir adalah dengan meningkatkan pola tidur. Menjaga pola tidur sangat penting untuk memperbaiki kualitas tidur dan kesehatan anda. Untuk memiliki kualitas tidur yang baik, bisa dengan beberapa cara seperti posisi tidur, kondisi kebersihan ruangan dan bantal serta memiliki pola tidur yang cukup. Karena kencenderungan kurang tidur juga berhubungan dengan peningkatan risiko untuk mendengkur, mengingat bahwa otot anda lelah dan akan cenderung menjadi lebih tegang.

Apakah anda termasuk orang yang mengalami masalah mendengkur? Masalah ini memang sangat menjengkelkan dan membuat siapa saj tak nyaman. Terapkan beberapa tips di atas untuk mengatasi masalah mendengkur anda dan miliki kualitas tidur yang lebih baik. Namun jika tiak juga berhasil, mungkin anda termasuk yang mengalami masalah mendengkur yang parah dan sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter agar bisa didiagnosis dan ditangani secepat mungkin.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini