10 Tanda-tanda Kehamilan

Kehamilan adalah hal yang paling dinanti bagi pasangan yang sudah menikah apalagi pengantin baru. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar cepat hamil, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan penyubur kandungan. Nah, bagi pasangan yang baru menikah, persiapan kehamilan sebaiknya diperhatikan sejak dini. Meskipun gelaja kehamilan bervariasi dan berbeda terhadap satu wanita dengan lainnya, ada beberapa tipikal gejala yang khas dan umumnya dialami oleh mereka yang sedang hamil. Wanita yang sedang hamil umumnya mengalami gejala kehamilan ini selama minggu-minggu awal kehamilan hingga beberapa bulan ke depan. Apa saja, ya? Yuk simak dalam 10 tanda-tanda kehamilan yang umum dan mungkin sudah familiar di telinga anda.

10Telat Datang Bulan

telat-mens

Beberapa wanita memiliki siklus menstruasi yang rutin yakni setiap 28 hari sekali. Bagi yang siklus menstruasinya tidak teratur, akan sedikit sulit untuk menentukan antara terlambat haid atau tanda kehamilan. Bagi sebagian besar wanita yang berada dalam tahap awal kehamilan, pendarahan dan bercak di daerah sekitar vagina bisa berlangsung sekama beberapa hari dan mungkin sering membuat bingung untuk membedakan apakah bercak tersebut tanda haid atau tanda kehamilan. Bercak tersebut terjadi selama waktu telur yang dibuahi menempel pada dinding rahim setidaknya seminggu setelah pembuahan. Meskipun demikian, periode terlambatnya haid tidak selalu berarti bahwa anda sedang hamil. Karena dewasa ini, banyak penyebab bisa terjadi terkait terlambatnya masa datang bulan, bisa karena komplikasi kesehatan atau stress.

9Mual

mual

Apakah anda mengalami mual-mual hamper setiap pagi? Jika iya, tak perlu khawatir karena anda tidak sendirian. Perasaan mual ini dikaitkan dengan kehamilan yang bisa saja terjadi setelah seminggu sel telur dan sperma bersatu. Gejala mual ini lebih dikenal dengan morning sickness, yang biasanya bisa berhenti untuk beberapa saat an terulang kembali pada awal trimester ke dua. Sayangnya, kondisi ni bisa membuat frustasi karena bisa saja terjadi sepanjang hari entah pagi, siang atau malam. Cara terbaik untuk mengatasi mual adalah dengan memakan  biscuit asin setiap pagi dan minum teh peppermint serta istirahat yang cukup.

8Kelelahan

kelelahan

Jika anda sering tidur siang dan merasa sangat ingin tidur baik siang atau malam, mungkin hal ini bisa terjadi karena anda memang kurang tidur atau salah satu tanda kehamilan. Wanita yang sedang hamil biasanya sering tidur siang karena mereka mengalami kelelahan. Selain itu, tanda kehamilan ini disebabkan oleh naiknya  kadar hormon dan perkembangan janin. Tubuh aka bekerja lembur karena pompa tingkat progesteron yang memeastikan rahim anda sehat selama 40 minggu ke depan. Selama trimester ke dua, rasa kelelahan yang berlebih akan mulai berkurang, namun hal inipun bisa saja berbeda oleh wanita satu dengan lainnya.

7Nyeri di sekitar payudara

nyeri-payudara

Wanita hamil mengalami peningkatan hormone yang dapat menyebabkan tanda awal kehamilan ini. Namun, nyeri ini kadang sulit dibedakan apakah merupakan tanda premenstruasi atau tanda dari kehamilan, meskipun tanda kehamilan bisa terjadi lebih dari satu ini. Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi nyeri di daerah payudara adalah dengan membeli bra yang nyaman selama beberapa bulan ke depan seiring masa kehamilan.

6Mood yang berubah-ubah

mood-berubah-ubah

Tidak mustahil bagi wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan suasana hati yang drastis dan tiba-tiba. Pada suatu waktu, wanita hamil akan mengalami pusing dan bersemangat, namun bisa menjadi sangat emosional dan berlinangan air mata secara mendadak. Alasan dari mood yang berubah-ubah selama kehamilan ini adalah karena peningkatam kadar progesterone, yang dengan cepat aka mengangkat da mempengaruhi suasaa hati secara keseluruhan. Hal ni juga perlu diperhatikan karena beberapa wanita hamil mengalami perubahan mood yang sama seperti gejala premenstruasi mereka. Untuk mengimbangi suasana hati ini bisa dengan mengkonsumsi beberapa makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, ikan salmon dan susu.

5Sering buang air kecil

sering-buang-air-kecil

Anda mungkin akan terkejut dengan gejala yang satu ini, seringnya rasa untuk buang air kecil akan membuat anda merasa tidak nyaman. Gejala kehamilan yang satu ini disebabkan oleh perubahan hormonal dan tekanan yang tepat pada rahim dimana kandung kemih anda tumbuh. Penyebab lain dari kondisi ini adalah peningkatan volume darah, sehingga ginjal anda harus bekerja lebih dari biasanya. Gejala ini umum di antara mereka yang tengah berada di trimester pertama dan ke tiga, meskipun ada beberaoa wanita yang terus mengalami gejala ni di sepanjang masa kehamilannya. Meskipun begitu, anda sangat tidak disarankan untuk membatasi asupan cairan anda agar tidak sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Sebaliknya, anda justru harus menjaga diri anda agar tetap terhidrasi dan mencegah komplikasi yang bisa saja terjadi pada anda dan janin anda.

4Ngidam atau enggan memakan sesuatu

ngidam

Anda mungkin akan tiba-tiba menginginkan suatu makanan yang bahkan mungkin tidak anda sukai seblumnya, atau sebaliknya, anda bisa merasa sangat enggan dan tidak suka pada makanan yang seblumnya menjadi makanan kesukaan anda. Reaksi-reaksi yang kuat dan mengejutkan terhadap makanan ini disebabkan oleh lonjakan hormone seperti hCG, yang merupakan hormone yang sama yang digunakan dan diukur selama tes kehamilan. Cara terbaik untuk menangani gejala ini adalah dengan membiarkan diri anda memakan apa yang yang anda butuhkan, selama hal tersebut tidak mengganggu kesehatan anda. Anda juga harus focus pada makanan yang kaya vitamin seperti zat besi. Kalsium, serat dan asam folat untuk kebutuhan kesehatan anda dan bayi anda.

3Susah bernafas

susah-bernafas

Wanita haml yang memutuskan untuk mengikuti latihan dan olahraga singkat mungkin akan merasa sangat lelah dan bernafas lebih dalam dari biasanya. Gejala ini sangat umum selama trimester pertama, karena kadar progesterone tinggi dan peningkatan volume darah. Terlebih lagi, selama bulan terakhir kehamilan volume darah akan naik hingga 40 – 50 persen.

2Penciuman lebih sensitif

penciuman-sensitif

Kebanyakan wanita hamil memiliki penciuman yang tajam dan menjadikan mereka menjadi terlalu sensitif terhadap aroma di sekitar mereka. Jika anda sering mengalami bersin-bersin dan mengendus, maka anda dapat menggunakan herbal dan aroma terapi untuk mengatasinya. Bisa dengan menggunakan jahe, mint, rosemary dan lavender untuk membantu anda menjadi lebih nyaman dari kecenderungan mengendus bau-bau tak sedap.

1Pregnant Glowing

kulit-makin-bersinar

Nah, untuk gejala yang kehamilan yang terakhir ini tak seperti gejala-gejala lain yang cenderung membuat tak nyaman. Pregnant glowing adalah suatu kondisi dimana orang-orang akan melihat anda lebih bersinar dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan peningkatan volume darah yang membuat pipi anda menjadi lebih merona, rambut terlihar lebihtebal dan lebih bersinar berkat hormone yang menambah cahaya indah yang anda miliki serta kulit anda yang terasa lebih mulus.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini