10 Taman Bunga Indah di Dunia yang Patut Dikunjungi

Bunga adalah lambang keindahan, dimana ada bunga, di situ ada keceriaan. Selain romantis dan digandrungi para wanita, taman bunga juga cocok dijadikan sarana liburan keluarga maupun sarana penelitian. Dimana sajakah letak taman bunga dunia yang patut dikunjungi? Berikut 10 taman bunga indah di dunia yang patut dikunjungi  versi  top10magz.

10Singapura

taman-indah-dunia-singapore

Negara tetangga Indonesia ini juga memiliki koleksi tanaman yang cukup lengkap yang terangkum dalam Singapore Botanic Garden. Memiliki luas sekitar 64 hektar, taman ini terdiri dari 3 bagian, yakni Bukit Timah Core, Tanglin Core dan Tanglin Center. Apabila sedang beruntung, anda akan menemui 60 ribu tanaman anggrek yang sedang berbunga. Pemandangan dan pepohonan yang rimbun pun semakin menambah asri dan sejuknya Botanic Garden ini.  Jika berencana berkunjung ke wisata taman dunia, tak ada salahnya jika anda memasukkan Botanic Garden Singapore sebagai salah satu destinasi wisata anda.

9Jepang

taman-indah-dunia-jepang

Negeri matahari terbit ini memiliki dua taman yang terkenal di dunia, yakni Rikugien Garden dan Himeji Castle. Rikugien terletak di Tokyo, yang terkenal dari taman Rikugien ini adalah bunga sakuranya. Saat bermekaran, kombinasi bunga-bunga cantik sakura akan menjadi pemandangan pink nan indah dengan hamparan rumput hijau luas dan langit biru yang cerah. Semakin membuat anda betah berlama-lama di sana. Sementara di Himeji Castle, menawarkan suasana klasik Jepang. Dengan benteng sebagai latarnya yang berpadu dengan warna merah muda bunga sakura yang menari-nari seiring hembusan angin yang sejuk.

8Belgia

taman-indah-dunia-belgia

Bunga poppy bertebaran di sepanjang dan seluas mata memandang di taman Flanders, Belgia. Lautan merah bunga poppy ini terlihat sangat sempurna dan mempesona seperti ombak merah di daratan. Sungguh taman bunga indah di dunia yang menawan dan patut dikunjungi.

7Kanada

taman-indah-dunia-kanada

Negara asal musisi dunia Avril Lavigne ini pun tak luput dari wisata taman bunganya. Adalah taman Butchart atau Butchart Gardens yang memiliki yang terletak di Inlet Todd. Memiliki beberapa konsep taman kecil di dalamnya. Salah satu tema taman ini adalah Taman Jepang, yang dibuat oleh Jaennie Butchart (pemilik taman beserta suaminya Robert Pim Butchart) bersama Isaburo Kishida. Berbagai jenis bunga ada di sini, sperti pansy, daphnes dan forsythias.

6Denmark

taman-indah-dunia-Denmark

Terletak di jantung kota Denmark, Tivoli memiliki segala yang dibutuhkan para wisatawan. Tivoli Gardens adalah taman bunga terbaik yang ada di Denmark sekaligus taman hiburan tertua di dunia setelah dibuka pada 15 Agustus 1843. Nuansa alam yang sejuk dan hamparan bunga-bunga lembut penuh warna akan menambah kegembiraan dan sukacita di hati siapa saja. Setelah menikmati wahana dan melihat-lihat pemandangan, pengunjung dapat bersantai dan menikmati piknik di tengah harumnya bunga-bunga yang menghiasi seisi taman. Banyak keceriaan dan hiburan yang ditawarkan di sini, setidaknya ada 32 restoran, 26 tempat hiburan, 110.000 lampu, 150 konser dan pertunjukan seni dari Tivoli Boys Guards dan artis internasional. Terdapat 400.00 buunga yang memadati wilayah taman ini antara lain poopies, aster dan red clover. Dua kali dalam seminggu, langit-langit di taman ini dimeriahkan oleh pesta kembang api.

5Perancis

taman-indah-dunia-perancis

Salah satu taman terindah dunia dimiliki oleh Perancis yang dirancang oleh André Le Nôtre untuk Louis XIV, gaya taman Perancis ini memiliki ciri khas rerumputannya yang dipangkas dan didesain dengan unik sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi berjalan-jalan di taman kerajaan. Terletak di Provence, taman ini bernama Chateau de Versailles. Luasnya sekitar 800 hektar, terdapat berbagai jenis tanaman, bunga-bunga, air mancur dan jika anda berwisata kesana, anda tak hanya akan menikmati keindahan taman Raja Louis XIV, tapi juga akan dibawa ke pabrik anggur, landmark kota dan kawasan pedesaan. Selain itu, ada jug ataman mawar tertua di dunia di pinggiran selatan Paris. Bernama La Roseraie du Val de Marne yang diciptakan oleh Eduard Andre. Kumpulan taman dengan beragam jenis mawar di Rosarie ini dipelihara dengan cermat oleh pemerintah setempat, selain itu pesona pedesaannya menjadikan taman Rosarie menjadi salah satu tempat favorit paling romantis di Perancis.

4Dubai

taman-indah-dunia-dubai

Dubai memang sangat memperhatikan dan mengedepankan wisatanya. Tak hanya memiliki pulau buatan yang menakjubkan, gedung-gedung pencakar langitnya pun begitu gagah dan megah memadati seluruh kotanya.  Saat ini Dubai telah menambah lagi satu koleksi wisata terbaiknya yaitu membangun taman bunga terbesar yang pernah ada di seluruh dunia. Taman bunga ini dinamai sebagai Dubai Miracle Garden dan telah ditetapkan sebagai taman bunga terpanjang oleh Guiness World Record. Uniknya, seluruh taman bunga ini dibangun di atas lahan kering dan tandus, betapa kreatif dan imajinatif sekali, mengingat Dubai adalah kota gersang di Uni Emirat Arab. Setidaknya terdapat 45 juta bunga dari berbagai jenis dan bentuk yang berbeda. Pandangan pertama saat masuk taman bunga tersebut, pengunjung akan disuguhi oleh lambang dari Uni Emirat Arab. Jalannya dihiasi deretan gapura berbentuk hati, ada pula beberapa bentuk piramida, burung merak serta jalan setapak yang dinaungi payung berwarna-warni. Disarankan untuk datang pada saat pagi atau senja sesaat sebelum matahari terbenam karena saat-saat tersebut adalah saat yang tepat untuk menikmati aroma wangi bunga di taman tersebut. Keindahan dan keberadaan bunga yang mengililingi anda saat berada di dalamnya akan membuat anda sekilas seperti sedang berada di lokasi film Alice in Wonderland.

3Inggris

taman-indah-dunia-inggris

Taman Bunga Kew Inggris, memiliki koleksi lebih dari 30 ribu jenis tanaman yang tesebar di seluruh ratusan hektar tanahnya. Jika anda berkesempatan mengunjungi negeri asal banyak musisi kenamaan dunia seperti The Beatles, U2, dan Oasis ini, sempatkan pula kunjungan anda di kebun seribu  bunga ini. Taman dibuka dari pukul 9.30 pagi dengan harga tiket masuk sekitar 13,5 Euro untuk orang dewasa dan gratis bagi anak-anak. Saat musim semi, tamannya akan dihiasi oleh jutaan bola lampu warna warni, selain itu taman ini telah berusia lebih dari 250 tahun dengan koleksi bunga tulip, daffodil, irisis, krokus, bunga lonceng biru, voila, pansy dan masih banyak lagi.

2Austria

taman-indah-dunia-Denmark

Terkenal karena sempat diangkat ke dalam sebuah film berjudul “The Sound of Music” pada pertengahan abad ke 20, Mirabell Palace di Salzburg Austria ini memang salah satu taman bunga yang indah dan sangat patut untuk dikunjungi. Barisan bunga-bunganya yang berwarna ungu, kuning, putih, orange dan merah ini akan sanggup membuat anda terpukau saat melihatnya. Gaya The Baroque style dari abad ke 17 diangkat sebagi tema dari kebun ini. Selain pemandangan khas pegunungan alpen yang termahsyur yang terdaftar sebagi situs kebudayaan dunia oleh UNESCO, pemandangan taman bunga Mirabell juga tak kalah seru. Taman yang terletak di kota yang menjadi muasal komponis musisi kenamaan dunia, Wolfgang Amandeus Mozart ini sempat dirancang ulang pada tahun 1960 dibawah naungan Pangeran Uskup Agung Johann Ernest Graf von Thun. Didalamnya terdapat air mancur Pegasus karya Kaspar Gras, serta empat kelompok patung yang mengelilingi air mancur tersebut. Patung-patung ini dikuir oleh Ottavio Mosso dan melambangkan 4 elemen, yakni api, air udara dan tanah.

1Belanda

taman-indah-dunia-belanda

Sekitar satu jam dari Amsterdam, terdapat perkebunan bunga Keukenhof yang terletak di Lisse. Taman bunga ini sering dipanggil sebagai The Garden of Europe, karena terdapat banyak sekali bunga tulip, daffodil, Hyancints serta bunga-bunga lainnya yang akan berwarna-warna seperti pelangi saat bermekaran. Hamparan bunga tulip dan sejenisnya sepluas 32 hektar ini baiknya dikunjungi selama musim semi, yakni kisaran bulan April sampai dengan September, tiap tahunnya. Selain disebut sebagai negeri kincir angin, Belanda juga disebut sebagai negeri bunga tulip karena hamparan andalan bunga tulipnya yang beragam dan mempesona.  Dibutuhkan sekitar 15 Euro untuk masuk ke dalam taman bunga ini. Memang terbilang agak mahal, namun jika anda sedang berada di Belanda, sungguh disayangkan jika tak sempat mengunjungi taman bunga Keukenhof ini. Setiap minggunga, Keukenhof mengadakan pertunjukan lebih dari 30 jenis bunga, mulai dari tulip, anggrek, mawar, daffodil, lily dan beberapa jenis kainnya. Terdapat 5 paviliun berbentuk rumah kaca di dalamnya, sehingga pegunjung bisa melihat bunga yang ada di dalamnya.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini