10 Sungai Terpanjang di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sumber daya alam. Negara tropis kita ini selain memiliki banyak gunung yang menjulang indah nan megah, pantai yang cantik, juga memiliki sungai-sungai yang sangat panjang hingga mampu mengalir melalui beberapa provinsi. Banyak manfaat yang bisa didatangkan oleh sungai-sungai ini, selain menjadi sumber air, juga untuk sarana dari pemanfaatan potensi ikan, potensi transportasi, obyek wisata dan banyak lainnya. Apa sajakah sungai-sungai yang menjadi sungai terpanjang di Indonesia? Dan dimana sajakah sungai-sungai tersebut berada? Simak selengkapnya dalam 10 Sungai Terpanjang di Indonesia berikut ini.

10Sungai Kahayan

sungai-kahayan

Di posisi ke sepuluh sungai terpanjang di Indonesia ada Sungai Kahayan. Sungai ini terletak di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Panjangnya sekitar 250 kilometer dengan panjang sungai yang melintas hingga bermuara ke Laut Jawa. Pemerintah Kalimantan Tengah menjadikan sungai Kahayan sebagai salah satu obyek wisata andalan, utamanya wisata susur Sungai Kahayan yang sangat diminati para wisatawan.

9Sungai Indragiri

sungai-indragiri

Membentang panjang melintasi provinsi Sumatera Barat dan provinsi Riau, sungai Indragiri menjadi salah satu sungai terpanjang di Sumatera selain sungai Batanghari dan sungai Musi. Panjangnya kurang lebih sekitar 500 kilometer dengan kedalaman sungai mencapai 6 hingga 8 meter. Mengalir dari daerah danau Singkarak, Sumatera Selatan hingga ke perairan Laut Cina Selatan.

8Sungai Digul

sungai-digul

Sungai Digul, merupakan salah satu sungai terpanjang di Papua selain sungai Mamberamo dan memiliki panjang sekitar 546 kilometer. Sering disebut sebagai Tanah Merah karena saat musim penghujan, sungai ini akan berwarna menjadi sangat merah keruh karena tipe tanahnya yang berlumpur. Mengalir dari pegunungan Sterren hingga bermuara ke Laut Arafuru.

7Sungai Bengawan Solo

bengawan-solo

Anda tentu sudah tidak asing dengan lagu keroncong legendaris ciptaan Gesang yang terinspirasi dari gagahnya sungai Bengawan Solo ini. Nama sungai ini sangat mendunia karena lagu tersebut. Panjangnya sungai yang mencapai 548,53 kilometer ini membentang di dua provinsi yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur, sekaligus menjadikannya sebagai sungai tepanjang di pulau Jawa. Daerah Hulunya mayoritas meliputi Hulu Kali Muning, Hulu Tenggar, Hulu Waduk Gajah Mungkur dan beberapa bagian di kabupaten Wonogiri, mengalir hingga ke hilir yang meliputi sebagian kali Madiun, Ngawi, Blora, Bojonegoro, Lamongan, Tuban, dan berakhir di desa Ujungpangkah, Gresik.

6Sungai Mamberamo

sungai-mamberamo

Nama sungai ini diambil dari bahasa Dani yakni “mambe” yang berarti besar dan “ramo” yang berarti air. Sungai ini terletak di Papua dan memiliki panjang hingga 670 kilometer yang juga menjadikanya sebagai sungai terpanjang di Papua dan sungai terlebar di Indonesia. Beberapa suku terasing yang tinggal di sekitar lembah sungai serta keanekaragaman hayatinya yang sangat kaya sering membuat sungai ini deisebut sebagai sungai Amazonnya Indonesia.

5Sungai Musi

musi

Merupakan salah satu ikon dari kota Palembang, Sumatera Selatan. Panjangnya adalah 750 kilometer yang membelah kota Palembang menjadi dua bagian (seberang hilir di bagian utara dan seberang hulu di bagian selatan) dan menjadi sungai terpanjang di pulau Sumatera. Sejak zaman kerajaan Sriwijawaya hingga saat ini, sungai yang juga memiliki Jembatan Ampera di atasnya ini telah menjadi pusat transportasi utama bagi masyarakat setempat. Sungai ini memiliki mata air di daerah Kepahlang, Bengkulu mengalir hingga bermuara hingga ke selat Bangka. Sungai ini juga disebut sebagai sungai Batanghari Sembilan karena memiliki Sembilan sungai besar, antara lain Sungai Musi, Sungai Komering, Sungai Rawas, sungai Leko, sungai Kelingi, sungai Lematang, sungai Semangus dan Sungai Ogan. Namun sayang, daerah aliran sungai musi yang memiliki luas sekitar 3 juta hektar ini semakin kritis akibat semakin maraknya penebangan liar sehingga sering memicu terjadinya banjir dan tanah longsor.

4Sungai Batanghari

batanghari

Sungai Batanghari atau disebut juga sungai Hari, memiliki panjang sekitar 800 kilometer dengan lebar sungai antara 200 hingga 650 meter. Mata air dan hulunya berasal dari Gunung Rasan yang, melintasi provinsi Jambi dan Sumatera Barat dan mengalir hingga Laut Cina Selatan. Daerah aliran sungainya merupakan yang terbesar ke dua di Indonesia yakni mencakup luas areal tangkapan sekitar 4,9 juta hektar. 76 % DAS nya berada di Jambi sedangkan sisanya berada di provinsi Sumatera Barat. Sayangnya, aktivitas pertambangan dan eksploitasi hutan yang dilakukan di sepanjang aliran sungai berakibat pada berubahnya alur sungai, erosi di bagian tepinya hingga pendangkalan yang tinggi menyebabkan air sungai cepat naik saat musim hujan dan cepat surut pada musim kemarau.

3Sungai Barito

Sungai-Barito

Terletak di provinsi Kalimantan Tengah, hulu sungai Barito berada di Pegunungan Schwaner yang mengalir dan bermuara hingga ke laut Jawa. Sungai ini memiliki beberapa nama lain, yakni sungai Dusun, sungai Banjar Besar dan sungai Banjarmasin. Panjangnya sekitar hampir mencapai 1.000 kilometer dengan lebar antara 650 hingga 800 meter, serta kedalaman setidaknya  8 meter.

2Sungai Mahakam

mahakam

Merupakan sungai terpanjang ke dua di Indonesia sekaligus sungai terbesar di Kalimantan Timur. Memiliki panjang sekitar 920 kilometer, sungai ini melintasi kabupaten Kutai Barat di bagian hulunya hingga kabupaten Kutai Kertanegara dan kota Samarinda di bagian hilir hingga bermuara ke selat Makassar. Sungai ini sudah sejak sekian lama memegang peranan penting bagi kehidupan masyarakat sekitarnya yakni sebagai sumber air, potensi perikanan dan potensi transportasi. Di daerah aliran sungai Mahakam terdapat beberapa obyek wisata alam. Lumba-lumba air tawar atau Irrawaddy Dolphin sering terlihat di sungai utama Mahakam dan beberapa anak sungainya pada musim-musim tertentu. Selain itu, sungai ini juga merupakan tempat berlindungnya salah satu ikan langka yakni Pesut Mahakam.

1Sungai Kapuas

sungai-terpanjang-indonesia

Disebut juga dengan sungai Buhang atau sungai Batang Lawai. Sungai Kapuas adalah sungai yang berada di Kalimantan Barat. Menjadi sungai terpanjang di Indonesia karena memiliki panjang total 1.143 km. Sungai ini memiliki setidaknya 700 jenis ikan  dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang termasuk golongan terancam punah. Sungguh sangat luar biasa, bahkan potensi perikanannya pun mencapai 2 juta ton. Wow! Tapi sangat disayangkan, karena dewasa ini sungai Kapuas sudah mulai tercemar oleh logam berat dari berbagai jenis bahan kimia akibat aktivitas pertambangan emas dan perak di bagian tengah sungai.  Walau begitu, sungai ini tetap menjadi sumber penghidupan masyarakat khususnya suku Dayak dan suku Melayu di sepanjang pinggir sungai.

Indonesia memang sangat beruntung karena memiliki sungai-sungai yang luar biasa. Namun dengan beberapa masalah yang ditimbulkan oleh penebangan liar, eksploitasi hutan, penambangan dan berbagai aktivitas lainnya di sungai-sungai tersebut, menjadikan keadaannya semakin kritis. Banyak kejadian seperti banjir dan tanagh longsor terjadi hingga merenggut banyak korban. Sebagai manusia yang baik, sudah sewajarnya kita saling menjaga kealamian alam sekitar kita. Salah satu cara mudahnya dengan tidak membuang sampah atau limbah di sekitar sungai dan menebang pohon secara liar.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini