10 Sungai Terpanjang di Dunia

Masih ingatkah anda dengan pelajaran masa kecil di sekolah tentang sungai terpanjang di dunia? Tentu jawabannya tidak jauh-jauh dari sungai Nil, sungai Amazon dan sungai Mississippi. Lalu, bagaimana dengan sungai terpanjang di dunia lainnya selain ketiga sungai itu? Masih ingatkah anda tentang nama-nama sungai terpanjang dunia dan dimana letak mereka? Segarkan kembali ingatan dan wawasan anda dengan 10 Sungai Terpanjang di Dunia berikut ini.

10Sungai Zaire (Sungai Kongo)

sungai-kongo

Merupakan sungai terbesar di Afrika bagian Tengah dan Barat sekaligus sungai terpanjang ke dua di Afrika setelah sungai Nil, dengan panjang total sekitar 2.716 mil. Sungai ini disebut juga sungai Zaire, alirannya berawal dari sungai Lualap dan sungai Luapula yang mengalir hingga Samudera Atlantik. Sungai ini mengalir melalui 10 negara, yaitu Angola, Burundi, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Republik Kongo, Rwanda, Tanzania dan Zambia. Tak hanya menyabet gelar sebagai salah satu sungai terpanjang di dunia, sungai Zaire atau sungai Kongo ini juga menyandang predikat sebagai sungai terdalam di dunia dengan titik kedalaman hingga 220 meter.

9Sungai Irtish

sungai-irtish

Adalah salah satu sungai yang terletak di Rusia bagian selatan dengan panjang sekitar 2.640 mil. Sungai ini bermuara di beberapa negara, yaitu Cina, Kazakhstan dan Rusia, dan merupakan sumber air bersih bagi ngara tersebut. Pada musim dingin yakni November hingga Maret, sungai ini membeku.

8Sungai Parana

sungai-prana

Sungai Parana atau dalam bahasa Spanyol lebih dikenal dengan nama Rio Parana, adalah sebuah sungai yang terletak di Paraguay. Alirannya terbentuk pada muara sungai Paranaiba dan sungai Grande yang mengalir melalui ke daerah Rio de La Plata dan menuju Samudera Atlantik. Sungai ini melalui beberapa negara antara lain Argentina, Brasil, Paraguay dan Bolivia. Panjangnya 2.795 mil atau sekitar 2.570 kilometer, jika dihitung dari daerah hulu Sungai Panariba di Brasil, panjangnya bisa mencapai 3.998 kilometer. Parana juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi, sumber perikanan dan pembangkit listrik.

7Sungai Yenise

sungai-yenise

Berlokasi di Rusia dan menjadi salah satu sungai terpanjang di Rusia yang mengalr dari gunung Tannu-Ola di daerah Tuva Barat, Rusia, dan mengalir menuju muara terakhir di Samudera Arktik. Panjangnya mencapai 2.800 mil, sekitar 97% aliran sungai ini berada di Rusia sementara sisanya terletak di kawasan Mongolia.

6Sungai Huang Ho

sungai-huag-he

Lebih dikenal sebagai sungai Kuning, adalah salah satu sungai terpanjang di Cina dengan panjang sungai keseluruhan hingga 2.900 mil. Aliran sungainya berhulu di sisi timur gunung Kuanlan yang mengalir hingga teluk Vhihli, yakni Cina bagian barat. Sungai ini berperan penting dalam kehidupan masyarakat Cina sejak tujuh ribu tahun lalu. Perannya sangat penting dalam bidang ekonomi dan sejarah. Perkembangan agrikultur yang melibatkan kesuburan tanah, mempengaruhi ketersediaan bahan gizi dalam perkembangan peradaban Tiongkok. Namun sungai ini kadang bisa menjadi sangat menyeramkan saat mengalami banjir besar dan menewaskan banyak orang hingga sering dijuluki sebagai “China’s Sorrow”.

5Sungai Ob

sungai-Ob

Merupaka salah satu sungai di Siberia bagian barat Rusia. Sungai ini memiliki panjang sekitar 3.459 mil atau sekitar 2.962 kilometer. Alirannya berawal dari sungai Katun di gunung Belukha Republik Altai, mengalir melewati 4 negara di Asia dan Eropa, yakni Rusia, Kazakhstan dan Mongolia dan bermuara di teluk Ob. Sungai ini juga merupakan sumber air, energy, irigasi serta perikanan bagi kawasan yang berada di sekitarnya.

4Sungai Yangtze

sungai-yang-tse

Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang di Cina, dengan total panjangnya sekitar 3.602 mil. Memiliki hulu dari dataran tinggi Tibetan hingga bermuara ke Laut Cina. Beberapa waktu yang lalu, sungai ini mengejutkan dunia dengan warna sungainya yang tiba-tiba berubah menjadi merah seperti jus tomat. Perubahan warna sungai terbesar terjadi di Chongqing dan beberapa titik di sepanjang sungai tersebut. Tak jelas mengapa sebab berubahnya warna air tersebut menjadi merah, ada yang bilang hal tersebut dikarenakan polusi industry  dan banjir dan hulu sungai, ada pula yang mengatakan bahwa sebabnya adalah ledakan populasi mikro organism penghasil warna tersebut. Namun ditepis oleh salah satu peneliti mikro organism karena alga yang menyebabkan terjadinya gelombang merah adalah mikro organism laut, bukan kelompok yang hidup di air tawar.

3Sungai Mississippi

mississipi

Merupakan sungai terpanjang ke dua di Amerika setelah sungai Amazon. Panjangnya sekitar 3.734 kilometer atau sekitar 2.320 mil. Alirannya berawal dari danau Itasca di Minnesota, melewati beberapa negara di Amerika Serikat yakni Winsconsin, Iowa, Illionis, Missouri, Kentucky, Tenesse, Arkansas berakhir di negara bagian Louisian yakni teluk Meksiko. Nama Mississipi sendiri diambil dari bahasa penduduk asli amerika yang berarti “bapak air”. Bapak air ini memiliki beberapa anak sungai, antara lain sungai Minnesota, sungai St. Croix, sungai, Wisconsin, sungai Illionis, sungai Missouri, sungai Ohio dan sungai Arkansas.

2Sungai Amazon

sungai-amazon

Memiliki total panjang keseluruhan hingga 3.912 mil yang bermula dari Pegunungan Andes di Peru dan melintasi beberapa negara si Amerika Latin yaitu, Equador, Kolombia, Brasil hingga bermuara ke Samudera Atlantik. Memiliki total aliran terbesar dari sungai manapun di dunia, bahkan jika dibandingkan dengan aliran sungai Nil, Mississipi dan Yangtze. Meskipun predikat sungai terpanjang di dunia dipegang oleh sungai Nil, namun sungai Amzon tak mau kalah dengan memegang peringkat pertama sebagai sungai terkuat di dunia. Air yang dilepas ke Samudera Atlantik sangatlah besar, mencapai 184.000 – 300.000 meter kubik per detik. Bahkan aliran sungai Amazon adalah seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia.

1Sungai Nil

sungai-nil

Ini dia jawaranya sebagai sungai terpanjang di dunia, sungai Nil. Mengalir dari hulu danau Victoria hingga ke Laut Mediterania dengan tptal keseluruhan panjangnya yang mencapai 4180 mil atau sekitar 6.650 kilometer.  Melintasi beberapa negara di Afrika, antara lain Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Burundi, Rwanda, Sudan dan Mesir. Sungai ini sudah menjadi saksi sejarah dan peradaban nagsa Mesir sejak ribuan tahun lalu. Disebut juga sebagai “sungai kehidupan” karena telah memberikan kehidupan untuk tanah Mesir serta tumbuhnya budaya dan peradaban. Sungai Nil memiliki dua anak sungai, yaitu Nil Biru dan Nil Putih. Nil biru berasal dari danau Tana di Ethiopia dan Nil Putih dai danau Victoria, kedua anak sungai ini kemudian bergabung menjadi satu di Sudan dan mengarah ke utara. Karena besar dan panjangnya ungai ini, tak jarang menimbulkan banjir, oleh karena itu pemerintah membangun bendungan Aswan yang terletak di Mesir untuk mengendalikan banjir tersebut.

Bagaimana, sudah ingat tentang nama-nama sungai terpanjang di dunia? Sungai-sungai ini menjadi sumber penghidupan bagi banyak negara dan pusat perhatian di seluruh dunia. Namun tak jarang sumber penghidupan yang berasal dari sungai ini dalam sekejap berubah menjadi bencana akibat ulah manusia. Bagai dua mata pisau, sungai bisa menjadi berguna bagi kehidupan manusia sebagai sumber penghidupan, namun bisa juga menjadi awal dari petaka seperti banjir dan tanah longsor jika tidak dirawat dan dijaga dengan baik.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini