10 Peradaban Dunia yang Hilang

Jauh sebelum peradaban modern seperti sekarang, telah lebih dulu muncul peradaban kuno yang maju. Menurut beberapa catatan penjelajahan selama ratusan tahun, banyak ditemukan sisa reruntuhan dan kuil-kuil kuno dalam hutan, lubang besar penuh harta karun yang mungkin dulunya merupakan istana. Apa dan dimana sajakah peradaban yang tersebut? Dan apa sebab hilangnya peradaban itu? Selengkapnya dalam 10 peradaban dunia yang hilang versi top10magz.

10Gobekli Tepe

GOBEKLI-TEPE

Adalah salah satu struktur bangunan paling misterius yang pernah ditemukan yang dibangun pada 10.000 SM dan berlokasi di sebelah selatan Turki. Beberapa bentuk liang tembok dan tugu bundar menyerupai bentuk binatang pada tempat yang diduga adalah kuil. Penduduk Gobekli Tepe adalah nomaden atu berpindah tempat alias tidak memiliki satu tempat tinggal permanen, meskipun beberapa tetuanya tinggal di sana. Bangunan yang didirikan oleh penduduk Gobekli Tepe mungkin merupakan peradaban Mesopotamia pada masanya. Namun apa yang mereka sembah, kapan mereka muncul dan apa pekerjaan mereka selain penyembahan, hingga kini masih belum diketahui.

9Niya

niya

Merupakan sebuah kota megah di sebuah oasis sepanjang jalur terkenal yang disebut jalur sutra. Selama 2 abad, para arkeolog menemukan banyak peninggalan dalam reruntuhan yang dulu merupakan kota dengan banyak kuil dan rumah-rumah kayu nan indah. Arkeolog menduga bahwa Niya adalah bekas peninggalan dari peradaban yang hilang pada masa awal munculnya Jalur Sutra, yakni jalur perdagangan yang menghubungkan Asia Tengah, Afrika dan Eropa. Banyak orang yang melalui jalur ini, mulair dari pedagang kaya, peziarah agama hingga ilmuwan. Rute jalur sutra berlangsung dengan beberapa kali perubahan, tetapi melemahnya rute ini akibat runtuhnya kerajaan Mongol pada tahun 1.300an yang kemudian para pedagan memilih jalur laut untuk berdagang dengan Cina.

8Nabta Playa

nabta-playa

Sebuah perkotaan di wilayah gurun Sahara, Mesir, muncul pada sekitar tahun 7000 – 6500 SM. Mayoritas penduduknya adalah peternak dan pengrajin keramik. Peradaban Nabta Playa ini menyisakan peninggalan penting berupa sebuah susunan batu yang membentuk lingkaran. Diduga, batu-batu tersebut dipergunakan sebagai kebutuhan kegiatan astronomi. Ditengarai, wilayah tersebut dulunya adalah wilayah yang cukup subur yang juga memiliki danau. Namun perubahan iklim menimbulkan pergeseran pola hujan dan menyebabkan kekeringan.

7Dinasti Ghurid

dinasti ghruid

Merupakan sebuah daerah cosmopolitan yang terdiri dari beragam pemeluk agama termasuk Muslim, Kristen dan Yahudi. Dibangun pada tahun 1.100 di wilayah Afghanistan. Meskipun terdiri dari beragam jenis agama yang berbeda, mereka tetap hidup harmonis selama ratusan tahun. Peninggalan dari peradaban yang tersisa dari peradaban ini adalah menara jam berarsitektur cantik yang tersusun dari batu bata berwarna kuning dengan kombinasi biru turquoise yang apik. Peradaban ini telah punah sejak sekian lama dan belum diketahui apa penyebabnya.

6Cahokia

CAHOKIA

Meskipun dikenal sebagai negara yang multi-kultural, Amerika ternyata juga memiliki situs peninggalan sejarah yang unik. Adalah Cahokia, kota kuno yang menyimpan banyak misteri yang terletak dekat dengan Illionis. Cahokia diduga menjadi tempat bagi 10.000 – 40.000 orang selama lebih dari ratusan tahun. Bangunannya seperti piramid megah yang terbuat dari tanah dan bangunan lain seperti Stonehedge yang terbuat dari kayu untuk menandai pergerakan bintang. Dengan masa puncak antara 600 – 1.400 M, kota ini terbentang sekitar 6 mil persegi dan dipenuhi dengan ratusan bangunan dan tanah dengan taman besar di bagian tengah. Orang-orang di kota besar ini sudah mendalami profesi sebagai seniman, arsitek dan petani yang membuat seni luar biasa dari kerang, tembaga dan batu. Mereka bahkan mengalihkan cabang sungai Missisippi dan Illionis untuk memenuhi kebutuhan pengairan mereka. Musabab hilangnya peradaban Cahokia hingga kini masih menjadi misteri. Beberapa teori mengatakan bahwa kota ini memiliki masalah dengan penyakit dan kelaparan lalu mencari tempat lain di sepanjang sungai Missisippi.

5Catal Hoyuk

catalhoyuk

Adalah peradaban besar dengan bangunan dan system pertanian yang berkembang sekitar 9000 tahun yang lalu di daerah Turki. Mayoritas masyarakatnya hidup sebagai petani dengan menanam gandum dan kacang almond. Masyarakatnya terbiasa menghiasi pintu dari rumah-rumah mereka dengan tengkorak banteng dan mengubur kerangka leluhurnya di bawah lantai. Kota ini juga disebut-sebut sebagai kota tertua di dunia yang hingga saat ini masih belum diketahui apa penyebab kepunahannya. Populasinya diperkirakan sebanyak 10.000 jiwa yang ternyata sudah mengenal sistem kepercayaan, agama, seni, ilmu pengetahuan serta teknologi yang dibuktikan dari peninggalan artefak yang ditemukan.

4Angkor

ANGKOR

Kerjaan Kamboja saat ini merupakan sisa peninggalan sejarah peradaban Angkor masa lalu. Bagi masyarakat Kamboja, Angkor Wat bukanlah sekedar simbol belaka namun merupakan sebuah penanda dan kebanggaan yang dilambangkan pada bendera kerajaan Kamboja masa sekarang. Keunikan dan kemahsyurannya membentang sepanjang 230 kilometer persegi. Dengan kompleks candi yang dibangun oleh dinasti Raja Jayavarman II (802-850) sejak abad ke 9 M. Awalnya merupakan kompleks candi yang didedikasikan untuk keagungan dewa Wisnu. Namun penyebab kepunahan Angkor hingga kini belum pasti, banyak yang memperkirakan penyebabnya adalah akibat perang dan bencana alam.

3Peradaban Lembah Sungai Indus

peradaban-lembah-sugai-indu

Peradaban di lembah sungai Indus merupakan sebuah peradaban kuno yang hidup di sepanjang sungai Indus dan sungai Ghaggar Hakra pada 2800 SM – 1800 SM yang kini merupakan wilayah Pakistan dan India Barat. Sering juga disebut sebagai Peradaban Harappa Lembah Indus karena kota penggalian pertamanya disebut Harappa atau Peradaban Indus Sarasvati yang mungkin kering pada akhir 1900 SM. Diperkirakan 5 juta orang atau hampir 10 persen dari populasi dunia tinggal di sini. Mirip seperti suku Maya, hilangnya peradaban suku Indus ini diduga akibat perubahan iklim yakni sedikitnya curah hujan dan menyebabkan kekeringan.

2Suku Maya

suku-maya

Suku Maya adalah kelompok suku yang tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah. Merupakan salah satu contoh klasik dari peradaban yang benar-benar hilang dan menyisakan monumen, kota-kota dan ruas jalan yang tertutup di rerimbunan hutan Amerika Tengah. Suku yang pada zaman batu itu mencapai kejayaan di bidang teknologinya (250 M – 925 M) menghasilkan bentuk karya dan peradaban unik seperti bangunan Chichen Itza, pertanian (kanal drainase), tanaman jagung dan latex serta sumurnya yang disebut “cenotes”. Arsitektur dan pertanian yang membentang dari Meksiko, Guatemala dan Belize, ragam ilmu pengetahuan yang canggih adalah bukti kemajuan suku ini. Bahasa dan tradisi suku Maya masih bertahan hingga kini. Namun peradaban Maya mengalami penurunan secara misterius sekitar tahun 900. Beberapa ahli merujuk pada perubahan iklim yang berkombinasi dengan perang dan berakibat pada kelaparan serta eksodus.

1Pulau Paskah

pulau-paskah

Eastear island atau dalam bahasa Polinesia Rapa Nui dan bahasa Spanyol dikenal sebagai Isla De Pasque adalah sebuah pulau yang terletak antara Tahiti dan Chili yakni sebelah selatan Samudra Pasifik. Mulanya palau ini ditemukan oleh seorang navigator asal Belanda bernama Jakob Roggeveen pada 1722 yang bertepatan pada hari Minngu Paskah. Inilah mengapa kemudian pulau ini disebut sebagai pulau Paskah. Pulau ini menjadi terkenal karena patung-patung kolosal yang membentang di sepanjang garis pantai. Patung-patung ini bernama Maoi dan tiap patung memiliki tinggi 14 kaki atau sekitar 4 meter. Maoi terbuat dari batu-batuan vulkanis yang diperkirakan memiliki usia sekitar 400 tahun. Menariknya, hingga saat ini masih belum diketahui bagaimana patung tersebut dibuat dimana pada zaman dahulu teknologi yang digunakan masyarakatnya masih primitif. Beredar banyak teori seiring perdebatan muasal patung ini, salah satunya adalah bahwa patung ini dibuat oleh UFO yang meski hingga kini kebenarannya belum kunjung terbukti.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini