10 Orang Terkaya di Indonesia

Di tahun 2014 ini terdapat 1.645 miliarder di seluruh dunia yang didapat dari hasil pengamatan Global Forbes dan merupakan angka total miliarder terbanyak di sepanjang sejarah. Dalam jajaran daftar tersebut, ada 19 nama yang berasal dari Indonesia. Jika sebelumnya top10magz telah merinci daftar 10 orang terkaya di dunia, pada ulasan berikut ini akan dibahas daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia. Siapa saja, ya? Yuk, simak selengkapnya.

10Tahir

Orang terkaya di Indonesia - Tahir

Di posisi ke sepuluh ditempati oleh Tahir Dengan total kekayaan sebesar 1,85 miliar dollar atau sekitar 11,7 triliun rupiah yang juga menjadikannya sebagai pemegang posisi ke 973 orang terkaya di dunia. Awal usahanya dimulai pada tahun 1980 ketika beliau mulai merintis usaha dealer mobil. Beliau juga memiliki bisnis di bidang garmen, mendirikan bank Mayapada pada tahun 1990, rumah sakit, toko bebas bea serta perusahaan medis. Selain itu, Tahir juga memiliki 11 perusahaan properti di Bali, Indonesia dan Singapura.

9Theodore Rachmat

Orang terkaya di Indonesia - Theodore Rachmat

Theodore Rachmat atau biasa dikenal dengan Teddy Rachmat merupakan alumni mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang menyandang gelar sarjana teknik mesin pada tahun 1986. Teddy Rachmat merupakan keponakan dari William Soeryadjaya, dimana beliau dipercaya untuk mengelola cabang-cabang perusahaan yang menuntunnya mencapai kesuksesan. Perusahaan yang digeluti antara lain PT Porta Nigra yang merupakan sebuah perusahaan di bidang konstruksi,  PT Astra Honda Motor yang kemudian diangkat mejadi presiden direktur PT Astra Internasional pada 1984, PT Tripel A Jaya, serta memiliki sejumlah saham di PT Surya Semesta Internusa Tbk dan PT Windu Tri Nusantara. Saat ini, kekayaan yang dimiliki Teddy Rachmat adalah sebesar 1,85 miliar USD.

8Bachtiar Karim

Orang terkaya di Indonesia - Bachtiar Karim

Memiliki kekayaan sebesar 2 miliar USD, menjadikannya sebagai orang terkaya ke delapan di Indonesia sekaligus menduduki posisi 869 orang terkaya di dunia. Bachtiar Karim menjalankan perusahaan yang bergerak di bidang minyak kelapa sawit bernama Musim Mas, bersama saudaranya Burhan dan Bahari.  Perusahaan tersebut memiliki kapal, tanker, terminal sendiri dan termasuk dalam salah satu pabrik minyak sawit terbesar di dunia. Sang ayah yang bernama Anwar, mendirikan perusahaan Nam Cheong Soap Factory yang  menjadi perusahaan pembuat sabun dan margarin terbesar.

7Sukanto Tanoto

Orang terkaya di Indonesia - sukanto tanoto

Sukanto Tanoto menjalankan bisnisnya sebagai pemasok alat-alat dan barang-barang untuk perusahaan negara, Pertamina. Selain itu, pria kelahiran 25 Desember 1949 ini juga memiliki perusahaan industri pulp dan kertas yang berhasil masuk dalam Bursa Efek New York. Perusahaannya menjadi sangat besar dan mulai melebarkan saayap untuk membuka bisnis-bisnis lainnya. Bisnis yang dimiliki dan dijalaninya saat ini termasuk industri kertas, minyak sawit, konstruksi dan energi. Kekayaan yang dimiliki saat ini adalah 2,1 miliar USD.

6Mochtar Riady

Orang terkaya di Indonesia - Mochtar Riady

Li Wenzhen atau lebih dikenal dengan Mochtar Riady memulai kesuksesannya dengan mendirikan Grup Lippo. Saat ini, Bank Lippo memiliki beberapa cabang bisnis yakni jasa keuangan seperti asuransi, reksadana, perbankan, juga di bidang properti dan urban development. Grup Lippo setidaknya memiliki 50 anak perusahaan dengan jumlah karyawan sekitar 50 ribu orang. Tidak hanya di Indonesia, bisnisnya juga merambah ke berbagai negara seperti Fujian, Guang Zhou, Hong Kong, dan Shanghai. Pria kelahiran Malang ini juga sempat memegang posisi penting di Bank BCA, namun memutuskan untuk meninggalkan BCA pada 1990 saat BCA mulai bersinar. Dengan banyaknya perusahaan dan cabang perusahaan yang tersebar di Indonesia dan mancanegara serta kehebatannya di ilmu perbankan, Mochtar Riady sampai dijuluki sebagai The Magic Man of Bank Marketing. Saat ini, beliau menduduki posisi ke 6 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan sebesar 2,5 miliar USD.

5Peter Sondakh

Orang terkaya di Indonesia - Peter Sondakh

Merupakan salah satu pengusaha yang sukses di berbagai jenis perusahaan termasuk perusahaan rokok Bentoel dan Rajawali Group. Pengusaha asal Malang ini sangat cinta akan dunia bola, kecintaannya tersebut bisa dilihat dengan kesediaannya mendanai klub sepak bola AREMA, serta melalui Perusahaan Semen Bosowa, ia juga mensponsori beberapa klub sepak bola seperti Persipura dan PSM. Tak hanya di dalam negeri saja, Peter Sondakh juga memiliki beberapa perusahaan di luar negeri. Dengan jumlah kekayaan keseluruhan sebesar 2,8 miliar USD, Peter Sondakh Berjaya di posisi ke 5 orang terkaya di Indonesia.

4Sri Prakash Lohia

Orang terkaya di Indonesia - Sri Prakash Lohia

Usaha di bidang tekstil yang berjaya di Indonesia, membuat pengusaha asal India ini berhasil menempati posisi ke empat orang terkaya di Indonesia. Sri Prakash Lohia telah mengubah kewarganeraannya menjadi resmi warga negara Indonesia. Perusahaan polyester bernama Indorama Corporation yang didirikan bersama ayahnya ML Lohia awalnya merupakan pabrik benang. Saat ini produk yang ditawarkan dari perusahaan Indorama Corporation ini sangat beragam, antara lain polypropylene, polyethylene, PET resin, poliested, hingga sarung tangan medis. Perusahaannya dapat ditemukan di banyak kota terutama Jakarta. Jenis perusahaan Indorama terdiri dari berbagai nama, antara lain PT Indorama Synthethic, Indorama IPLIK, Indorama Shebin, ISIN Lanka dan Medisa Technologies. Selain itu, Sri Prakash Lohia juga memiliki usaha di bidang Real Estate. Jumlah total kekayaan yang dimiliki saat ini adalah 3,5 miliar USD.

3Chairul Tanjung

Orang terkaya di Indonesia - Chairul Tanjung

Belum lama ini, gencar iklan tentang buku berjudul Chairul Tanjung Si Anak Singkong tayang di beberapa stasiun tv swasta Indonesia. Chairul Tanjung kemudian menjadi sangat terkenal tidak hanya di kalangan pebisis dan konglomerat saja, namun juga di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Memiliki total kekayaan sebesar 4 miliar USD, menjadikannya sebagai pemegang posisi ke tiga orang terkaya di Indonesia dan posisi ke 375 orang terkaya di dunia. Seblum menjadi milarder, Chairul Tanjung atau yang biasa disebut CT ini pun mengalami kehidupan yang tidak mudah. Saat kuliah, ia mengalami kesulitan finansial yang mengharuskannya berbisnis kecil-kecilan seperti menjual buku kuliah, kaos hingga memiliki toko peralatan laboratorium yang mengalami kebangkrutan. Saat ini, CT berkecimpung di berbagai jenis bisnis seperti keuangan, properti dan multi media. CT juga mendirikan Trans Corp yang membawahi Trans TV dan Trans 7, memiliki Bandung Supermall, Para Group, Komisaris Utama PT Carefour Indonesia dan menerbitkan buku Anak Singkong.

2Michael Hartono

Orang terkaya di Indonesia - Michael Hartono

Berkecimpung di bidang bisnis rokok Djarum dan perbankan, pebisnis asal Jawa Tengah ini sukses mendulang kekayaan total sebesar 7,3 miliar USD. Djarum juga menjadi produk yang diminati di Amerika Serikat karena kepiawaiannya mempromosikan produknya di sana. Beliau juga memiliki investasi di bidang lain yakni saham yang cukup besar di BCA, perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat serta memiliki properti Grand Indonesia.

1Robert Budi Hartono

Orang terkaya di Indonesia - Robert Budi Hartono

Merupakan adik dari Michael Hartono. Selain Djarum, Robert dan Michael adalah pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Mereka berdua melalui Farindo Holding Ltd. menguasai 51 persen saham BCA, memiliki perkebunan sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Barat sejak tahun 2008, serta sejumlah properti di antaranya pemilik Grand Indonesia dan perusahaan elektronik. Salah satu bisnis Group Djarum di sektor ini bergerak di bawah bendera Polytron yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun. Perusahaan Polytron ini kini juga memproduksi ponsel yang sebelumnya hanya memproduksi AC, kulkas, produk video dan audio, dan dispenser. Melalui perusahaan yang baru dibuat yakni Ventures Global Prima Digital, mereka juga membeli Kaskus, situs Indonesia yang paling populer.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini