10 Negara Terkaya di Dunia

Mari berjalan-jalan ke negara kaya, fasilitas modern dan taraf hidup yang tinggi yang dimiliki ke sepuluh negara ini membuatnya mampu menduduki jajaran daftar negara terkaya di dunia. Sebelumnya sudah pernah dibahas tentang 10 negara termiskin di dunia, sekarang tak ada salahnya jika mengulas tentang 10 negara terkaya di dunia. Dimana sajakah negara kaya tersebut? Berapa pendapatan PBD per kapitanya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

10Austria

negara-terkaya-austria

Merupakan negara yang terletak di Eropa dengan perbatasan Jerman dan Ceko di sebelah utara, Slovakia dan Hungaria di sebelah timur, Slovenia dan Italia di sebelah selatan serta Swiss dan Lienchtenstein di sebelah barat. Negara ini memiliki PDB per kapita 42.477,49 USD.

9Kuwait

negara-terkaya-kuwait

Nama ‘Kuwait’ di ambil dari bahasa Arab yang berarti ‘benteng yang dibangun dekat air’. Negara dengan bentuk pemerintahan monarki ini sangat kaya akan minyak terutama di pesisir Teluk Persia, PBD per kapitanya adalah 43.864,72 USD. Terletak di Timur Tengah dan berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di utara. Kemanan dan privasi di Kuwait sangat ketat, tak ada kasus terror melalui nomer telepon rumah maupun seluler karena semua nomer terdaftar secara resmi. Bagi para pria yang belum tahu, disarankan untuk tidak melihat wanita (yang bukan muhrimnya) lebih dari dua detik atau langsung bersalaman, karena wanita di Kuwait sangat sensitif dan bisa melaporkan anda ke polisi.

8Swiss

negara-terkaya-swiss

Negara yang terkenal akan keindahan pegunungan Alpen ini memiliki PDB per kabita 45.285,8 USD. Negara ini merupakan negara federal yang berisi 26 canton di Eropa Tengah dengan perbatasan Jerman, Perancis, Italia, Liechtensein dan Austria. Kualitas hidup di Swiss termasuk yang terbaik di dunia, beberapa kotanya pun menjadi kota penting yang merupakan tujuan dari berbagai negara di dunia, antara lain Zurich (kota terbesar di Swiss), Bern (ibu kota Swiss), dan Jenewa yang juga menjadi lokasi atas beragam badan internasional seperti PBB, WHO, ILO dan UNHCR. Salah satu alasan Swiss menjadi tuan rumah dari berbagai organisasi internasional adalah karena negara ini kaya akan sejarah sebagai sebuah negara yang netral tanpa memandang masa perang atau damai. Sistem pemerintahannya sangat bagus dan mencerminkan serta menyerap keragamaan penduduknya.

7Uni Emirat Arab

negara-terkaya-UEA

Sebelumnya, UEA adalah negara gersang dan miskin, namun sejak dekade ke lima, negara ini menjadi negara kaya dengan melimpahnya minyak bumi yang dimiliki. UEA merupakan sebuah negara persatuan dari tujuh emirat yakni Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain. Meskipun termasuk negara yang mempunyai daratan gersang, dan padang pasir serta gunung-gunung, letaknya yang strategis menjadikan UEA persinggahan ekspor dan impor minyak dunia. Saat ini, UEA adalah negara terkaya ke dua di Arab setelah Qatar.

6Amerika Serikat

negara-terkaya-amerika

Negara adikuasa ini juga merupakan negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita 48.992,47 USD. Amerika adalah negara yang paling multi cultural dan multi etnis, berbagai masyarakat dari hampir semua negara di dunia mendatangi negara ini untuk tujuan pendidikan, bisnis, politik dan sebagainya. Luas wilayahnya mencakup 3,79 jta mil persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 315 juta jiwa, ini menjadikan Amerika sebagai negara terluas ke tiga dan jumlah penduduk terbesar ke tiga di dunia.

5Brunei Darussalam

negara-terkaya-brunei

Brunei, adalah negara hutan hujan tropis yang terletak di sisi utara Borneo, Indonesia. Negara ini memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi ke dua se-Asia setelah Singapura. Termasuk sebagai negara kaya dengan PDB per kapita sebesar 50.526,35 USD, dan sangat menjamin kesejahteraan penduduknya. Biaya pendidikan sekolah digratiskan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, bahkan gaji menjadi satpam di sana, setara dengan gaji pegawai negeri di Indonesia yakni sekitar 5-7 juta Rupiah per bulan. Majalah ekonomi dunia, Forbes, menempatkan Brunei sebagai  negara terkaya ke lima dari 182 negara karena mempunyai ladang minyak bumi dan gas alam yang luas. Negara dengan bentuk pemerintahan monarki absolut Islam ini sangat terkenal akan kemakmuran dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat.

4Norwegia

negara-terkaya-norwegia

Negara yang terkenal akan keindahan alam dan gunung-gunung indahnya ini memiliki PDB per kapita sebesar 55.398 USD. Luas wilayah sebesar 385,525 km2, dengan jumlah populasi sebesar 4,9 juta, menjadikan Norwegia sebagai negara dengan kepadatan penduduk terendah ke dua di Eropa. Cadangan minyak bumi, gas alam, mineral, makanan laut dan air segar yang kaya membuat negara ini termasuk negara yang subur dan makmur, serta merupakan penghasil minyak dan gas alam per kapita terbesar di luar Timur Tengah. Bentang alamnya kasar dan bergunung-gunung, sebagian besar wilayah tertutup oleh gletser. Bagian utara negara ini dikenal sebagai Tanah Matahari Tengah Malam karena terletak pada ujung paling utara bumi, saat musim panas matahari tidak pernah tenggelam dan saat musim dingin, matahari tidak pernah muncul sama sekali.

3Singapura

negara-terkaya-singapura

Negara tetangga Indonesia ini dinobatkan sebagai negara dengan Indeks Kualitas hidup nomer satu di Asia. Hal ini pantas saja, karena taraf hidup di Singapura memang sangat tinggi dengan PDB per kapita sebanyak 60.883,33 USD. Meskipun luas negaranya sangat kecil, namun Singapura adalah pusat keuangan terdepan ke empat di dunia dan merupakan kota kosmopolitan yang berperan penting dalam perdagangan serta keuangan internasional. Cadangan devisanya adalah yang terbsesar ke sembilan di dunia, Singapura juga memiliki angkatan bersenjata yang maju.

2Luksemburg

negara-terkaya-luksemburg

Merupakan salah satu negara terkecil di Eropa dengan luas wilayah hanya sekitar 2.586 km2. Meski demikian, negara ini termasuk dalam salah satu negara paling kaya di dunia dengan PDB per kapita 80.679,06 USD. Ekonomi Luksemburg sangat stabil dengan pendapatan tinggi, pertumbuhan moderat, inflasinya yang rendah serta jumlah tingkat penganggurannya pun rendah. Sektor industrinya didominasi oleh baja, serta beberapa jenis lainnya yakni kimia dan karet. Di sektor jasa, perbankan menyumbangkan porsi pertumbuhan yang besar untuk ekonomi. Sektor agrikulturnya berdasar pada pertanian kecil yang dimiliki keluarga-keluarga.

1Qatar

 negara-terkaya-qatar

Negara yang terletak di semenanjung kecil di Jazirah Arab ini adalah negara paling kaya di dunia. PDB per kapitanya sangatlah tinggi yakni sebesar 102.943 USD. Perekonomian Qatar fokus pada perikanan dan mutiara, namun sejak munculnya pembudidayaan mutiara dari Jepang pada 1920an dan 1930an, industri mutiara negara ini jatuh. Perubahan ekonomi terjadi pada 1940 saat penemuan kandungan minyak bumi yang melimpah ruah. Hingga saat ini Qatar memasok kebutuhan minyak dan gas bumi dunia, simpanan minyak negara ini diperkirakan hingga 15 miliar barel. Dengan begitu, taraf hidup masyarakatnya pun bisa disamakan bahkan dianggap lebih maju dibandingkan negara-negara di Eropa barat, dengan berbagai layanan sosial dengan fasilitas modern.

Demikian ulasan tentang 10 negara terkaya di dunia, dua di antaranya merupakan negara di Asia yang terletak dekat dengan Indonesia. Akankah Indonesia menjadi salah satu negara terkaya di dunia suatu saat nanti? Mengingat besar wilayahnya jauh lebih luas dari Singapura dengan sumber daya alam yang lebih melimpah. Semoga suatu saat nanti sumber daya alam Indonesia yang kaya mampu meningkatkan taraf hidup dan menjadikan Indonesia negeri yang makmur serta bebas hutang.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini