10 Menu Sarapan Cepat dan Sehat

Jangan remehkan sarapan. Terlihat sepele, namun sarapan sebenarnya merupakan hal yang sangat penting dan memberikan banyak manfaat dalam menunjang aktivitas sepanjang hari. Namun, tidak melewatkan sarapan bukan berarti dapat makan apa saja asal sarapan. Harus diperhatikan juga jumlah nutrisi dan kalorinya. Dewasa ini, banyak pekerjaan dan rutinitas yang menuntut untuk meninggalkan rumah lebih pagi sehingga banyak yang melewatkan sarapan. Berikut ini top10magz telah merangkum 10 Menu Sarapan Cepat dan Sehat agar anda tetap bisa menikmati sarapan yang sehat dengan waktu penyajian yang singkat.

10Milk Shake

milk-shake

Milk Shake atau susu kocok, pasti sudah awam di telinga anda. Bagi anda yang terbilang susah untuk mencerna makanan padat di pagi hari, pilihan susu kosok ini bisa menjadi solusi. Cara membuatnya sangat sederhana, masukkan satu buah pisang yang telah diiris-iris, 3 buah strawberry (bisa juga diganti dengan apel), satu cangkir susu manis ke dalam blender. Jika selera, bisa pula ditambahkan satu sendok vanili, minyak zaitun dan madu. Tambahkan sedikit air dan gula, lalu blender hingga halus. Selesai. Sarapan pagi penuh nutrisi sudah siap anda nikmati.

9Nasi Kepal / Onigiri

onigiri

Apakah anda penikmat masakan Jepang? Tak ada salahnya jika mencoba menu yang satu ini. Onigiri atau Nasi Kepal, adalah menu sarapan yang sangat terkenal di Jepang. Biasanya juga digunakan sebagai bekal untuk makan siang para pekerja kantoran maupun anak sekolah. Untuk menyiapkannya, anda memerlukan satu centong nasi yang dikepal sesuai bentuk yang anda suka, lalu masukkan isian sesuai selera. Bisa berupa buah plum, telur ikan salmon, daging cincang, atau bahkan garam saja. Bungkus dengan rumput laut kering. Makanan ini sangat kaya akan kandungan gizi. Tak perlu khawatir lapar, karena onigiri termasuk menu sarapan yang mengenyangkan.

8Apel dan Keju

apel-dan-keju

Siapkan satu buah apel dan dua ons keju cheddar, potong-potong keju dan apel tersebut dan voila! Menu sarapan sehat anda sudah siap. Menu makanan ini sangat pas untuk sarapan karena mengandung banyak gizi dan sangat praktis. Anda bisa langsung mengkonsumsinya tanpa memasaknya terlebih dahulu sehingga tak ada waktu yang terbuang dalam menyiapkan sarapan.

7Sandwich

sandwich

Untuk menu sarapan yang satu ini, anda hanya memerlukan dua lembar roti tawar, daun selada, beberapa iris tomat, dan keju. Tata selada, keju dan tomat di atas roti tawar tersebut dan tutup dengan satu roti tawar lagi di atasnya. Potong menyilang hingga menjadi bentuk segitiga. Anda juga bisa menyelipkan beberapa bahan lain sebagai isiannya, misalnya mentimun, telur rebus atau telur dadar, sosis atau kornet sapi. Menu ini sangat praktis, hanya membutuhkan waktu 5-10 menit saja, namun sangat lengkap kandungan gizinya, mulai dari karbohidrat, protein dan vitamin. Anda juga bisa menyiapkan beberapa sandwich lagi sebagai bekal makan siang anda.

6Salad Buah

salad-buah

Fruit salad atau salad buah, adalah menu yang sangat menyehatkan dan praktis. Untuk membuatnya, anda memerlukan beberapa jenis buah seperti strawberry, melon, kiwi, pisang, mangga atau buah-buahan lain sesuai keinginan anda. Campurkan buah tersebut dengan yogurt, susu kental manis dan sedikit madu. Agar rasanya lebih segar, anda bisa menambahkan sedikit perasan lemon. Menariknya lagi, menu salad buah ini bisa dibuat dalam jumlah banyak sekaligus dan disimpan dalam kulkas. Jadi, anda bisa menyiapkannya saat malam hari dan tinggal melahapnya sebagai sarapan anda di esok paginya. Praktis, bukan?

5Sereal

sereal

Sereal adalah sarapan populer di negara-negara seperti Amerika dan Australia. Selain sehat dan mengenyangkan, hanya dibutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja untuk menyiapkannya. Anda hanya perlu menyiapkan sereal sehat favorit anda dan menuangkan susu cair atau yogurt ke dalamnya. Bisa juga ditambahkan beberapa jenis kacang-kacangan seperti almond, atau buah berry seperti strawberry, kismis, atau anggur dan sedikit madu ke dalamnya. Bagi anda yang termasuk orang yang sering terburu-buru, selalu sediakan sereal dan susu cair dalam kulkas anda. Agar sarapan pagi anda tak terlewatkan dengan menyantap menu ini.

4Cappuccino dan biskuit

cappuccino-and-biscuits

Perpaduan antara cappuccino dan biskuit ini sangat serasi dan benar-benar enak disantap. Kandungan kafein dalam minuman asal italia ini bisa mengusir kantuk dan membuat anda lebih siap dalam beraktivitas. Biskuit berukuran kecil dengan rasa manis yang tidak terlalu mengenyangkan juga sangat pas sebagai pengganjal perut dalam mengawali hari anda. Menyiapkannya pun tidak susah karena kepopuleran cappuccino saat ini, anda bisa mendapatkannya dalam bentuk sachet berbagai merk. Pilihlah yang kandungan kafeinnya tidak terlalu banyak sehingga aman bagi lambung anda. Untuk biskuit, pilihlah biskuit dengan potongan kacang-kacangan atau buah-buahan kering agar terasa lebih nikmat dan sehat.

3Tumis Tahu

tumis-tahu

Tahu adalah salah satu jenis olahan kedelai yang sangat sering dijumpai di Indonesia. Kandungan gizi dan rasanya yang lezat serta harganya yang murah, membuatnya banyak digandrungi oleh siapa saja. Warnai menu sarapan pagi anda dengan mencoba menu tumis tahu ini. Caranya, hancurkan dua kotak tahu hingga halus, masukan telur ayam yang sudah dikocok, tambahkan garam, irisan daun bawang dan ayam cincang, tumis hingga matang. Jika anda tidak sempat menghancurkan tahu tersebut, anda bisa memotongnya kotak-kotak dan campurkan dengan bahan lain lalu tumis hingga matang. Sederhana namun tetap sehat dan mengenyangkan.

2Roti Bakar

roti-bakar

Toast atau roti bakar juga tak kalah populer sebagai sarapan favorit di beberapa negara di dunia. Proses membuatnya sangat sederhana, cukup siapkan roti tawar yang sudah diolesi oleh margarin dan selai kesukaan anda lalu panggang dalam toaster. Jika anda tidak memiliki toaster anda bisa menggunakan Teflon. Caranya, lumuri Teflon anti lengket dengan satu sendok margarin lalu letakkan roti tawar tersebut di Teflon, bakar hingga warna kecoklatan lalu oleskan selai kesukaan anda.

1Telur Dadar

telur-dadar

Telur adalah sumber protein tinggi. Banyak cara untuk mengolah telur hingga menjadikannya makanan yang lezat dan kaya gizi. Namun bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sarapan, telur dadar bisa menjadi alternatif agar tetap bisa menikmati sarapan. Cara membuatnya cukup mudah, campurkan sedikit garam ke dalam telur dan kocok lepas hingga merata, lalu goreng hingga matang. Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan lain agar lebih sedap dan lezat, seperti bawang merah dan bawang putih, irisan sosis, atau daging cincang.

Bagaimana, sudah mendapat ide untuk menyiapakan apa menu sarapan anda besok pagi? Sarapan adalah hal yang sangat penting karena memiliki banyak kegunaan bagi tubuh kita. Selain dapat membantu anda lebih siap dalam menjalani aktivitas sepanjang hari, sarapan juga dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Makan pagi sesegera mungkin setelah bangun tidur dapat membantu menstabilkan gula darah karena sebelumnya anda tidak makan selama kurang lebih 12 jam. Nah, jangan lewatkan sarapan pagi anda, ya! Salam hidup sehat.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini