10 Masjid Terbesar Di Dunia

Meskipun sebagian besar masjid terbesar ditemukan di negara-negara besar Islam, ternyata banyak masjid yang baru dibangun juga ditemukan di berbagai negara di seluruh dunia. Masjid-masjid ini tidak hanya menawarkan lingkungan yang tenang untuk sholat, tetapi juga menampilkan beberapa karya arsitektur dengan nilai seni tinggi. Berikut ini top10magz telah merangkum 10 Masjid Terbesar di Seluruh Dunia.

10Baitul Mukaram – Bangladesh

al-baitul-mukarram

Berdiri sejak abad ke 9, Bitul Mukaram terletak tepat di jantung ibukota Bangledesh, Dhaka. Dibangun pada awal 1960-an dengan kapasitas lebih dari 30.000 jamaah, masjid besar ini memegang posisi terhormat di sana. Selama bulan suci ramadhan, seperti masjid-masjid lain pada umumnya, Baitul Mukaram menjadi sangat ramai dengan orang-orang yang beribadah. Oleh karena itu, pemerintah Bangladesh memutuskan untuk memperpanjang masjid dalam rangka memperluas kapasitas jamaah untuk menampung setidaknya hingga 40.000 orang.

9Majid Seheikh Zayed – Abu Dhabi

Sheikh_Zayed_Grand

Uni Emirat Arab merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata muslim paling populer untuk melakukan halal holiday. Dengan Abu Dhabi dan Dubai sebagai ikon negaranya. Masjid yang berbasis di Abu Dhabi ini sangat dikenal dengan desain interior dan eksteriornya yang sangat indah dan eye catchy. Terbentang lebih dari 22.000 m persegi dan dengan kapasitas yang mampu menampung hingga 40.000 jamaah. Masjid Sheikh Zayed memegang peringkat ke 8 di antara 10 masjid terbesar di dunia hingga hari ini. Hal ini sekaligus menjadikan Masjid Sheikh Zayed sebagai masjid terbesar di Abu Dhabi.

8Masjid Jama’ – India

masjid-jama

The Indian Capital Delhi adalah rumah bagi masjid E Jahan Numa atau Masjid Jama. Masjid ini dibangun pada masa dinasti Mughal, ketika Mughal Sultan Shan Jahan mengusulkan ide untuk membangun masjid terbesar di dunia ini di India. Masjid Jama memiliki luas yang sanggup menampung setidaknya 85.000 jamaah. Terletak di jalan yang sibu dan ramai dai Chandni Chowk di Old Delhi, pembangunan masjid ini selesai dikerjakan pada tahun 1656. Fitu-fitur unik yang dimiliki masjid ini antara lain arsitekturnya yang tebuat dari batu bata merah kuno. Hingga saat ini, masjid Jama adalah masjid paling dikenal di Old Delhi dan di seluruh India.

7Masjid Badshahi – India

badshahi-masjid-lahore-01

Masjid badshai adalah masjid lain yang dibangun oleh kaisar Mughal pada masa dinasti Mughal. Kaisar Mughal Aurangzeb yang terkenal membangun masjid ini di Lahore pada tahun 1600-an dan saat itu, masjid ini menjadi masjid terbesar di daerah tersebut yang berkapasitas hingga 100.000 jamaah sekaligus. Terkenal selain karena ukurannya yang besar dan luas, masjid ini sangat indah dengan arsitektur yang megah dan karya seni yang unik. Oleh karena itu, Masjid Badshahi juga merupakan daya tarik wisatawan yang populer di Lahore.

6Masjid Hassan II – Maroko

hasan-ii-mosque-

Masjid Hassan II merupakan salah satu masjid paling dikunjungi dan menjadi daya tarik utama di Casablanca, Maroko. Masjid ini memiliki menara tertinggi dengan luas yang membentang hingga 90.000 m persegi dan dapat menampung lebih dari 25.000 jamaah internal dan satu lagi 80.000 lebih jamaah di luarnya. Meskipun merupakan tempat peribadatan Islam, namun gaya arsitekturnya mencerminkan desain kuno dari Perancis. Dirancang oleh desainer tekenal Perancis, Michael Pinseau dan Bouyhues, masjid ini memiliki pemandangan luar biasa karena menghadap langsung ke pemandangan Samudera Atlantik.

5Masjid Istiqlal – Indonesia

indonesia

Siapa tak kenal Masjid Istiqlal? Masjid besar ini terletak di Jakarta pada masa pemerintahan presiden Soeharto. Luasnya hingga 95.000 m persegi, sangat besar untuk menampung lebih dari 120.000 jamaah sekaligus. Karena dibangun untuk menghormati kemerdekaan negara, masjid ini kemudian disebut sebagai Istiqlal yang berarti kemerdekaan. Sebagai salah satu masjid tertua dan terbesar di Asia Tenggara, Majis Istiqlal telah banyak dikunjungi oleh pengunjung muslim dari berbagai belahan dunia.

4Masjid Faisal – Pakistan

Faisal-Mosque

Masjid ini dibangun pada akhir abad ke-20 dan diresmikan pada 1986. Terletak di Pakistan, masjid ini adalah salah satu di antara masjid terbaik di seluruh bangsa yang dirancang oleh esainer terkenal asal Turki. Tak heran jika gaya arsitekturnya menampilkan sekit nuansa Turki. Dengan luas lebih dari 54.000 m persegi, masjid besar ini berkapasitas hingga 300.000 jamaah. Masjid Faisal juga dianggap sebagai masjid nasional di Pakistan.

3Masjid Imam Reza – Iran

imam-reza

Masjid indah nan tupawan ini berlokasi di kota Mashhad di Iran. Masjid ini memiliki luas 267.079 m persehi yang memungkinkan 700.000 orang sekaligus. Selain untuk beribadah, di masjid ini jugamerupakan rumah bagi perpustakaan, ruang doa, museum, pemakaman, tempat seminar, ruang makan dan Universitas Ilmu Islam Razavi. Gaya arsitekturnya unik dengan sentuhan gaya kuno dari arsitektur Islam.

2Majid Nabawi – Arab Saudi

nabawi

Dirancang langsung oleh Nabi besar Islam, Muhammad SAW. Bahkan setelah berabad-abad, masjid ini masih utuh dalam kondisi awalnya. Sering disebut dengan Masjid Nabawi atau Al- Masjid Al- Nabawi dalam bahasa Arab. Arsitektur yang unik dari masjid ini termasuk kubah yang berbentuk atap dan merupaka fitur paling signifikan dari bangunan kuno ini. Seluruh luasnya membentang lebih dari 400.500 m persegi yang menawarkan kapasitas lebih dari 1.000.000 oramh sekaligus. Bagi mereka yang tertarik utuk belajar lebih banyak tentang agama Islam dapat bergabung dengan komunitas spiritual yang dijalankan oleh amsjid ini. Masjid ini sekaligus menjadi tempat paling suci ke dua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram. Selain itu, masjid Nabawi juga merupakan tempat peristirahatan terakhir dari nabi Muhammad SAW.

1Masjidil Haram

masjidil-haram

Beridir di urutan paling wahid sebagai masjid terbsesar di dunia, adalah Masjidil Haram. Masjid yang terletak di kota suci Mekah di Arab Saudi ini membentang seluas 4.008.020 m persegi dan merupakan tempat paling dituju oleh umat Islam di seluruh dunia. Kapasitasnya mencakup hingga 4 juta jamaah. Selama masa haji, banyaknya Muslim yang dating ke sini untuk berdoa dan beribadah tak perlu ditanya lagi. Hal ini sekaligus menjadi pemasukan terbesar devisa pemerintahan negara tersebut. Terlepas dari sigifikansi agama, masjid ni memiliki arsitektur islam yang unik dan luar biasa. Ruangan outdoornya biasa dijadikan untuk shalat, membaca ayat suci Al-qur’an, dan I’tikaf.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi salah satu di antara 10 masjid terbesar di dunia di atas? Anda bisa memulainya dengan mengunjungi masjid yang paling dekat dan terletak di negara kita, Indoesia, yakni Masjid Istiqlal. Dan bagi yang sudah melaksanakan ibadah haji, tentu telah pula mengunjungi dua masjid paling suci bagi umat muslim yakni Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Menurut beperapa pengalaman yang telah berangkat haji, segala perbuatan akan dibalas di tempat suci tersebut. Entah itu perbuatan baik maupun perbuatan buruk. Maka dari itu, tetap menjaga perilaku dimanampun dan kapanpun sebaiknya dijadikan kebiasaan.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini