10 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Madu, adalah santapan lezat sejuta umat yang paling aman dan tidak bisa basi. Terdapat banyak vitamin dan mineral dalam madu. Antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, dan vitamin C. Sementara mineral yang terkandung dalam madu antara lain kalium, natrium, magnesium, besi, tembaga, fosfor dan sulfur. Dengan melimpahnya kandungan vitamin dan mineral tersebut, tak heran jika madu memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kira-kira apa saja ya manfaat madu bagi kesehatan? Berikut top10magz telah merangkumnya dalam 10 manfaat madu bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

10Sebagai obat jerawat

mengobati-jerawat

Madu dapat digunakan pula untuk merawat kecantikan wajah. Terutama bagi yang memiliki masalah jerawat dan telah mencoba berbagai cara namun belum kunjung sembuh juga, tak ada salahnya mencoba madu. Khasiatnya tidak perlu diragukan, gunakan madu sebagai masker wajah dengan mengoleskannya merata di seluruh wajah. Dan mendiamkannya selama beberapa menit. Kelembaban alami madu akan membantu mengangkat jerawat dan menjadikan wajah lebih bersih dan segar.

9Menghaluskan kulit

menghaluskan-kulit

Bagi ada yang mengalami masalah kulit kering, kerutan, lingkar hitam sekitar mata Stop penggunaan bahan kosmetik dengan bahan-bahan kimiawi yang berbahaya bagi kulit. Maksud hati untuk membuat kulit lebih halus dan cantik namun efek sampingnya berbahaya? Beralihlah ke penggunaan bahan alami tanpa zat kimia, yakni dengan madu. Madu memiliki asam glukonat dan asam organik yang dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput, garis penuaan, menyeimbangkan minyak dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga memiliki kadar gula dan asam amino yang dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit. Caranya sangat sederhana, ambil madu secukupnya, oleskan merata bagian tubuh lain yang diinginkan. Urut atau pijat lembut tubuh yang telah diolesi madu tersebut dari bawah ke atas. Diamkan selama 15 menit lalu cuci muka dengan air dingin. Lakukan secara rutin dalam jangka waktu tertentu dan rasakan sendiri manfaatnya. Selamat mencoba!

8Sebagai anti bakteri dan anti jamur

anti-bakteri

Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Center, diketahui bahwa madu sangat kaya akan gula sehingga mampu membantu menciptakan lingkungan yang membuat bakteri tidak dapat bertahan hidup. Madu dapat melawan bakteri dengan dua cara, tergantung jenis madu yang digunakan. Pada jenis madu paling umum, biasanya lebah menambahkan enzim yang bisa mengeluarkan hydrogen peroksida yang merupakan senyawa yang bisa membunuh bakteri. Sedangkan pada madu khusus atau madu Manuka, makanan dari lebah ini adalah nectar dari bunga semak manuka yang bisa memberikan sifat anti bakteri.  Selain itu, meski memiliki rasa yang manis, anda tak perlu khawatir akan kegemukan. Justru madu mampu mengurangi timbunan lemak yang ditemukan dalam sistem kardiovaskular tubuh. Madu tidak akan berfermentasi di perut seperti gula halus atau sukrosa sehingga dapat menghindarkan risiko infeksi bakteri.

7Mengobati luka bakar

mengobati-luka-bakar

Madu memiliki peran penting dalam regenerasi kulit, selain itu madu juga bersifat mendinginkan, mengurangi nyeri dan membantu proses menghilangkan luka. Dalam proses penyembuhan luka, zat oksida eglukosa akan mengurai dan aktif pada PH yang akan memecah glukosa madu menjadi hydrogen peroksida dan menjadi antiseptik dalam tahap pemulihan kulit yang luka. Cara pengaplikasiannya, siapkan madu secukupnya (yang masih asli tanpa campuran apapun), oleskan merata pada luka dan sebaiknya tidak mengoleskannya dengan tangan anda kecuali jika anda yakin tangan anda benar-benar steril, lalu diamkan selama 20-30 menit hingga cairan madu mengering lalu bilas dengan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Lakukan teratur beberapa kali sehari demi hasil maksimal.

6Meningkatkan kekebalan tubuh

menjaga-kekebalan-tubuh

Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan mampu menjaga tubuh dari tantangan radikal bebas. Kandungan vitamin dan mineral yang beragam pada madu seperti B-Kompleks, vitamin C, D, E dan propolis dapan menambah kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Bahkan lebih istimewanya lagi, kandungan antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya dapat ditemukan pada madu. Kandungan ini dapat membuat tubuh lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda.

5Mengobati batuk dan iritasi tenggorokan

mengobati-batuk

Kandungan anti bakteri pada madu bisa melawan mikrobakteri penyebab radang tenggorokan, bahkan madu dapat membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan. Jenis madu yang terutama dapat meringankan batuk adalah jenis madu gandum hitam. Dalam sebuah penelitian terhadap 110 anak, dosis tunggal madu gandum hitam sama efektifnya dengan dosis tunggal dekstrometorfan dalam meredakan batuk pada malam hari dan membuat kualitas tidur lebih baik. Dalam penggunaannya, madu dapat dikombinasikan dengan bahan lain seperti jahe dan bawang yang diseduh dan disajikan hangat.

4Menambah stamina

menigkatkan-stamina

Menurut beberapa penelitian madu dapat membantu tubuh dalam mengontrol gula darah dan mempercepat penyembuhan otot serta pemulihan setelah melakukan aktivitas berat dibanding pemanis lainnya. Tak heran jika sejak zaman olimpiade kuno madu sudah menjadi makanan wajib para atletnya guna meningkatkan kemampuan fisik mereka. Kombinasi karbohidrat yang juga dilengkapi kandungan mineral dan vitamin pada madu dapat berfungsi sebagai sumber nutrisi yang mampu memberi peningkatan pada performa olahraga. Selain itu, Glicemic Index (GI) nya yang relatif rendah  sangat baik dikonsumsi saat sebelum dan sesudah latihan atau pertandingan bagi atlet sebagai alternatif sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat dengan GI rendah akan dicerna secara lambat sehingga dapat berada di dalam usus kecil dengan waktu yang lebih lama. Manfaat dari proses ini adalah pelepasan glukosa secara perlahan selama berlangsungnya kegiatan olahraga.

3Menurukan gula darah

menurunkan-kadar-gula

Kombinasi yang tepat dari fruktosa dan glukosa di dalam madu mampu membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Meski memiliki rasa yang lebih manis dari gula, kandungan indeks glikemiknya rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Madu juga merupakan alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian tentang madu bahkan menduga bahwa madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol buruk dalam tubuh.

2Mencegah kanker dan penyakit jantung

mencegah-penyakit-jantung

Penyakit kanker dan jantung merupakan jenis penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa siapa saja, kapan saja. Selain menerapkan gaya hidup sehat, ada baiknya menerapkan pula pola makan makanan sehat dengan rutin mengkonsumsi madu. Karena madu mengandung flavonoid, yakni antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker dan jantung. Selain itu, madu juga mengandung karsinogen yang bisa mencegah berbagai macam penyakit tumor.

1Memberi efek menenangkan

memberikan-efek-menenangkan

Madu memang memiliki sejuta khasiat yang tidak hanya baik bagi kesehatan dan kecantikan saja, namun juga dapat memberikan efek menenangkan jiwa. Berbagai penelitian di berbagai negara telah membuktikan bahwa mengkonsumsi madu akan mampu membantu menghindari rasa cemas, gugup hingga mengatasi insomnia atau susah tidur. Efek menenangkan dari madu ini bahkan bisa menambah energi saat sedang kelelahan.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini