10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Seperti teh, kopi juga merupakan minuman yang populer untuk menemani sarapan atau istirahat di sore hari. Biasanya, minuman kopi dinikmati oleh orang-orang yang butuh ekstra kafein untuk berkerja atau yang ingin lembur. Minuman kopi dulunya diciptakan bukan merupakan minuman untuk kesehatan melainkan untuk memberikan kenikmatan tersendiri.  Tetapi akhir-akhir ini pendapat tersebut dipatahkan oleh beberapa fakta dari penelitian tentang tanaman dan biji kopi. Ternyata kopi juga bermanfaat bagi kesehatan peminumnya. Berikut adalah 10 manfaat kopi bagi kesehatan yang anda perlu ketahui.

10Zat Unik Pelawan Kantuk yang Mempertajam Ingatan

10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Pelawan Kantuk

Kopi adalah minuman favorit para mahasiswa ketika belajar malam untuk ujian atau minuman para karyawan yang berkerja lembur. Pada awalnya mungkin mereka hanya terbiasa atau mungkin telah merasakan manfaat yang luar biasa dari kopi. Kopi mengandung kafein yang merupakan senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin (C8H10N4O2). Jumlah zat kafein yang terkandung dalam secangkir kopi adalah 1%-1,5%. Zat kafein melawan fungsi zat adenosin dalam tubuh kita. Zat adenosin adalah senyawa dalam otak yang membuat kita mengantuk dan rileks. Senyawa kafein melawan fungsi zat ini dan membuat efek sebaliknya yaitu segar, detak jantung lebih kencang, tekanan darah meningkat, dan mata terbuka lebar. Menurut sebuah penelitian di Radiological Society of North America tahun 2005, minum dua cangkir kopi sehari dapat meningkatkan memori jangka pendek dan sangat bagus untuk menemani waktu belajar anda.

9Lebih Aktif Berolahraga dan Beraktifitas Bila Diawali Dengan Kopi

10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Lebih Aktif Berolahraga dan Beraktifitas

Saat ini kita mengenal ada dua jenis kopi (secara umum) di dunia yaitu kopi Arabica dan kopi Robusta. Kedua jenis kopi ini memiliki rasa dan aroma yang menarik. Kombinasi dari zat kafein, rasa enak, dan aroma wangi kopi ternyata mampu untuk meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh manusia. Minuman kopi ternyata dapat membantu seorang atlet untuk lebih tahan lama dalam berlatih. Menurut sebuah studi yang dilakukan tahun 2008, jika seorang atlet minum kopi sebelum memulai latihan/ olahraga, maka daya tahan akan lebih kuat dan dapat beraktifitas lebih lama.

8Cegah Batu Empedu dengan Kopi

10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Cegah Batu Empedu dengan Kopi

Anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit batu empedu? Jangan ambil resiko. Cegah penyakit batu empedu sejak dini dengan minum kopi setidaknya empat cangkir kopi sehari. Sebuah penelitian di Harvard tahun 2002 membuktikan bahwa wanita dan pria yang minum beberapa cangkir kopi secara teratur setiap hari mengurangi resiko terkena penyakit ini sebanyak 25%. Kopi meningkatkan aliran di empedu dan mencegah kristalisasi empedu.

7Ikutkan Kopi dalam Resep Diet Sehat Anda

10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Diet

Anda sedang berupaya untuk menurunkan berat badan? Jangan lupa untuk minum beberapa gelas kopi sehari. Tahukah anda, selain buah dan sayur, tanaman kopi juga mengandung anti oksidan cukup tinggi. Hal ini dibuktikan oleh Edward Giovannucci, salah seorang peneliti di Harvard University. Biji kopi hijau dapat digunakan sebagai suplemen diet dan jika dikonsumsi secara teratur dapat mengurangi kelebihan berat badan 17 pound (8,5 kg) selama 22 minggu. Fungsinya hampir sama dengan asam chlorogenic yang dapat mengurangi penyerapan glukosa.

6Lawan Sakit Kepala dan Stress dengan Kopi Tubruk

10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Lawan Sakit Kepala dan Stress

Setiap orang pasti pernah mengalami saat-saat sulit dalam pekerjaan atau kehidupan yang membuat pusing dan stress. Jika anda mengalaminya, tidak usah berpikir untuk pergi ke psikiater atau ke dokter, apalagi bunuh diri; cukup minum saja kopi tubruk! Kopi tubruk adalah resep murah meriah pencegah pusing atau migrain ringan. Seimur Damond, M.D dari Chicago ‘s Diamond Hadche Clinic membuktikan bahwa kandungan senyawa kafein dapat mengurangi sakit kepala, stress, dan depresi. Jika anda pusing atau migrain, cepat seduh secangkir kopi super pekat dan coba untuk beristirahat, niscaya pusing dan stress anda akan berkurang.

5Minum Kopi Untuk Turunkan Resiko Penyakit Parkinson dan Alzheimer

10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Turunkan Resiko Penyakit Parkinson

Kafein yang terkandung dalam kopi adalah zat ajaib yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat besarnya adalah mencegah resiko penyakit Parkinson dan Alzheimer. Penyakit Parkinson dan Alzheimer terkenal sebagai penyakit yang diderita orang lanjut usia. Pada tahun 2000, sebuah penelitian dari Journal of the American Medical Association menemukan bahwa konsumsi dua sampai tiga cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko kena Parkinson hingga 25 persen. Pada tahun 2011, peneliti dari University of South Florida juga menemukan bahwa konsumsi sampai dengan lima cangkir kopi sehari sejak usia pertengahan menurunkan resiko Alzheimer. Manfaat Kafein terbukti dapat meningkatkan GCSF (granulosit colony stimulating factor) yang mengalami penurunan pada penderita Alzheimer.

4Konsumsi Kopi Teratur Cegah Diabetes Tipe 2

10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Cegah Diabetes Tipe 2

Bagi anda yang sedang menderita sakit gula, tidak ada salahnya mengikutsertakan kopi dalam diet anda. Pada tahun 2012, sebuah studi menemukan bahwa kopi membantu menghentikan zat islet amyloid polypeptide yang mendukung perkembangan penyakit Diabetes tipe 2. Sebelum itu lebih dari 20 penelitian di seluruh dunia mengatakan bahwa minum kopi secara teratur dapat memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Kopi mengandung asam klorogenik yang merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin juga. Selain itu terdapat pula zat kimia trigonelin (pro vitamin B) yang juga membantu perlambat tubuh untuk serap glukosa.

3Kopi Untuk Perlindungan Gigi

10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan gigi

Zat-zat kimia baik yang terkandung di dalam kopi ternyata memiliki sifat anti bakteri dan anti perekat. Senyawa kimia ini baik untuk melindungi gigi dan mulut dari resiko kanker mulut. Kopi juga baik untuk mencegah gigi berlubang dan infeksi gusi. Namun, jika anda khawatir gigi anda akan berubah warna setelah minum kopi, jangan langsung menggosok gigi anda sebab kopi mengandung asam yang tinggi. Jika anda langsung menyikat gigi, gigi anda akan mengalami erosi dan anda akan merusak system saliva dalam mulut. Tunggulah sampai satu jam untuk menyikat gigi setelah minum kopi.

2Kulit Halus Mulus dengan Lulur Cap Kopi

10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Kulit Halus Mulus

Lulur Cap Kopi mungkin tidak akan pernah anda temukan di supermarket, mall, apalagi warung terdekat. Namun, anda akan menemukan banyak sekali produk perawatan dan kecantikan dengan ekstrak kopi dimana-mana saat ini. Facial Cleanser, Facial Soap, Masker, Scrub, Lip Balm, Manicure Pedicure Powder, dan Coffee Body Lotion adalah beberapa produk kecantikan dengan kandungan kopi. Bubuk kopi mengandung antioksidan tinggi. Itulah sebabnya sering digunakan untuk produk kecantikan yang mengencangkan, menghaluskan, meremajakan, dan melembabkan kulit.

1Menjaga Sistem Reproduksi Jauh Dari Resiko Kanker

10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Menjaga Sistem Reproduksi

Dalam beberapa penelitian, kopi telah disebutkan sebagai salah satu pencegah kanker alami yang baik seperti kanker mulut dan hati. Namun, penelitian tahun 2011 juga mengungkapkan ternyata kopi dapat mengurangi kanker sistem reproduksi juga. Wanita dan pria yang minum kopi lebih dari empat cangkir sehari dapat mengurangi resiko kanker endometrium dan kanker prostat. Hal yang sama juga telah diungkapkan dalam Journal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini