10 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan

Tanaman buah berwarna merah dan berbiji di luar ini memang sangat populer di dunia. Warna aslinya adalah merah, namun sering diidentikan dengan warna pink dalam berbagai produk olahan makanan, kesehatan maupun kosmetik. Warna merah pada buah ini disebabkan oleh kadar pigmennya yang tinggi. Sering disebut sebagai buah cinta karena bentuknya yang mirip dengan bentuk hati. Di balik rasanya yang nikmat dan bentuknya yang cantik, ternyata stroberi memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, antara lain vitamin C, asam folat, potassium, asam ellagic dan lain sebagainya.

Di Indonesia, buah ini sangat banyak dan sangat mudah didapatkan di pasar tradisional maupun supermarket, dalam bentuk buah segar maupun produk olahan. Banyak manfaat yang tersimpan dalam buah stroberi, antara lain untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut 10 Manfaat Buah Stroberi yang akan semakin membuat kita tak ragu untuk mengkonsumsinya.

10Mencegah Jerawat

manfaat stroberi mencegah jerawat

Stroberi dianggap sebagai salah satu buah super karena mengandung banyak vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain kaya akan vitamin C, stroberi juga mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA), asam salisilat dan falconoid yang mampu mengurangi kadar minyak berlebih dan membantu membersihkan jerawat. Sedang berjerawat atau ingin terhindar dari jerawat? Cobalah mengkonsumsi buah berwarna merah ini secara teratur.

9Baik Untuk Kehamilan

manfaat stroberi baik untuk kehamilan

Ibu hamil memang membutuhkan nutrisi yang lebih banyak agar kesehatan ibu dan janin selalu terjaga.  Buah stroberi mengandung banyak vitamin, salah satunya adalah asam folat yang sangat penting bagi kehamilan. Seperti yang dilansir WHO, orang dewasa membutuhkan 400 mikro gram asam folat per hari, sedangkan ibu hamil membutuhkan asam folat minimal 800 mikro gram per hari. Peran asam folat yang terkandung dalam buah stroberi antara lain untuk membantu pembentukan DNA pada proses Erithropoesis yakni pembentukan sel-sel darah merah dan perkembangan sistem syaraf, mencegah anemia, mencegah janin memiliki berat badan rendah, mencegah resiko bayi lahir prematur dan memiliki kelainan jantung serta mencegah cacat tabung pada syaraf janin. Selain itu, stroberi juga berperan penting sebagai asupan vitamin C yang aman bagi lambung dan bermanfaat bagi pertumbuhan anak, menurunkan risiko kanker rahim, payudara dan tenggorokan.

8Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat stroberi untuk kesehatan jantung

Anti oksidan yang dimiliki stroberi merupakan perpaduan dari vitamin C dan anthocyanidins yang dapat membantu melindungi arteri dari kerusakan sekaligus mencegah pembentukan bekuan darah dalam pembuluh darah yang dapat berdampak pada serangan jantung. Sebuah penelitian di University of Angelia di Inggris mengatakan bahwa wanita yang banyak mengkonsumsi bluberi dan stroberi akan mengalami penurunan risiko serangan jantung sebanyak 32 persen. Cara mengkonsumsinya yang mudah, baik dimakan langsung maupun diolah, akan semakin membantu dalam upaya pencegahan penyakit jantung.

7Melancarkan Pencernaan

manfaat stroberi melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang cukup serta vitamin C yang tinggi dapat merangsang sekresi saliva dan cairan lambung. Ini berarti bahwa rutin mengkonsumsi stoberi dapat membantu memperlancar pencernaan dan sangat efektif dalam mengatasi sembelit. Nah, jika buahnya baik untuk pencernaan dan sembelit, daunnya juga bisa bermanfaat untuk mengehentikan serangan diare karena memiliki zat astrigent. Dengan tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun stroberi per hari, dipercaya efektif untuk menghentikan serangan diare.

6Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

manfaat stroberi untuk kesehatan tulang dan gigi

Kesehatan tulang sebaiknya dijaga sejak dini agar bisa tetap bebas bergerak di masa tua. Tidak perlu rumit untuk menjaga tulang anda agar tetap sehat, rajin berolahraga dan rutin mengkonsumsi susu dan buah segar terbukti memberikan dampak yang signifikan dalam membantu mencegah pengeroposan tulang. Kandungan Mangan yang ada pada buah stroberi dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang dan sendi. Kalium dan vitamin K yang ditemukan dalam stoberi juga sangat baik bagi kesehatan tulang. Disamping itu, stroberi juga dapat membantu memutihkan gigi. Cukup oleskan buah stroberi yang sudah dillumatkan sebelumnya, biarkan selama dua menit dan gosok gigi hingga bersih. Melakukan hal ini secara teratur bisa mencerahkan warna gigi secara alami.

5Mencegah Ketombe

manfaat stroberi mencegah ketombe

Anda mempunyai masalah dengan ketombe? Siapapun pasti tidak ingin bermasalah dengan jamur yang satu ini. Selain mengganggu penampilan karena mengurangi tinkgat percaya diri, ketombe juga bisa berakibat fatal yakni iritasi kulit kepala. Banyak pilihan cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari ketombe, selain dengan menjaga kebersihan kulit kepala, juga bisa dengan buah stroberi. Kombinasi antara mangan, tembaga dan asam dikarboksilat yang terdapat di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Dengan manfaat ini, maka tak heran jika sekarang banyak ditawarkan produk shampo dengan ekstrak buah stroberi.

4Meningkatkan Daya Ingat

manfaat stroberi meningkatkan daya ingat

Sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi buah berry dalam jangka panjang berdampak pada fungsi daya ingat dan otak.  Pada kelompok wanita yang rajin mengkonsumsi buah berry dan yang tidak, terbukti memiliki daya ingat yang berbeda sebanyak 2,5 tahun. Kandungan flavonoid yang terdapat pada buah stroberi memiliki fungsi anti oksidan yang tinggi serya anti iflamasi yang berkontribusi pada fungsi kognitif manusia. Rajin mengkonsumsi stroberi bisa membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kemampuan dalam memproses informasi. Selamat tinggal gagal fokus!

3Membuat Kulit Mulus

manfaat stroberi membuat kulit mulus

Kulit yang sehat, halus dan mulus merupakan dambaan setiap wanita. Teratur memakan stroberi dapat menghaluskan kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan bersih. Lagi-lagi anti oksidan dan vitamin C dalam buah ini memberi manfaat yang baik untuk tubuh. Keduanya mampu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada kulit dan tubuh serta menghambat proses penuaan. Selain banyaknya produk kecantikan berbahan ekstrak stroberi yang beredar di pasaran, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Campurkan stroberi yang telah dihaluskan dengan 1 sendok teh madu dan 2 sendok teh krim susu. Setelah tercampur semua, dapat digunakan sebagai masker dengan mengoleskannya rata ke seluruh wajah dan leher. Diamkan sekitar 20 menit, kemudian cuci bersih dan keringkan. Kulit wajah dan leher akan terasa segar dan kencang. Sebuah langkah yang baik untuk mencegah keriput.

2Menurunkan Kolesterol

manfaat stroberi menurunkan kolesterol

Memiliki tubuh ramping dan ideal adalah dambaan setiap orang. Namun jika kadar kolesterol dan lemak di tubuh menumpuk, maka akan menjadi faktor utama yang menghambat penampilan ramping dan sehat. Beruntungnya, cara menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh tidaklah sulit. Di antaranya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan teratur mengkonsumsi buah stroberi. Stroberi kaya akan pektri serat larut yang dapat membantu penghapusan kolesterol. Ditemukan juga kandungan phyto, yaitu senyawa yang mempunyai peran dalam mencegah berbagai penyakit.

1Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat stroberi meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah stroberi lebih banyak daripada yang dimiliki oleh buah jeruk. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh sekaligus membantu tubuh melawan infeksi seperti pilek dan flu, mempercepat penyembuhan luka, serta mengatasi tekanan darah tinggi.

Demikian ulasan tentang khasiat-khasiat yang dimiliki oleh buah stroberi. Buah ini bagus dikonsumsi dalam keadaan segar, baik secara utuh maupun dibuat jus. Disarankan untuk menyimpannya dalam lemari es dan tidak lebih dari empat hari karena semakin lama disimpan akan menjadi busuk dan tidak dapat dikonsumsi.

Teratur mengkonsumsi stroberi memang baik bagi tubuh, namun menjaga kesehatan tentu tidak hanya  dengan mengkonsumsi stroberi saja. Kesehatan tubuh sangat tergantung pada kepedulian akan diri sendiri. Rutin berolahraga, makan makanan sehat, tidur dan istirahat cukup, selalu berpikir positif akan sangat menunjang dalam menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh anda. Salam hidup sehat!

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini