10 Makanan yang Membantu Menurunkan Lemak

Siapa sih, yang tidak ingin memiliki tubuh langsing dan sehat? Namun gaya hidup modern saat ini membeuat beberapa orang melupakan olahraga dan cenderung mengkonsumsi makanan siap saji yang rentan akan lemak dan membahayakan kesehatan tubuh. Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak, lama-kelamaan jumlah lemak dalam tubuh akan terakumulasi dan membuat anda kehilangan kesemptan untuk memiliki tubuh ramping dan ideal. Banyak orang membuang-buang banyak uang guna membeli produk yang menjanjikan untuk membakar lemak namun pada kenyataannya tidak berpengaruh. Oleh karena itu, daripada membuang-buang uang untuk produk tersebut, lebih baik anda mencoba 10 Makanan yang Membantu Menurunkan Lemak berlebih tubuh versi top10magz berikut ini.

10Cabai Merah

cabai

Bagi orang Asia (termasuk Indonesia), cabai bisa menambah nadsu makan. Namun bagi orang barat, menambahkan sedikit rasa pedas pada makanan mampu membantu menurunkan berat badan. Sepiring cabai jalapeno atau cayenne atau cabai merah yang mengandung capcaisin (pemicu rasa pedas pada cabai), mampu menurunkan selera makan dan mengurangi jumlah makan pada keesokan harinya. Komponen yang sama pada cabai juga bisa menghilangkan cadangan lemak.

9Ubi Jalar

ubi-jalar

Kentang juga bertanggung jawab untuk meningkatkan lemak sehingga Anda dapat menggantinya dengan ubi jalar yang jauh lebih sehat. Hindari kentang goreng yang meningkatkan kalori dari makanan yang disertai sejumlah garam dalam penyajiannya dan membuat kondisi lebih buruk. Jadi jika anda menyukai kentang, tak ada salahnya jika anda mulai beralih pada ubi jalar mulai saat ini. Ubi jalar atau yang lebih dikenal dengan sweet potato ini juga memiliki efek mengenyangkan lebih lama, jadi bisa sangat efektif bagi anda yang sedang dalam program diet.

8Biji-bijian dan kacang-kacangan

biji-bijian

Ini adalah salah satu pilihan yang ideal untuk mengatasi masalah lemak. Kacang dan biji-bijian dapat membantu dalam pencernaan makanan dan memiliki serat yang lebih rendah. Inilah mengapa, kacang menjadi makanan yang penting bagi program penurunan berat badan atau program diet anda. Karena selain memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya, kacang-kacangan juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kadar gula dalam tubuh.

7Telur

telur

Oh, siapakah yang menyangkal kelezatan telur? Entah diolah menjadi makanan apapun, bahkan hanya jika telur tersebut diolah menjadi telur mata sapi. Jika anda juga termasuk penggemar telur, maka anda telah secara tidak langsung mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan lemak dan menjaga berat badan anda untuk tetap ideal. Telur memang sangat kaya protein yang mampu membuat anda tetap berenergi selama lebih dari satu hari serta mengandung nutrisi vitamin B12 yang membantu tubuh membakar lemak.. Terutama bagi perempuan, setidaknya harus menyertakan telur dalam sarapan mereka jika ingin menjaga berat badan tetap ramping dengan kebutuhan kalori yang tetap tercukupi.

6Teh Hijau

teh-hijau

Teh hijau memiliki rasa yang khas dibandingkan dengan jenis teh lain. Manfaatnya pun sudah terkenal dapat membantu tubuh menjadi lebih langsing. Buktinya, banyak beredar merk teh hijau pelangsing tubuh di pasaran. Mungkin juga menjadi pilihan terbaik bagi anda yang ingin melunturkan lemak, anda bisa menikmatinya kapan saja, sembari membaca koran atau sambil membaca buku. Pst… teh hijau juga bisa membantu membuat kulit menjadi lebih mulus, loh.  Tapi bagi ibu hamil, sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau, karena bisa berisiko tidak baik bagi kandungan.

5Beras Merah

beras-merah

Bagi yang menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi beras merah sebagai makanan utama pasti lebih dipilih daripada beras putih pada umumnya. Karena nasi dengan beras putih mengandung lemak yang akan menambah berat badan anda, sebaiknya beralih ke beras merah mulai anda pertimbangkan. Beras merah juga baik untuk menurunkan kadar gula berlebih dalam tubuh.

4Oatmeal

oatmeal

Oatmeal, makanan yang sangat tepat untuk hidangan sarapan cepat dengan kalori dan efek kenyang yang lama, sehingga sangat baik untuk mengawali hari anda. Oatmeal juga sangat kaya akan protein dan serat yang mampu mengurangi lemak dan menjaga kesehatan anda tetap dalam kondisi baik. Menyiapkan oatmeal pun tidak butuh waktu lama, hidangkan dengan susu cair dan beri sedikit madu untuk rasa yang lebih lezat.

3Sayuran

sayur

Ada sejumlah sayuran yang ideal untuk membakar lemak. Cobalah untuk memasukkan mereka dalam bahan masakan anda. Beberapa sayuran tersebut adalah adalah brokoli, bayam, asparagus, tomat, dll. Makan makanan yang sehat sangat penting meski banyak orang yang tidak menyukainya. Meski begitu, sayuran memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan karena merupakan sumber serat dan antioksidan yang baik. Dengan mengkonsumsi banyak sayuran, anda akan menyediakan berbagai nutrisi penting bagi tubuh anda, termasuk kalsium, magnesium, protein, zat besi, kalium, vitamin C, vitamin A dan vitamin B. Mulailah untuk rutin mengkonsumsi sayur sejak dini.

2Buah

buah

Sertakan banyak buah-buahan dalam diet anda karena tidak hanya memberikan energi, tetapi membuat anda segar untuk sepanjang hari. Ada beberapa buah yang juga membantu dalam mengatasi lemak seperti jeruk, anggur, pisang, apel, dll. Buah-buahan sangat penting bagi tubuh dan usahakan utuk minimal mengkonsumsi satu buah setiap hari. Untuk menjaga kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi serta membuat tubuh anda tetap sehat dan ramping.

1Jamur

jamur

Jamur mengandung beberapa nutrisi, vitamin dan mineral serta memiliki antioksidan yang berkualitas. Ada berbagai jenis jamur dan obat, namun semua memiliki satu kesamaan. Menambahkan jamur dalam masakan anda selain menambah rasa enak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti mencegah kanker prostat dan kanker payudara, menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan system kekebalan tubuh, mengandung selenium untuk kesehatan tulang dan gigi, serta tentu saja, menurunkan berat badan. Selain untuk konsumsi menu utama sehari-hari, jamur juga bisa menjadi camilan. Jamur yang sangat populer dan menjadi favorit banyak orang adalah jenis jamur tiram. Jenis jamur ini sangat kaya akan gizi nabati tanpa kolesterol. Manfaatnya pun sangat luar biasa salah satunya adalah mencegah penyumbatan pada pembuluh darah sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan hipertensi.

Anda sedang menjalankan program diet? Jika iya, maka kesepuluh makanan di atas wajib anda masukkan sebagai makanan yang harus dikonsumsi. Karena selain memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, kesepuluh makanan di atas juga mmembantu anda memberantas lemak berlebih dan membuat tubuh anda menjadi langsing sesuai bentuk tubuh ideal. Jangan lupa terapkan pula pola hidup sehat dengan istirahat cukup, olahraga danhindari konsumsi rokok dan alcohol demi investasi kesehatan jangka panjang anda. Salam hidup sehat!

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini