10 Makanan Terenak di Dunia

Pada tahun 2011, CNN sebagai situs travel terpopuler di dunia menempatkan beberapa masakan Indonesia sebagai masakan terenak di dunia. Wisata budaya dan kuliner memang perpaduan yang tak bisa dipisahkan, masakan khas suatu negara memang menjadi identitas yang melekat dan wajib dipertahankan. Apa saja makanan terenak dunia? Simak selengkapnya dalam 10 Makanan Terenak di Dunia berikut ini.

10Massaman Cury (Thailand)

makanan-terenak-dunia-masaman-curry

Di posisi ke 10, ada Massaman Curry dari Thiland. Racikan bumbu dan bahan segar menjadikan kari ini begitu menggugah selera, apalagi jika disajikan dengan nasi hangat. Bumbu karinya terdiri dari bawang Bombay, bawang putih, jahe, kulit jeruk lemon parut, cabai merah, ketumbar, kayu manis, cengkeh dan beberapa bumbu lainnya yang dicampur dan dihaluskan. Bumbu halus tersebut kemudian ditambah santan dan bahan dasarnya (sapi, ayam atau saturan) dimasak dengan api kecil hingga kuah mengental dan matang. Perpaduan bumbu dan bahan lainnya semakin membuat lidah termanjakan karena memiliki paduan rasa yang khas dan sangat kaya.

9Bebek Peking (Cina)

makanan-terenak-dunia-bebek-peking

Bebek peking, sajian yang satu ini memiliki cita rasa daging bebek panggang yang empuk nan gurih dan sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Berawal dari seorang juru masak yang menyajikannya khusus bagi kaisar dan keluarganya saja, namun kini bisa dinikmati oleh siapa saja. Memiliki tekstur kulit luar yang sangat renyah, namun ada etika tersendiri dalam menikmati sajian ini. Di beberapa restoran berbintang, chef-chefnya akan mengiris kulit di depan tamu, irisannya harus berukuran sama. Tiap irisan diletakkan pada selembar momo (pancake) yang terbuat dari tepung terigu, air, minyak dan garam, kemudian diberi daun bawang, mentimun dan saus, dilipat menyerupai lumpia, barulah siap untuk dilahap. Renyahnya kulit bebek, aroma daun bawang, segarnya mentimun serta gurihnya saus hoisin merupakan perpaduan yang luar biasa yang menjadikan bebek peking sebagai salah satu masakan terlezat di dunia.

8Ramen (Jepang)

 

makanan-terenak-dunia-ramen

Ramen adalah masakan mie kuah yang disajikan hangat dan disantap dengan menyeruput. Karena makanan ini sangat terkenal dan sangat familiar, maka ada beberapa Negara yang memiliki ramen versi negaranya sendiri. Orang jepang juga menyebutnya sebagai chukka-soba. Memasaknya tidak terlalu rumit, seperti memasak mi rebus pada umumnya. Mie gandum hasil buatan tangan atau buatan mesin di masukkan ke sebuah mangkuk berisi kuah yang diolah dengan berbgai kaldu dan ditambahkan irisan bawang, jamur dan telur, ayam atau daging sebagai pelengkapnya.

7Dim Sum (Hong Kong)

makanan-terenak-dunia-dim-sum

Dim sum yang dalam bahasa kantonis berarti “makanan kecil”. Biasanya disajikan sebagai sarapan atau brunch (breakfast and lunch). Dim sum sendiri merupakan beberapa penganan kecil yang kerap disajikan dengan teh, karena orang Kanton sangat mementingkan acara minum teh. Terdiri dari beberapa jenis, antara lain siomai, hakaw, dan sui-kiuaw. Siomai dalam bahasa mandarin “shaomai”, dan dalam bahasa Kanton “siu maai”, biasana berisi udang, ikan tengiri atau jamur yang dibungkus oleh kulit tipis dari tepung terigu. Sedangkan hakaw merupakan salah satu elemen yang tidak boleh terlewat dalam jajaran makanan dim sum, cacahan udang yang dibungkus dengan tepung terigu dan tepung tapioka serta diolesi dengan garlic oil, disantap dengan saos nanas dan tomat khas dimsum. Yum, sangat lezat!

6Som Tam (Thailand)

makanan-terenak-dunia-som-tam

Disebut juga dengan salad pepaya, som tam memiliki perpaduan rasa antara manis, asam, asin dan pedas. Terdiri dari beberapa jenis pilihan, yakni som tam thai (dengan taburan kacang), som tam bu (dengan taburan kepiting yang ditumbuk), serta sam tam lao (campuran ikan). Bahan yang dibutuhkan antara lain pepaya muda, bawang putih, tomat, cabai, kacang panjang, wortel, perasan jeruk nipis, gula aren dan udang. Cara memasaknyapun sederhana. Masukkan bumbu-bumbu yang telah ditumbuk, lalu masukkan pula pepaya muda yang sudah diserut dan dibuang getahnya, campur merata dan masukkan bahan lainnya, masak hingga matang. Beri taburan udang di atasnya, dan selesai. Seporsi som tam siap disantap.

5Pad Thai (Thailand)

makanan-terenak-dunia-pad-thai

Sering disebut sebagai kwetiau ala Thailand. Sajian masakan ini merupakan sajian mie yang terkenal di asia. Cara membuatnyapun sederhana, seperti membuat kwetiau pada umumnya. Berbahan dasar kwetiau yang dimasak dengan bumbu sederhana seperti cabai, cuka, gula pasir, garam dan bumbu-bumbu lainnya di dalam wajan dengan sedikit minyak sayur. Biasanya disajikan hangat.

4Tom Yam Goong (Thailand)

makanan-terenak-dunia-tom-yam

Makanan berkuah dan bercitarasa asam pedas ini berasal dari negeri seribu kuil alias Thailand. Merupakan makanan Thailand yang sangat terkenal, dibuat dengan udang (toom yam goong), ayam (tom yam gai). Ikan (tom yam pla) atau makanan laut yang dicampur, serta jamur. Kombinasi asam segar, kaldu tom yum dan wangi serainya mampu menjemput Tom Yam Goong menduduki posisi keempat sebagai makanan paling enak dunia. Thailand memang Negara yang menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit. Wisata budaya dengan kuilnya yang berjumlah ratusan, wisata belanjanya yang lengkap, wisata alamnya yang indah, serta kulinernya yang mencuri banyak tempat di The Most Delicious Food versi CNN, Thailand memang patut diperhitungkan.

3Sushi (Jepang)

makanan-terenak-dunia-sushi

Merupakan makanan khas negeri matahari terbit yang terbuat dari nasi yang dibentuk dan diberi sayur dan ikan mentah maupun matang. Memiliki rasa yang masam karena dibumbui dengan campuran cuka, garam dan gula. Sushi memiliki banyak jenis, tergantung bentukan nasinya. Jenis sushi tersebut antara lain Nigirisushi (nasi yang dibentuk dengan ikan segar atau ikan mentah di bagian luarnya), makisushi (nasi yang diberi isi potongan mentimun dan dibungkus dengan nori), chirashizushi (nasi tidak dibentuk, namun ditempatkan dalam wadah dan disajikan bersama sayur dan seafood), oshizushi (nasi dipres hingga padat dan berbentuk persegi panjang), inarizushi dan narezushi. Pembuat sushi atau ahli sishi kebanyakan laki-laki, karena tingkat kehigienisan dalam pembuatan sushi sangat diperhitungkan. Meski sekarang sudah mulai banyak ahli sushi wanita, namun mereka dilarang keras memakai alat kosmetik dan memakai cat kuku.

2Nasi Goreng (Indonesia)

makanan-terenak-dunia-nasi-goreng

 

Makanan yang tidak mengenal batasan jenjang sosial, karena biasa dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja tanpa batasan usia maupun status sosial. bisa dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak keliling, hingga restoran elit sekalipun. Nasi putih yang digoreng dan dicampur dengan bumbu-bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, garam, merica dan kecap manis ini nyatanya mampu menempati peringkat kedua sebagai predikat makanan terenak dunia. Apalagi jika dilengkapi dengan telur dan ayam suwir atau dalam beberapa pilihan lain, dilengkapi dengan ikan asin atau teri, semakin membuatnya lengkap dan pantas dijuluki sebagai Nasi Goreng Spesial.

1Rendang (Indonesia)

makanan-terenak-dunia-rendang

Finnaly, the winner of the most delicious food is RENDANG! Sama halnya dengan nasi goreng yang sempat diklaim sebagai makanan khas Malaysia, namun nyatanya Rendang tetap menjadi pilihan makanan terenak dunia yang berasal dari Indonesia.  Masakan khas Minangkabau ini memiliki citarasa rempah yang melimpah. Berbahan dasar daging sapi yang diracik dengan olahan rempah dan berbagai bumbu khas yang dihaluskan seperti lengkuas, serai, kunyit, jahe, cabai, bawang putih, bawang merah dan bumbu-bumbu lainnya serta tak ketinggalan santan kelapa. Resep bumbu alamii ni menghadirkan rasa yang otentik danunik. Ada dua jenis rendang, yakni rendang kering yang memang sengaja diolah agar bisa disimpan dalam waktu lama dengan cara dimasak dengan waktu yang agak lama hingga santan mengering dan bumbu meresap sempurna, dan rendang basah atau kalio yang disajikan berkuah, dengan proses memasak yang lebih singkat daripada rendang kering. Rendang merupakan makanan yang telah mendunia, hingga bisa dijumpai di restoran-restoran di seluruh dunia. Selain Nasi Goreng dan Rendang, Sate juga masuk dalam jajaran makanan terenak dunia dengan menduduki posisi ke 14.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini