10 Makanan Penyubur Kandungan yang Wajib Diketahui

Buah hati merupakan hal yang paling dinanti bagi setiap pasangan suami istri. Bagi beberapa pasangan, mendapatkan keturunan tidaklah susah tergantung garis keturunan dan gaya hidup sehat yang diterapkan. Namun bagi sebagian lainnya, membutuhkan waktu yang lebih untuk bisa hamil. Berikut top 10 makanan penyubur kandungan yang wajib diketahui agar cepat hamil versi top10magz.

10Telur

makanan-penyubur-kandungan---telur

Rutin mengkonsumsi telur ternyata mampu membantu pembentukan otak bayi agar bagus dan sehat, juga bermanfaat mempertahankan metabolisme tubuh karena memiliki vitamin D. Kandungan protein dan zat kolinnya sangat ampuh untuk meningkatkan kesehatan reproduksi. Kolin yang dibutuhkan sebelum dan saat masa kehamilan akan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap asam folat. Nah, asam folat inilah yang sangat penting bagi masa awal kehamilan agar bayi tidak lahir cacat saraf. Cukup mengkonsumsi satu telur setiap harinya saja, sudah dapat meningkatkan kadar kolin untuk meningkatkan penyerapan asam folat hingga dua kali lipat. Bahan makanan yang sederhana dan mudah didapat ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung protein, lemak serta omega 3 yang juga diperlukan dalam pembentukan hormon kewanitaan yakni estrogen dan progesteron.

9Sayur dan Buah

makanan-penyubur-kandungan---sayur-dan-buah

Tingginya kadar asam folat dalam sayur dan buah sangat baik bagi kehamilan karena mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Di samping itu juga mampu membantu pengembangan syaraf yang sehat sehingga mencegah bayi lahir cacat, mencegah penurunan syaraf pada janin serta memproduksi sperma yang sehat. Sayur yang dapat membantu tingkat kesuburan kandungan bisa diperoleh dari selada air, kale dan bayam. Sedangkan untuk buah, bisa didapatkan dari buah stroberi, jeruk dan alpukat. Selain itu, makanan bervitamin C tinggi seperti jeruk, kiwi dan anggur juga bisa meningkatkan pembuahan dan melepaskan sel telur dari rahim. Jenis sayur berpigmen seperti wortel dan labu juga dikategorikan sebagai makanan penyubur kandungan karena kaya akan beta karoten dan sumber vitamin A. Vitamin A inilah yang erat kaitannya dengan kesuburan, menjaga kesehatan jaringan dalam organ reproduksi sebagaimana perannya dalam perkembangan otak dan mata yang sehat. Sayur dan buah-buahan memang sangat baik bagi kesehatan, zat fitokimia dan anti oksidannya dikenal mampu menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu sistem reproduksi.

8Ikan Salmon

makanan-penyubur-kandungan-salmon

 

Turut dikategorikan sebagai salah satu makanan yang membuat cepat hamil karena mengandung omega 3 yang sangat tinggi dan berperan penting dalam pembentukan hormon serta menyehatkan reproduksi pria maupun wanita. Bagi ibu yang rutin mengkonsumsi salmon, akan menigkatkan IQ memori dan penglihatan sang buah hati. Termasuk jenis ikan yang mahal jika untuk dikonsumsi setiap hari, namun dapat diakali seminggu mengkonsumsi salmon selama 3 hari untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi yang ingin atau sedang hamil. Salmon juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain menjaga kesehatan mata secara menyeluruh, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mecegah bronchitis, membantu mencegah penyakit paru (terutama bagi perokok), menjaga kesehatan kulit, dll.

7Tiram

makanan-penyubur-kandungan-tiram

 

Zat besi tinggi yang dimiliki oleh tiram membuatnya menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi untuk membantu kesuburan kandungan. Tiram juga dipercaya dapat meningkatkan vitalitas pria karena memiliki kandungan zinc yang cukup tinggi. Kandungan asam amino yang tinggi dalam tiram dapat memicu peningkatan kadar hormon seks.

6Susu

makanan-penyubur-kandungan-susu

 

Sebuah penelitian di Harvard University tentang susu dan produk olahannya seperti yogurt dan es krim, menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan ini cenderung memiliki masalah pembuahan yang minim. Susu dan produk olahannya memiliki kalsium yang baik bagi kesuburan kandungan. Kebutuhan kalsium sebanyak 1000 mg per hari bagi wanita yang ingin segera hamil bisa dipenuhi dengan rutin meminum 8 gelas susu setiap harinya, atau bisa juga dengan mengkonsumsi keju dan yogurt. Namun produk susu yang harus dikonsumsi adalah produk susu yang berkadar lemak tinggi karena produk susu dengan lemak rendah dapat membuat wanita yang mengkonsumsinya memiliki penurunan kesuburan. Selama berat badan tidak berlebih, disarankan memilih susu tinggi lemak untuk dikonsumsi setiap hari. Bagi yang memiliki masalah atau alergi dengan susu, bisa menemui dokter kandungan untuk berkonsultasi dan mengganti susu dengan makanan lain agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi.

5Gandum Utuh

makanan-penyubur-kandungan---gandum

 

Merupakan jenis karbohidrat kompleks yang menyehatkan dan menyuburkan kandungan. Karbohidrat kompleks memang sangat dianjurkan sebagai penyubur kandungan karena tidak akan mempengaruhi kadar darah dan insulin. Selain gandum utuh yang bisa dinikmati melalui roti gandum, mie gandum dan sejenisnya, karbohidrat kompleks juga terdapat pada jagung, beras merah dan havermut. Meski banyak yang mecap buruk karbohidrat karena akan menambah jumlah lingkar pinggang, namun bagi wanita yang sedang dalam upaya untuk hamil sebaiknya tidak perlu khawatir akan hal ini.

4Coklat

makanan-penyubur-kandungan---coklat

 

Coklat mampu meningkatkan gairah dan dipercaya sebagai salah satu makanan penyubur kandungan agar cepat hamil. Selain itu, banyak yang mempertanyakan perihal bolehkan ibu hamil mengkonsumsi coklat? Tentu saja, boleh. Sebuah studi di Yale University menemukan bahwa ibu yang rajin mengkonsumsi 5 batang coklat per minggu cenderung tidak mengalami pre-eklampsia atau tekanan darah tinggi yang sangat berbahaya bagi ibu hamil.

3Madu

makanan-penyubur-kandungan---madu

 

Dikategorikan sebagai makanan penyubur kandungan karena nutrisinya yang mampu membuat wanita cepat hamil. Tak heran jika masyarakat mesir kuno mempersembahkan madu bagi dewa kesuburan. Bahkan di beberapa kebudayaan lain, sepasang pengantin diwajibkan menempelkan kedua telapak tangan yang sudah diolesi madu sebagai tanda kebersamaan. Cairan kental bercitarasa manis ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan, yakni sebagai sumber energi, menyehatkan sistem pencernaan, penyembuh luka, anti oksidan yang menjaga kekebalan tubuh dan obat awet muda. Khasiat lain madu yaitu untuk kecantikan, antara lain untuk mengatasi jerawat, mengatasi bibir kering, mencerahkan rambut dan menjaga kelembaban kulit.

2Minyak Zaitun

makanan-penyubur-kandungan---minyak-zaitun

 

Kaya akan lemak tak jenuh, omega 3 dan vitamin E yang dapat meningkatkan kesuburan reproduksi pria dan wanita. Teratur dalam mengkonsumsi minyak zaitun memberikan dampak yang signifikan dalam pembentukan level hormon dan mampu meningkatkan masa subur wanita.

1Kacang-kacangan dan Biji-bijian

makanan-penyubur-kandungan---kacang-kacangan

 

Memakan kacang-kacangan memang sangat baik bagi bayi, karena mengandung sel dan zat-zat yang bagus bagi janin. Serat dan zat besi yang terkandung di dalamnya dapat membantu perkembangan sel-sel darah merah pada bayi. Biji-bijian seperti biji bunga matahari mengandung vitamin E dan asam lemak yang penting bagi produksi sel yang sehat. Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung phytosterols yang bisa meningkatkan hormon testosteron. Kandungan magnesium di dalamnya berfungsi sebagai penyeimbang hormon proclatin yang. Juga mempengaruhi testosteron.

Mempersiapkan kehamilan memang harus sedini mungkin dengan melakukan berbagai cara. Penerapan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga, istirahat cukup, menghindari alkohol dan rokok, serta dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat membantu menyuburkan kandungan sangat penting dalam menunjang masa awal kehamilan.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini