10 Makanan Kaya Protein

Protein adalah salah satu komponen penting yang menjaga agar tubuh tetap sehat. Bagi yang sedang dalam program diet, mengkonsumsi makanan sehat harus selalu diperhatikan sehingga mampu menutupi semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, vitamin, mineral dan karbohidrat. Konsumsi makanan sehat dalam jumlah yang tepat harus diperhatikan agar anda tidak kelebihan atau kekurangan nutrisi penting tubuh yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit dari terlalu kurus hingga kelebihan berat badan atau obesitas.  Mengabaikan atau kompromi dengan salah satu dari kebutuhan nutrisi penting yang diperlukan,  bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Jadi, sebaiknya anda mulai memasukkan berbagai makanan kaya protein sedini mungkin. Berikut ini adalah 10 makanan kaya protein yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan anda.

10Buah

buah

Ada beberapa buah yang memiliki kandungan tinggi protein di dalamnya. Semangka adalah salah satu buah yang paling umum yang disukai oleh semua orang dan memiliki banyak protein di dalamnya. Sertakan banyak buah-buahan untuk anda anda konsumsi karena tidak hanya memberikan energi, tetapi membuat anda segar untuk sepanjang hari. Bagi anda yang ingin tetap langsing, ada beberapa buah yang juga membantu dalam mengatasi lemak seperti jeruk, anggur, pisang, apel, dll. Buah-buahan sangat penting bagi tubuh dan usahakan utuk minimal mengkonsumsi satu buah setiap hari. Untuk menjaga kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi serta membuat tubuh anda tetap sehat dan ramping.

9Biji Bunga Matahari

kuaci

Biji bunga matahari atau yang lebih dikenal dengan kuaci ini juga kaya akan protein. Inilah mengapa banyak orang menggunakan minyak bunga matahari untuk memasak. Selain lezat, biji bunga matahari atau kuaci juga akan membuat  anda jauh dari berbagai jenis masalah kesehatan. Dalam setiap 100 gram biji bunga matahari,  akan mendapatkan sekitar 21 gram protein.

8Kacang-kacangan

 biji-bijian

Ketika kita berbicara tentang makanan yang kaya protein, kacang-kacangan dan biji-bijian juga menjadi salah satu penghuni daftar ini. Ada beberapa jenis kacang yang sangat bergizi dan terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh. Kacang merah, kacang polong, kacang kedelai, kacang hijau adalah beberapa jenis kacang yang sangat kaya protein dan dapat dengan mudah ditemukan di pasar. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian juga  merupakan salah satu pilihan yang ideal untuk mengatasi masalah lemak dan menurunkan kadar gula darah berlebih dalam tubuh. Kacang dan biji-bijian dapat membantu dalam pencernaan makanan dan memiliki serat yang lebih rendah. Inilah mengapa, kacang menjadi makanan yang penting bagi program penurunan berat badan atau program diet anda. Karena selain memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya, kacang-kacangan juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kadar gula dalam tubuh.

7Tahu

tahu

Karena merupakan salah satu produk olahan dari kacang kedelai, tahu juga termasuk jenis makanan yang sangat kaya protein. Selain itu, tahu juga merupakan makanan pokok yang sangat umum bagi masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi dalam berbagai jenis olahan masakan. Jika anda termasuk penggemar sup atau makanan berkuah, anda bisa menambahkan tahu ke dalam masakan anda. Atau, bagi anda yang suka dengan sarapan praktis dan cepat namun tetap kaya nurtisi, anda bisa coba menu tumis tahu. Caranya, hancurkan dua kotak tahu hingga halus, masukan telur ayam yang sudah dikocok, tambahkan garam, irisan daun bawang dan ayam cincang, tumis hingga matang. Jika anda tidak sempat menghancurkan tahu tersebut, anda bisa memotongnya kotak-kotak dan campurkan dengan bahan lain lalu tumis hingga matang. Sederhana namun tetap sehat dan mengenyangkan. Di setiap setengah cangkir tahu,  terdapat sekitar 10 gram protein.

6Telur

telur

Salah satu makanan terbaik yang kaya protein adalah telur. Pada rata-rata telur, terdapat sekitar 13 gram protein yang membuat  tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Jika anda juga termasuk penggemar telur, maka anda telah secara tidak langsung mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan lemak dan menjaga berat badan anda untuk tetap ideal. Telur memang sangat kaya protein yang mampu membuat anda tetap berenergi selama lebih dari satu hari serta mengandung nutrisi vitamin B12 yang membantu tubuh membakar lemak. Terutama bagi perempuan, setidaknya harus menyertakan telur dalam sarapan mereka jika ingin menjaga berat badan tetap ramping dengan kebutuhan kalori yang tetap tercukupi.

5Ayam

ayam

Selain bisa diolah menjadi berbagai macam masakan lezat dari masakan lokal maupun internasional, ayam juga mengandung protein yang sangat tinggi. Mengkonsumsi satu cangkir ayam akan membantu tubuh memperoleh sekitar 40 gram protein.  Namun, meskipun ayam memiliki kandungan protein yang tinggi, konsumsi ayam dalam jumlah yang berlebih juga dapat menyebabkan lemak yang berlebihan. Berhati-hati dalam mengatur porsi ayam yang harus dikonsumsi agar tubuh tidak menimbun banyak lemak yang menyebabkan kelebihan berat badan atau kegemukan.

4Keju

keju

Produk olahan susu yang berbentuk cheddar ataupun lembaran ini juga termasuk dalam makanan kaya protein. Dalam tiap takaran 100 gram keju,  mengandung 32 gram protein yang baik bagi kesehatan. Menambahkan keju dengan resep yang berbeda seperti sandwich keju, atau olahan dengan keju lainnya selain menghasilkan masakan yang lezat, juga akan mencukupi kadar protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

3Yogurt

yogurt

Selain keju, produk susu seperti yogurt juga termasuk kaya protein. Dalam rata-rata yogurt tanpa lemak, terkandung protein sekitar 13 gram dan jumlah ini akan bervariasi tergantung pada jenis yogurt. Yogurt juga memiliki rasa yang enak dan segar, apalagi bila disajikan dengan buah seperti stroberi dan bluberi.

2Ikan

ikan

Ikan merupakan sumber protein yang sangat penting bagi tubuh, dimana orang-orang non vegetarian bisa makan untuk mendapatkan banyak energi. Pada tiap 100 gram ikan, terdapat 26 gram protein. Oleh karena itu, jangan lupa mengkonsumsi ikan secara teratur untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Ada berbagai jenis ikan masing-masing memiliki berbagai kandungan protein di dalamnya.

1Salmon

salmon

Meskipun termasuk dalam jenis ikan, namun Salmon tetap memiliki psisi tersendiri dalam daftar makanan kaya protein. Hal ini karena selain mengandung protein, salmon juga kaya akan vitamin serta mineral. Maka dari itu, mengkonsumsi salmon akan memenuhi kebutuhan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam tiap 3 ons salmon terdapat 22 gram protein yang sangat ideal untuk tubuh yang sehat. konsumsi salmon juga membantu menyuburkan kandungan. bagi yang ingin segera memiliki momongan, sebaiknya konsumsi salmon sejak dari sekarang.

Bagaimana, apakah anda sudah memasukkan kesepuluh makanan di atas dalam daftar makanan yang anda konsumsi sehari-hari? Selian memiliki protein yang tinggi, kesepuluh makanan di atas juga memiliki rasa dan bisa diolah menjadi menu yang bercitarasa luar biasa. Untuk menjadi sehat, selain memperhatikan pola makan dan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, gaya hidup sehat juga sangat penting untuk diterapkan, seperti istirahat cukup, konsumsi air putih lebih banyak, olahraga, serta tidak atau kurangi konsumsi alkohol dan rokok. Salam hidup sehat!

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini