10 Jenis Fobia Paling Aneh

Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebih terhadap sesuatu dan menimbulkan gelaja-gejala tertentu seperti rasa panik, cemas, pusing, mual dan lain sebagainya ketika dihadapkan dengan sesuatu yang ditakutinya. Bagi sebagian orang, penyebab fobia sulit dipahami. Ada perbedaan bahasa antara pengamat fobia dan pengidap fobia. Bagi para pengamat fobia, akan terasa lucu jika seseorang yang berbadan besar takut pada hewan kecil seperti kecoa dan tikus. Namun bagi pengidap fobia, subjek tersebut bisa menjadi benda yang sangat besar, berwarna, menjijikan dan menakutkan. Apakah anda juga memiliki ketakutan terhadap sesuatu? Ada banyak sekali jenis fobia, kenali jenis fobia anda. Berikut ini adalah 10 Jenis Fobia Paling Aneh, apakah anda mengalami salah satu di antaranya?

10Ablutophobia

abluto-phobia

Adalah ketakutan terhadap mencuci, membersihkan dan mandi. Ini adalah jenis fobia yang spesifik dan cenderung lebih sering terjadi pada anak-anak dan wanita. Fobia ini memang terbilang sangat jarang, namun bisa dikategorikan serius karena pada tingkatan paling ekstrim dari fobia ini bisa menyebabkan ketakutan terhadap segala jenis mencuci dan membersihkan. Penyebabnya bervariasi, namun biasanya melibatkan salah satu kejadian di masa kecil yang menyebabkan seseorang menjadi trauma terhadap air dan mandi yang berkelanjutan bahkan hingga ia dewasa. Jika dibiarkan, penderitanya bisa tidak mandi berhari-hari bahkan hingga berminggu-minggu yang dapat menyebabkan infeksi kulit dan mengundang berbagai macam penyakit. Belum lagi dampak sosial saat ia berinteraksi dengan orang lain. Pengobatan untuk Ablutophobia biasanya melibatkan praktisi kesehatan mental yang dengan hati-hati mengambil penderita ke pengalaman traumatisnya dan mendiskusikan mengapa ketakutan mereka tak berdasar, bagaimana mereka berdamai dengan ketakutannya dan bagaimana mengendalikan gelaja ketakutan mereka tersebut.

9Alektrophobia

alektorophobia

Adalah ketakutan terhadap ayam atu unggas lainnya seperti ayam jago. Diperkirakan bahwa fobia aneh ini merupakan hasil dari trauma anak pada usia dini yang melibatkan serangan atau perilaku agresif dari ayam kepada mereka, atau bahkan oleh kebiasaan sehari-hari dan perilaku si ayam. Orang dengan Alektrophobia akan cenderung merasa tidak nyaman berada di sekitar ayam atau tempat-tempat seperti peternakan ayam. Pada kasus yang lebih ekstrim, penderita bisa memiliki ketakutan yang ekstrim pula, seperti sesak napas, kecemasan luar biasa, panik, pusing berkeringat, gemetar dan mual-mual. Pengobatan terhadap fobia ini meliputi konseling, desentisasi sistematis, hypo analysis serta obat dan resep khusus.

8Ommetaphobia

ommatophobia

Merupakan jenis fobia yang takut terhadap mata. Hal ini berkembang ketika seseorang mengalami peristiwa traumatis yang melibatkan mata. Misalnya melihat bola mata keluar dari asalnya, dipukul di daerah sekitar mata hingga pergi dengan menutup satu atau kedua matanya. Salah satu ketakutannya adalah ketika seseorang melihat mata mereka, maka rahasia atau  hal-hal yang tak ingin orang lain ketahui akan terungkap. Misalnya, seseorang akan tahu apa yang sedang dipikirkan mereka hanya dengan menatap matanya. Ketakutan yang lebih spesifik dari fobia ini disebut Scopophobia. Ommetaphobia atau yang sering disebut Ommatophobia dianggap sebagai fobia sosial karena menyangkut situasi sosial seperti melihat ke mata seseorang, dilihat oleh seseorang atau menyentuh mata mereka yang bisa berdampak pada sebuah kecemasan dan kepanikan luar biasa jika tak segera ditangani. Pengobatannya meliputi konseling, hypo analysis, Neuro-Linguistic Programs atau NLP dan obat atau resep khusus.

7Transphobia

transphobia

Transphobia adalah jenis ketakutan yang irasional atau memusuhi orang-orang yang melakukan operasi transgender (operasi ganti jenis kelamin) yang melintasi norma-norma tradisional. Hal ini sering dikaitkan dengan homophobia karena para lesbian dan pria gay kerap melanggar norma-norma gender. Penyebabnya diduga berkaitan dengan identitas gender seseorang yang rapuh, kaku atau kepercayaan tentang gender sosial di masyarakat. Penderita Transphobia biasanya akan mengalami kegugupan atau bahkan marah di hadapan tansgender atau orang-orang homoseksual. Pengobatan untuk transphobia bisa meliputi konseling atau pengetahuan-pengetahuan tertentu tentang transphobia dan transgender.

6Ithyphallophobia

Ithyphallophobia

Merupakan jenis fobia yang takut pada penis. Hal ini memang sangat irasional dan bisa menyebabkan tidak harmonisnya kehidupan seks penderitanya. Hal ini mungkin berawal dari pengalaman masa kecil yang mungkin ‘ketahuan’ ereksi dan dimarahi oleh orang tua. Pemgobatan meliputi hypnosis dan Neuro-Linguistic Programs.

5Calligynephobia

caligynephobia

Adalah fobia yang merujuk pada ketakutan terhadap wanita cantik. Penderita Calligynephobia memiliki rasa takut yang berlebihan jika berhadapan dengan wanita cantik. Hal ini diduga muncul karena pengalaman masa lalu dengan wanita saat kencan atau pernah mengalami kegagalan dalam menjalin hubungan. Bisa juga karena kurangnya rasa percaya diri dan menganggap dirinya jelek atau kurang layak dan menimbulkan perasaan takut saat menghadapi wanita yang disukainya. Pengobatan biasanya melibatkan terapi pemahaman dan pemaparan, desentisasi serta hipnoterapi.

4Pogonophobia

Pogonophobia

Nah, untuk fobia yang satu ini memang sangat tidak lazim, karena penderitanya akan merasa takut terhadap jenggot atau berhadapan dengan orang-orang yang memiliki janggut. Hal ini diduga karena pengalaman pernah dilecehkan atau disiksa oleh pria yang memiliki jenggot. Seperti kebanyakan fobia, gelaja dapat melingkupi rasa gugup, cemas dan panik saat berhadapan dengan orang-orang yang berjenggot.pengobatan meliputi pemahaman dan pemapara, konseling, hipnoterapi serta Neuro-Lingustic Programs (NLP).

3Ailurophobia

ailurophobia

Meskipun sekarang sedang marak dengan hewan peliharaan kucing Persia, angora dan jenis kucing berbulu tebal berhidung pesek lainnya, penderita Ailurophobia tetap saja merasa takut terhadap kucing. Di beberapa kasus bahkan penderita lari ketakutan jika diberi ‘hanya’ boneka kucingnya saja. Seperti jenis fobia lainnya, Ailurophobia adalah mekanisme untuk melindungi diri yang diciptakan oleh pikiran bawah sadar dan penderita akan kesulitan membetitahukan penyebab dari ketakutan tersebut. Namun telah banyak terbukti bahwa penderita Ailurophobia memiliki pengalaman buruk terhadap kucing pada saat ia masih berusia dini. Pengobatan meliputi terapi perilaku kognitif, hipnoterapi atau Neuro-Linguistic Programs (NLP).

2Ephebiphobia

ephebiphobia

Epebiphobia adalah ketakutan terhadap anak muda atau lebih khususnya remaja. Hal ini biasanya bermula pada pengalaman buruk dari masa kecil yang menjadikannya takut atau bahkan benci pada pemuda atau remaja. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dunia Barat menjadi semakin lebih maju  maka pemisahan antara orang dewasa dan remasa juga semakin meningkat. Misalnya, mereka diusir dari tenaga kerja dan menghabiskan lebih sedikit waktu dengan orang tua. Fobia ini tidak termasuk jenis fobia akut namun lebih condong pada ketakutan umum yang berkembang pada masyarakat sosial. Karenanya, perawatan psikologis tidak diperlukan, untuk pengobatannya bisa melalui komunikasi dan integrasi ke dalam masyarakat dewasa dan remaja.

1Phobophobia

imagesphobophobia

Terakhir, Phobophobia, atau ketakutan terhadap ketakutan itu sendiri atau fobia terhadap fobia. Hal ini terkait dengan gangguan, kecemasan dan kepanikan dengan jenis fobia seperti Agoraphobia atau Clausrophobia. Gejala yang dialami antara lain kecemasan berlebih, rasa takut yang tidak realistis terhadap tubuh dan ketakutan akan fobia lain yang akan dijumpai. Phobophobia ini lekat kaitannya dengan suatu peristiwa dimana penderita trauma terhadap emosi dan stress yang berhubungan dengan fobia. Pengobatan meliputi terapi perilaku kognitif, terapi pemahaman serta obat dan resep khusus.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini