10 Hal Tentang Uang yang Belum Anda Ketahui

Siapa yang tak kenal uang? Semua masyarakat di dunia ini menggunakan uang untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun. Namun ternyata, uang menyimpan beberapa hal menarik dan masih belum banyak yang tahu, loh. Apa saja ya? Yuk intip dalam 10 hal tentang uang yang belum anda ketahui versi top10magz berikut ini.

10Tiga Fungsi Utama Uang

3-fungsi-uang

Tahukah anda bahwa uang memiliki tiga fungsi utama? Yang pertama adalah sebagai alat tukar, untuk mengukur nilai barang dan jasa serta untuk nilai penyimpanan. Saat anda menggunakan uang sebagai perantara perdagangan, itu menjadi alat tukar. Seperti yang sudah anda tahu, anda dapat menukar uang untuk mendapatkan berbagai barang yang berbeda. Uang juga berfungsi untuk mengukur nilai yang juga menjadi dasar untuk menentukan harga barang, jasa dan membandingkan nilai dengan berbagai jenis objek. Yang terkahir, uang berfungsi sebagai nilai penyimpanan. Hal ini bisa berarti bahwa anda bisa menyimpannya dengan aman dan menggunakannya di lain waktu.

9Uang kertas pertama di dunia

uang-kerta-tertua-di-dunia

Tahukah anda dimana uang kertas pertama diciptakan? Uang kertas pertama di dunia diciptakan dan digunakan oleh orang Cina selama Dinasti Tang (618-907M), jauh lebih dulu sebelum uang kertas mulai muncul di Eropa. Namun, uang kertas ternyata benar-benar dihilangkan di Cina pada tahun 1455 akibat melonjaknya inflasi pada saat itu dan butuh beberapa ratus tahun lagi sebelum negara itu mulai menggunakan uang kertas kembali.

8Uang itu kotor

uang-itu-kotor

Untuk yang satu ini mungkin bukan hal baru lagi dan sudah banyak mengetahuinya. Namun, apakah anda tahu bahwa sejumlah besar uang yang bereda telah terkontaminasi oleh kokain? Hal ini tidak mengherankan sebab para pengedar narkoba biasanya menggunakan tangannya langsung untuk bertransaksi setelah memegang kokain tanpa mencucinya atau menggunakan sarung tangan terlebih dahulu dan mencemari uang lainnya ketika masuk ke dalam sistem. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa dalam uang terdapat berbagai kuman, bkteri patogen bahkan kotoran manusia. Eww!

7Uang kini tak lagi didukung oleh sesuatu yang nyata

bitcoin

Maksudnya di sini adalah, sudah sejak sekian lama uang tak lagi didukung oleh suatu hal atau benda yang nyata, misalnya emas. Salah satu negara terakhir yang berhenti menggunakan standar emas adalah Amerika Serikat (berakhir pada awal tahun 1970) dan kini tak ada satupun mata uang di dunia ini yang masih didukung oleh suatu benda yang nyata. Sebaliknya, hal tersebut justru didukung oleh kepercayaan masyarakat terhadap kredibilitas dan stabilitas pemerintah.

6Di era sekarang ini, semua uang dianggap debit

uang-sebagai-debit

Tahukah anda bahwa kurang dari 5% dari uang saat ini berbentuk debit (utang) dan koin? Contohnya, mungkin sekarang anda memiliki beberapa lembar uang di saku atau dompet anda namun bisa dipastikan bahwa uang yang anda miliki lebih banyak tersimpan di bank daripada anda pegang tunai. Hal tersebut karena menyimpan uang di rekening bank lebih aman. Namun secara tidak langsung uang anda tersebut berhenti menjadi uang anda karena itu sama halnya anda memberikan pinjaman pada bank yang berjanji akan mengembalikan uang itu pada anda. Sementara itu, bank dapat menggunakan uang anda untuk hal apapun yang mereka inginkan. Bank biasanya meminjamkan uang untuk bisnis, individu, bank lain, bahkan negara lain. Pada dasarnya, seluruh ekonomi dunia sekarang bekerja pada sistem kredit yang diberikan oleh bank dan jika sistem itu terpecah atau terganggu, maka akan memberikan dampak negatif dan membuat banyak orang menderita.

5ATM pertama di dunia

atm-pertama-di-dunia

John Sheperd Barron, seorang penemu berkebangsaan Skotlandia datang dengan perangkat jenius yang saat ini disebut dengan Automatic Teller Machine (ATM). Idenya berasal dari keinginan untuk menciptakan sebuah mesin yang mampu mengeluarkan uang kertas kapanpun sepanjang hari. Ia mengutarakan idenya pada sebuah bank di Inggris yakni Barclays dan tak lama setelah itu muncullah model pertama ATM yang dipasang di London tahun 1967. Salah satu perbedaan ATM pertama di dunia ini dengan ATM masa kini adalah, ATM pertama di dunia tersebut tidak membebankan biaya apapun untuk transaksi atau penarikan apapun.

4Mengapa pinggiran uang logam bergaris-garis?

pinggiran-uang

Pernahkah anda terpikir dan bertanya-tanya mengapa uang logam memiliki garis-garis di sepanjang sisi pinggirnya? Jawabanya adalah pada abad ke 18 ketika sebagia besar uang logam diproduksi dari logam mulia seperti perak dan emas, para penjahat mulai mengambil beberapa cuilan kecil di sekitar koin tersebut dengan tangan mereka dan menjual logam mulia tersebut. Inilah mengapa uang logam memiliki sisi bergaris-garis di sepanjang pinggiran sisinya dan hal tersebut mulai digunakan untuk desain uang logam hingga saat ini. Meskipun saat ini tak ada lagi uang logam yang dibuat dengan menggunakan logam mulia, tapi sisi bergaris-garis di pinggiran uang logam masih digunakan karena sangat berguna bagi mereka yang tunanetra.

3Bankir pertama di dunia

bankers-modern-pertama

Beberapa contoh awal dari perbankan modern mulai ditemui di London pada abad ke 17. Selama periode itu, pedagang yang kaya akan menyimpan emas mereka pada tukang emas dari London. Karena mereka memiliki kekayaan pribadi yang cukup banyak, mereka mampu menyimpan emas dengan imbalan biaya. Para tukang emas pun mengeluarkan tanda terima yang bersertifikat kuantitas dan kualitas emas yang akan disimpan oleh pedagang dan hanya orang yang menyimpannya yang bisa mengambilnya. Sejak itu, para tukang emas mulai meminjamkan uang kepada pihak yang berkepentingan atas nama depositor dan merupakan praktek perbankan modern pertama yang dijalankan hingga akhirnya berkembang seperti sekarang ini.

2Beberapa benda yang digunakan sebagai uang pada masa lalu

benda-sebelum-ada-uang

Pada era kekinian, kita sudah terbiasa dengan kartu kredit dan uang tunai untuk bertransaksi tiap harinya hingga mungkin tidak terlintas di benak kita tentang benda-benda yang berfungsi sama seperti uang pada masa lalu sebelum uang diciptakan. Pada zaman dahulu, benda-benda seperti kerang, kulit rusa, tembakau dan garam adalah alat tukar sebagaimana uang pada saat ini. Kerang digunakan dan dianggap sebagai perhiasan, kulit rusa digunakan sebagai baju dan penghangat tubuh, sedangkan benda lain dianggap sebagai benda berharga pada suatu kaum yang tempat tinggalnya tidak terdapat benda itu, misalnya orang yang tinggal di daratan yang melimpah akan umbi akan menukar umbi mereka dengan garam pada orang yang tinggal di pesisir pantai, begitupun sebaliknya.

1Inflasi tertinggi yang pernah terjadi di sepanjang sejarah

inflasi-tertinggi-di-dunia

Tahukah anda dimana inflasi tertinggi dalam sejarah pernah terjadi? Adalah Zimbabwe, salah satu negara dunia ke tiga sekaligus negara termiskin di dunia iniĀ  pernah mengalami tingkat inflasi yang mencapai 98% per harinya pada awal abad ke 21. Karena inflasi yang terlampaui tinggi ini, penduduknya harus mengeluarkan uang sebanyak 300 miliar dollar Zimbabwe untuk mendapatkan sepotong roti saja. Pemerintahnya bahkan harus mengeluarkan uang kertas dengan pecahan 100 dollar triliun Zimbabwe dan menjadi denominasi tertinggi di dunia yang pernah dikeluarkan.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini