10 Girlband Korea Paling Sukses

Banyak girlband asal Korea Selatan yang muncul seiring gerakan Hallyu atau Korean Wave. Terlepas dari rumor operasi plastik yang dilakukan oleh banyak anggota girlband yang membuat wajah dan tubuh mereka sempurna, mari menilik sisi positif dan prestasi yang ditorehkan seiring kesuksesan dan kerja keras mereka. Dari sekian banyak nama, girl band apakah yang memiliki karir paling cemerlang hingga membawa pengaruh besar dalam dunia industri musik Korea? Simak selengkapnya dalam 10 Girlband Korea Paling Sukses berikut ini.

10Kara

kara

Kara yang diambil dari bahasa Yunani “Chara”, memiliki arti kegembiraan, keriangan dan keceriaan. Karir mereka dimulai pada tahun 2007 dengan mengeluarkan single yang berjudul “Break It”. Sebenarnya mereka memiliki 4 personel pada tahun 2007, namun salah satu anggotanya “Kim Sunghee” keluar dari grup tersebut dan digantikan oleh Goo Hara dan Kang Jiyoung. Lagu mereka berjudul “Honey” berhasil mengalahkan lagu Girl’s Generation “Gee” pada M Countdown di Mnet dan memenangkan Mutizen pada SBS Popular songs.

9F(x)

F(x)

Berkibar di bawah naungan SM Entertainment yang juga merupakan agensi Girl’s Generation, F(x) memperkenalkan diri mereka pada Agustus 2009 melalui akun Youtube sebagai Group Dance Pop Asia yang disusul dengan single pertama mereka “La Cha Ta” pada bulan Septembernya. Kesuksesan mereka dibuktikan dalam memenangkan berbagai penghargaan di Musik Bank, M Countdown, Inkigayo, Show Musik Core dan Show Champion untuk beberapa lagu mereka, antara lain, Danger, Hot Summer, Electric Shock, dan La Cha Ta.

84 Minutes

4minute

Terdiri dari Nam Ji Hyun, Heo Ga Yoon, Jeon Ji Yoon, Kim Hyun A dan Kwon So Hyun, 4 Minute berhasil meraih Favorite Style Girl Group for Dance, Style and Body di Mnet 20’s Choice Awards. Asia Influential Artist Award di Asia Song Festival, Bonsang Award di 20th dan 21st Seoul Musik Awards serta berbagai penghargaan lain yang membawa mereka menapaki anak tangga kesuksesan.

7After School

after-school

Dibentuk oleh Pledis Entertainment pada tahun 2009, After School memulai debut dengan lagu Diva dan Because of You yang kemudian berhasil meraih penghargaan sebagai Rookie of the Month April di Cyworld Digital Musik Award dan Mutizen Award di SBS Inkigayo. Mereka juga sukses dalam meraih predikat sebagai Best New Female Artis di Mnet Asian Musik Awards. Di Jepang, kesuksesan meraka juga dibuktikan dalam penghargaan Best Collaboration dalam lagu Make it Happen bersama Namie Amuro di MTV Video Musik Awards Japan pada tahun 2012.

6SISTAR

sistar

Beranggotakan Hyorin, Bora, Soyou, dan Dasom, girl band yang dinaungi StarShip Entertainment ini mengawali karir mereka pada tahun 2010. Sejak kemunculannya hingga saat ini, SISTAR telah menuai banyak prestasi, antara lain Group Singers di 17th Republic of Korea Entertainment Arts Award pada 2010, Best Style Icon di Korea Lifestyle Awards 2011 dan 20’s Sexiest Performance di Mnet 20’s Choice Awards pada 2012.

5T-Ara

T-Ara

Merupakan girl band dari label musik Core Content yang memulai karir mereka pada tahun 2009. Pada 2011, T-Ara menandatangani kontrak senilai 4.300.000 USD dengan perusahaan manajemen J-ROCK untuk debut mereka di Jepang. Angka tersebut merupakan angka tertinggi dari semua girlband yang memulai debut mereka di Jepang. Label utama mereka adalah EMI Musik Japan, dengan manajemen pemasaran promosinya J-ROCK. Penghargaan yang mereka raih tak perlu ditanya lagi, mereka memenangkan sejumlah penghargaan di ajang bergengsi. Antara lain Diamond Award (2011) di Asia Jewelry Awards, Top Artist of 2011 di Billboard Japan Awards, Rookie of the month – August dan Ting’s Choice Artist Award di Cyworld Digital Music Awrads 2009, dan sederet prestasi lainnya.

4Miss A

miss-A

Berasal dari satu agensi yang sama dengan Wonder Girls, yakni JYP Etertaintment dengan label AQ Entertainment, Miss A juga mendulang sukses seperti sunbae nya. Terhitung dengan banyaknya penghargaan yang mereka raih, pada tahun 2010 saja mereka meraih Rookie of The Month dan Song of the Month (July) untuk lagu “Bad Girl Good Girl” oleh Cyworld Digital Musik Awards, Female Rookie Award, Best Female Performance dan Song of the Year untuk “Bad Girl Good Girl “ di 12th Mnet Asian Musik Award serta berbagai penghargaan lainnya termasuk Digital Musik Bonsang di 26 Golden Disk Awards dan Bonsang Awards di 21st Seoul Musik Awards untuk lagu “Goodbye Baby”.

3Wonder Girls

wonder-girls

Pelantun single “No Body” ini memiliki pengaruh yang tak kalah besar dalam industri musik Korea. Diproduseri oleh salah satu produser paling disegani di Korea Selatan, Park-Jin Young dalam naungan JYP Entertainment, Wonder Girls sukses besar dalam karir nasional maupun internasionalnya. Lagu mereka “Tell Me” dan “No Body” berhasil menembus posisi ke 76 Billboard Hot 100 Chart dan menjadikan mereka girl band Korea Selatan pertama yang sanggup memasuki chart tersebut.

22NE1

2ne1

Tidak seperti girl band Korea Selatan kebanyakan yang tampil dengan sosok girly dan feminin, 2NE1 atau dibaca “To Anyone” muncul sebagai girl band yang berani beda dengan yang lainnya. Konsep hip-hop reggae dalam musiknya dengan gaya busana yang terkesan lebih “liar”, menggambarkan 2NE1 yang berani jadi diri sendiri. Memiliki anggota CL, Park Bom, Sandara Park, dan Minzy, karir mereka terbukti tak kalah dan bisa membawa nama mereka hingga kancah internasional. Hampir semua lagu mereka pernah menyabet nominasi dan penghargaan dari berbagai ajang penghargaan musik sejak kemunculannya pada tahun 2009. Antara lain Best New Artist tahun (2009), Artist of the Year (2011), Top 10 Artist, Top 50 Singles #6 untuk lagu I Love you (2012) di Soompie Gayo Awards, Best Female Singer di Style Icon Award berturut-turut pada 2010 dan 2011, “I am The Best”, sebagai Top 3 Most Viewed Videos di ajang Youtube K-Pop Awards pada 2011, dan masih banyak lainnya.

1Girl’s Generation

Girls'_Generation_

Siapa tak kenal Girl’s Generation a.k.a SNSD? Girl band yang baru-baru ini memenangkan “Video of the Year” di ajang bergengsi Youtube Awards, November 2013 lalu ini, dianggap memiliki pengaruh dan peran penting dalam gerakan Hallyu yang saat ini melanda dunia. Sosok kesembilan gadis cantik ini dianggap sebagai sosok yang paling menggambarkan Korea Selatan. Selain dikenal sebagi girl band yang memiliki sejuta talenta dengan kemampuan menyanyi dan menari serta wajah cantik dan tubuh sempurna, gaya berbusana mereka yang chic dan dewasa juga kerap dijadikan panutan oleh berbagai kalangan sehingga mereka sering disebut sebagai salah satu icon fashion di Asia. Popularitasnya sudah terlihat sejak penampilan mereka dalam lagu “Gee” tahun 2009, yang mengantarkan mereka dalam meraih “Single of the Decade” dan memecahkan rekor KBS Musik Bank untuk kemenangan berturut-turut terbanyak. “Gee” juga dipandang sebagai satu dari lagu-lagu K-Pop yang digunakan oleh mahasiswa dari Harvard University dalam studi tentang budaya Korea. Selain musik, mereka juga membintangi banyak iklan, beberapa personelnya juga memegang peranan penting dalam mengisi K-Drama. Bahkan, majalah Forbes menempatkan SNSD sebagai kelompok penghibur paling kuat di Korea Selatan pada tahun 2011.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini