10 Gejala Awal Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena bisa mengambil nyawa siapa saja dalam sekejap. Cara terbaik untuk hal ini terjadi adalah dengan menyadari kondisi kesehatan anda saat ini dengan melakukan pemeriksaan teratur. Dalam beberapa kasus kebanyakan, penyakit jantung harus segera dideteksi sebelum dapat menyebabkan kerusakan serius pada kesehatan dan kehidupan. Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk melakukan pendektesian awal adalah dengan mengurangi kadar kolesterol dan lemak yang tak perlu dalam tubuh anda. Namun, penyakit jantung juga dapat mempengaruhi seseorang yang bahkan tak memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarganya. Seperti halnya penyakit lain, selalu ada carayang dapat dilakukan untuk menentukan apakah menderita masalah jantung. Berikut ini top10magz telah merangkum beberapa tanda yang harus anda waspadai sehingga anda dapat menjaga kesehatan jantung anda dan mengambil langkah tepat untuk memastikan kondisi kesehatan anda. Yuk simak dalam 10 Gejala Awal Penyakit Jantung Yang Perlu Diwaspadai berikut ini.

10Sering merasa kelelahan

lelah

Merasa lelah memang sangat normal untuk siapa saja saat hari berakhir setelah seharian beraktivitas dan bekerja. Namun jika anda sering benar-benar merasa lelah hingga anda merasa tak bisa dan tak mampu untu berdiri, sebaiknya anda segera berkonsultasi pada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Anda mungkin akan disarakan untuk menjalani beberapa tes yang akan membantu dokter menentukan penyebab gejala anda. Dalam banyak kasus yang terjadi, kelelahan yan parah hari ini dapat bertahan sampai keesokan harinya dan mungkin merupakan indikasi dari penyakit jantung.

9Rasa sakit di sekitar dada

sakit-dada

Ini adalah gejala yang umum dialami bagi orang-orang dengan masalah jantung yang sebaiknya tidak diremehkan saat anda merasakan rasa sakit yang tajam dan tiba-tiba tanpa alasan di dada anda. Misalnya pada wanita, lebih mungkin untuk menderita sakit dada sebelum serangan jantung. Ketidaknyamanan di daerah sekitar dada erat hubungannya dengan arteri yang menyempit atau tersumbat yang mencegah peredaran darah ke bagian lain tubuh anda. Dengan kurangnya pasokan darah ini yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, penyumbatan pembuluh darah dapat menyebabkan rasa lelah, lemah dan mati rasa di seluruh tubuh anda.

8Berkeringat

berkeringat

Merupakan hal yang lazim bagi siapa saja saat cuaca sedang panas, saetelah berolahraga maupun setelah melakukan aktivitas lainnya. Namun menjadi tak lazim ketika anda tiba-tiba berkeringat tanpa alasan, kecuali jika anda menderita kondisi medis yang tak normal. Mereka yang menderita masalah jantung cederung lebih banyak berkeringat bahkan ketika mereka tidak melakukan apa-apa, seperti hanya duduk atau berbaring di tempat tidur. Selanjutnya, berkeringat dapat disertai dengan mati rasa, nyeri dan ketidaknyamanan di beberapa bagian tubuh anda. Jika anda menderita kondisi ini, anda harus segera berkonsultasi ke dokter sebagai langkah awal anda.

7Pusing

pusing

Kebanyakan orang yang merasa pusing bisa disebabkan oleh tekanan darah rendah, infeksi telinga, kurang tidur atau kelelahan, tergantung kondisi yang dialami saat itu. Namun, perlu diwaspadai jika anda sering tiba-tiba merasa pusing bahkan ketika anda tidak merasa lelah tau kekurangan tidur sama sekali.

6Mual

mual

Rasa mual ini bisa disertai atau tanpa disertai muntah. Gejala mual biasanya disebabkan oleh keracunan makanan, namun jika anda memiliki penyakit jantung, anda akan sering merasa mual. Segera periksakan kondisi kesehatan anda untuk pengobatan dan penanganan medis yang tepat. Biasanya, sebelum serangan jantung terjadi, seseorang akan muntah terlebih dahulu. Hal ini terjadi karena perut cenderung merasa tidak nyaman dan membengkak. Terlebih lagi, pembengkakan perut dapat membuat seseorang kehilangan nafsu makan sehingga asupan makan dan nutrisi berkurang.

5Merasa cemas

cemas

Gejala ini bisa sangat rumit karena beberapa orang mungkin merasa cemas karena gangguan fisik atau mental. Misalnya, kecemasan dapat murni psikologis atau stress. Bagi orang-orang yang mengalami masalah jantung, kecemasan adalah tanda umum sebelum serangan jantung. Pasien-pasien ini mungkin merasa seolah-olah  mereka akan mati padahal mereka bahkan tidak yakin apa yang menyebabkan kecemasan tersebut. Jika anda mengalami kecemasan luar biasa secara tiba-tiba padahal sebelumnya anda tidak pernah merasa sepanik itu, maka anda harus menghubungi dokter anda untuk penanganan yang tepat untuk masalah anda.

4Nyeri di beberapa bagian tubuh

nyeri

Nyeri di dada, seperti yang sering disebutkan, adalah sesuatu yang umum untuk orang dengan penyakit jantung. Namun jika anda merasa sakit di beberapa bagian tubuh anda, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan sedini mungkin. Umumnya pria dengan penyakit jantung menderita sakit di lengan kiri mereka, sedangkan perempuan mengalami rasa sakit luar biasa di kedua lengan mereka. Nyeri ini mungkin juga dialami di daerah rahang, bahu, leher, punggung atau siku. Ciri lain yang unik dari rasa nyeri ini adalah nyeri tersebut bisa terasa sewaktu waktu dan tiba-tiba.

3Denyut nadi tidak teratur

denyut-nadi-tak-teratur

Jika anda menderita gejala penyakit jantung seperti denyut nadi tak menetu segeralah periksakan ke dokter untuk mencegah kemungkinan fatal dan serius yang bisa terjadi. Denyut nadi tak teratur dapat menyebabkan penebalan oto jantung dan penyakit jantung katup. Hal ini disebabkan oleh penyempitan katup atau kebocoran katup yang membuatnya gagal berfungsi normal.

2Susah bernapas

susah-nafas

Seseorang yang menderita penyakit jantung mungkin menderita sesak napas karena berbagai alasan. Kondisi ini disebabkan oleh penebalan pembuluh darah dan kurangnya pasokan darah ke tubuh anda. Penyebab lain sesak napas termasuk cacat jantung, infeksi jantung, penebalan otot jantung, denyut jantung tak teratur dan penyakit jantung katup.

1Pembengkakan tangan atau kaki

pembengkakan-tubuh

Kaki bengkak, tangan atau pergelangan kaki ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan seperti penyakit jantung. Pembengkakan ini disebabkan oleh akumulasi cairan tubuh anda dan umumnya dialami dalam perut anda, pergelangan kaki dan kaki. Selain itu, pembengkakan yang disebabkan oleh penebalan otot jantung atau penyakit jantung katup.

Apakah anda mengalami salah satu atau beberapa dari gejala di atas? Segeralah tanggap dalam menghadapi gejala-gejala yang ganjal dan tidak biasa terjadi pada anda. Penyakit jantung bisa dihindari dengan pola hidup sehat dengan memakan makanan rendah kalori, berolahraga dan beristirahat cukup, serta cukup tertawa untuk menjaga keseimbangan suasana hati anda dan tidak mudah stress. Sayangi jantung anda. Jangan sepelekan gejala-gejala yang terlihat sederhana seperti pusing, mual, berkeringat dan lain sebagainya yang terjadi secara tiba-tiba dan tanpa alasan. Karena penyakit jantung dapat membahayakan kesehatan dan nyawa siapa saja, kapan saja. Salam hidup sehat.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini