10 Game PC RPG Terbaik Sepanjang Masa

Saat ini ada ratusan atau bahkan ribuan jenis seri game PC yang telah dipasarkan. Game-game ini tentu saja mengambil berbagai macam tema dan fitur-fitur yang berbeda-beda satu sama lain. Masing-masing game PC tersebut memiliki keunikannya sendiri dan tentunya memiliki segmen penggemar mereka sendiri. Apapun jenis game PC yang dibuat pada dasarnya game ini diciptakan memang untuk membuat kita terhibur. Akan tetapi diantara sekian banyak jenis game yang ada di pasaran terdapat 10 jenis game PC RPG yang bisa dikategorikan sebagai yang terbaik sepanjang masa, dengan penilaian dititikberatkan pada storyline dan gaya permainannya. Jadi, bila anda penggemar game atau mungkin sedang mencari game PC RPG terbaik untuk dimainkan, mungkin artikel ini cukup bermanfaat bagi anda.

10Neverwinter Nights (Atari, BioWare)

10 Game PC RPG Terbaik Neverwinter Nights

Neverwinter Nights yang juga termasuk kasta massive multiplayer RPG ini menceritakan tentang pertarungan ksatria dan naga. Game ini memiliki empat bab lanjutan dan beberapa alur cerita untuk dijelajahi. Anda bisa mengunakan toolset untuk memilih karakter yang anda ingini dan bisa menikmati game ini sesuai alur cerita yang anda inginkan. Menjalankan pertempuran pada game ini tergolong cukup mudah. GameSpot bahkan menyebut game ini sebagai “salah satu yang terlangka yang memberikan banyak tantangan virtual bagi semua orang”. GamePro bahkan sangat terkesan dengan game Neverwinter Nights dari sisi grafik dan memberi nilai “bagus”.

9Star Wars: Knight of Old Republic (LucasArt, BioWare)

10 Game PC RPG Terbaik Star Wars Knight of Old Republic

Game PC yang dibuat berdasarkan franchise Star Wars ini mengantongi beberapa jenis penghargaan seperti “Game Developers Choice Awards” dan juga “Interactive Achievement Awards”. Anda dapat berperang dengan menggunakan karakter Jedi atau karakter game lainnya yang anda suka. Anda bahkan bisa berkomunikasi dengan karakter lainnya dalam game tersebut dan tentu saja anda dapat mengendalikan situasi sesuai dengan kemampuan dan keputusan anda.

8Mass Effect 2 (Electronic Arts)

10 Game PC RPG Terbaik Mass Effect 2

Mass Effect 2 adalah merupakan kelanjutan dari seri Mass Effect sebelumnya yang mana, judul ini telah dikenal baik oleh jagad gamer seluruh dunia. Seri pertama game ini berhasil meraih sukses besar dan terjual sekitar 3 juta kopi hanya dalam waktu satu bulan setelah pertama kali dirilis.

Game Mass Effect 2 merupakan jenis game science fiction dengan tokoh protagonis seorang komandan bernama Shepherd. Anda akan terbawa pada suasana kehidupan antar galaksi yang sangat futuristik. Game ini memiliki 6 buah jenis karakter yang berbeda-beda. Anda akan mendapatkan tambahan point apabila anda dapat menyelesaikan tugas bersama-sama dengan dua orang tentara kecil anda. Tidaklah mudah untuk mengalahkan musuh-musuh yang bertebaran, karena mereka dilindungi oleh perisasi dan kostum kebal. Game ini memiliki alur cerita yang seru dengan tampilan grafis yang luar biasa untuk memanjakan mata anda.

7FallOut III (Bethesda, Black Isle Studio)

10 Game PC RPG Terbaik Fallout 3

FallOut III, game besutan perusahaan jago pembuat game open-world RPG, Bethesda, ini cukup melejit dengan tingkat penjualan sebanyak 4,7 juta kopi dalam waktu yang relatif singkat. Sekuel dari franchise FallOut ini memiliki cerita yang baru dan berbeda. Dalam seri terbarunya, game ini menceritakan tentang peperangan yang terjadi di masa depan, yang melibatkan bom, tank, dan senjata berat lainnya, dengan ber-setting tempat di Amerika Serikat.

Game ini bermula dengan dimainkannya karakter yang anda pilih dan cerita berlanjut tentang pencarian terhadap ayah sang karakter. Anda dapat menangani setiap situasi dengan cara yange berbeda-beda. Anda dapat berinteraksi dengan para penduduk yang berbeda-beda dan memberikan mereka perintah. Pertarungan pada game ini berubah sesuai dengan sistem dan opsi yang anda pilih. Anda bisa mengembangkan karakter yang anda mainkan berdasarkan atribut, keterampilan, cara beraksi dan lainnya. Ada terdapat 18 keterampilan yang berbeda-beda dan inilah yang membuat game ini lebih menarik. Anda tentunya akan merasa terhibur dengan game ini karena bisa saja anda akan mendapat pengalaman yang berbeda setiap kali anda memainkan game ini, semuanya tergantung pada pilihan yang anda buat

6Planescape: Torment (InterPlay, Black Isle Studio)

10 Game PC RPG Terbaik Planescape Torment

Seperti namanya, Planescape mengambil lokasi di planet atau dunia Planescape, sebuah dunia yang asing dan jauh berbeda dengan dunia yang kita kenal saat ini. Karakter pada game ini tidak memiliki nama (nameless one), tidak bisa mengingat masa lalunya, dan lebih serunya lagi, dia tidak bisa mati. Dalam game ini anda diajak untuk membantu sang John Doe untuk mencari petunjuk yang dapat mengungkapkan masa lalunya, pula alas an kenapa dirinya immortal. Seiring dalam perjalanannya, anda akan menemui  banyak character lain yang bisa diajak untuk bergabung dalam pasukan anda. Game ini cukup sukses dengan tingkat penjualan sebanyak 2 juta kopi.

5Dragon Age Origins (Electronic Arts, BioWare)

10 Game PC RPG Terbaik Dragon Age Origins

Dragon Age Origins adalah salah satu gamePG PC terfavorit gamer di seluruh penjuru dunia, dan juga salah satu jenis role playing game yang paling sukses di pasaran. Misi atau quest dalam game ini cukup menantang dan terkadang bahkan benar-benar mengajak pemain berpikir keras untuk mendapatkan solusinya.

Game ini mengambil setting di Ferelden dan anda dapat memilih untuk bermain sebagai manusia, kurcaci atau sebagai peri. Anda juga bisa memberikan perintah kepada empat anggota lainnya untuk membantu anda. Masing-masing karakter memiliki mantra dan senjatanya sendiri.

Bioware mendeskripsikan game ini sebagai “fantasi kepahlawanan yang serba misterius yang dibuat dalam dunia yang unik” game ini tergolong sukses karena mampu terjual sebanyak 3,2 juta kopi di seluruh dunia dan menerima beberapa penghargaan.

4Final Fantasy VII (Eidos Interactive, Square Enix)

10 Game PC RPG Terbaik Final Fantasy VII

Siapapun tentunya mengenal game PC ini karena game ini termasuk yang paling sukses di dunia dengan tingkat penjualan sebanyak 10 juta kopi. Itu merupakan angka yang sangat besar. Game Final Fantasy VII bercerita tentang seorang pemuda pedagang bernama Cloud yang bergabung dalam organisasi pemberontak yang disebut Avalanche untuk menghentikan usaha Shinra dan menyelamatkan dunia.

Game ini terdiri dari tiga area yaitu: peta lapangan (field map), peta dunia (world map) dan layar pertarungan. Pertarungan dilakukan dalam gaya turn-based battle dimana tim anda ada di satu sisi dan lawan tim anda ada di sisi lainnya, dan attack maupun defend dilakukan secara bergiliran. Setiap karakter memiliki sihir yang cukup kompleks, armor, pelindung dan aksesoris yang berbeda-beda pula. Setiap karakter memiliki waktu rehat yang terbatas dengan empat tingkatan kekuatan.

3Diablo II (2000) (Blizzard)

10 Game PC RPG Terbaik Diablo II

Seperti pendahulunya, Diablo II cukup sederhana untuk dimainkan dengan grafik 3D yang tentunya dengan banyak peningkatan disana-sini, suasana yang gelap, monster yang siap menghadang perjalanan anda, dan beberapa item imajinatif yang juga berbeda. Game ini bisa dimainkan sendiri ataupun bersama dengan orang banyak.

Game ini memiliki empat bab dan tiga tingkatan. Karakter yang paling brutal hanya memiliki satu nyawa. Game ini pertama kali dirilis pada 30 Juni 2000 dan hanya dalam waktu dua minggu terjual 1 juta kopi. Pada tanggal 29 Agustus 2000 Diablo II telah mencatat penjualan sebanyak 4 juta kopi di seluruh dunia dan memiliki bayak sekali penggemar. Bahkan hingga saat ini.

2The Elder Scrolls IV: Oblivion (2006) (2K Games, Bethesda)

10 Game PC RPG Terbaik The Elder Scrolls IV Oblivion

Game yang dikembangkan oleh Bethesda Studio ini memakai setting di Cyrodill, sebuah propinsi di benua Tamriel, dan memiliki banyak jalur cerita untuk ditelusuri. Anda dapat memilih karakter anda sendiri dan bebas untuk melakukan apa saja seperti mengunjungi kota-kota, masuk ke rumah orang lain dan merampok isinya saat si pemilik rumah tertidur, membeli rumah, mencuri kuda dan lain sebagainya. Ya, anda sedang memainkan sebuah game bergaya open-world!

Saat anda memiliki kekuatan dan kesehatan yang prima anda akan mendapatkan senjata, perisai dan mantra yang lebih kuat untuk membunuh monster. Anda juga dapat meningkatkan stamina kesehatan anda dengan racun ataupun mantra. Game ini memiliki sistem pertarungan yang baik. Game ini cukup besar dan sepertinya tidak pernah berakhir. Oblivion adalah salah satu game tersukses dan mendapat banyak penghargaan. Sebanyak 3 juta kopi Oblivion telah terjual sejak bulan Januari 2007.

1Chrono Trigger (Square Enix)

10 Game PC RPG Terbaik Chrono Trigger

Chrono trigger adalah game komersial yang sukses sekaligus game pc rpg terbaik sejak 1995. Game ini sudah terjual sebanyak 2,36 juta kopi di seluruh dunia. Walaupun dari segi tampilan grafis Chrono Trigger jauh ketinggalan dengan game-game baru keluaran tahun-tahun belakangan, namun game ini berada di tingkat tertinggi dalam daftar ini tak lain adalah karena naskah dan alur ceritanya yang luar biasa.

Game ini dirilis pertama kali di Jepang untuk Super Nintendo Entertainment pada tanggal 11 Maret 1995. Cerita dari game ini adalah tentang seorang laki-laki bernama Chrono dan sekelompok rekannya yang berpetualang untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran. Mereka memerangi kejahatan demi masa depan yang lebih baik. Salah satu fitur yang unik dari game ini adalah menggunakan konsep jelajah waktu(time traveling) yang unik. Pemain dapat menjelajahi tujuh jaman yang berbeda-beda, dan menyelesaikan berbagai quest yang tersedia di jaman-jaman tersebut.

Dengan semakin berkembangnya dunia game saat ini, terkadang kita harus lebih jeli dan cermat dalam memilih sebuah game untuk dimainkan. Dan kami harap dengan adanya list diatas bisa menjadi tambahan referensi bagi anda untuk menemukan game PC RPG yang sesuai dengan minat anda.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini