10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Di Dunia

Pernahkah anda melihat aurora, melihat cincin matahari, atau mengunjungi danau yang airnya berwarna merah muda? Semua fenomena alam tak lazim ini ada di dunia dan merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Fenomena alam yang menakjubkan mungkin tidak ada di sekitar anda dan tidak terlihat setiap hari, namun keberadaannya nyata. Berikut adalah 10 fenomena alam paling menakjubkan di dunia

10Osoyoos Lake, Si Danau Polkadot

10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Spotted Lake

Semua orang tahu biasanya sebuah danau airnya berwarna biru kehijau-hijauan. Tetapi kali ini, anda harus takjub dengan sebuah danau yang terletak di Osoyoos, Kanada. Danau yang disebut sebagai Spotted Lake ini memiliki luas kurang lebih 61 hektar. Sebenarnya air dari danau ini cukup berbahaya karena mengandung mineral-mineral dengan konsentrasi tinggi seperti kalsium, natrium, magnesium, perak, titanium, dan lainnya. Motif polkadot yang unik pada danau ini hanya bisa dilihat dari bulan Juli- September dan terlihat indah dari atas.  Saat itu danau akan menguap dan sebagian mineral mengkristal membentuk lingkaran-lingkaran besar. Air di tengah-tengah lingkaran-lingakaran itu berwarna-warni karena kandungan mineral di bawahnya.

9Lubang Biru Raksasa Misterius di Belize

10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Great Blue Hole Belize

Ada sebuah lubang besar berwarna biru tua di tengah-tengah lautan Belize yang berwarna biru muda. Lubang raksasa dengan bulat hampir sempurna ini luasnya 984 kaki dan dalamnya 407 kaki. Lubang tersebut dilingkari sebuah atol kecil Karang Lighthouse (Lighthouse Reef) pada permukaan air. Letak lubang ini berada pada 70 km dari daratan Kota Belize. Fenomena menakjubkan ini menjadi incaran banyak wisatawan untuk berkunjung. Sebenarnya lubang biru misterius ini terbentuk karena fenomena Glasiasi Kuarter ratusan ribu tahun yang lalu. Fenomena ini menyebabkan ada permukaan air laut yang lebih rendah dan yang lebih tinggi, sehingga gua bulat jauh di bawah laut terbayang-bayang.

8Misteri Batu Berjalan Sendiri di Racetrack Playa

10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Racetrack Playa

Racetrack Playa adalah sebuah danau yang sangat kering terletak di Death Valey, California. Letaknya 1130m di atas permukaan laut dan luasnya 4,5 km dengan lebar 2km. iklim di daerah ini sangat kering dan hujan turun hanya beberapa kali dalam setahun. Ketika hujan, daerah ini langsung menjadi danau yang dangkal, dan tidak berapa lama danau itu menjadi lumpur dan kering kembali. Itulah mengapa Racetrack Playa penuh dengan retakan-retakan tanah. Nah, yang menjadi kan turis suka dating ke daerah super tandus ini adalah batu-batu besar seberat 45kg berjalan-jalan sendiri. Banyak jejak batu yang terdapat di dataran Playa. Sampai saat ini fenomena ini masih menjadi bahan studi bagi para peneliti. Ada yang bilang batu bisa bergerak karena angin, karena tinggi dataran tidak sama, atau karena ada lapisan es. Yang mana yang benar, yah?

7Kolam Sampanye di Selandia Baru

10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Wai-O-Tapu

Jangan pernah berharap untuk benar-benar mandi atau berendam di Champagne Pool yang berada di kawasan Wai-O-Tapu, Selandia Baru, ya. Kolam yang terbentuk karena fenomena alam ini memiliki suhu permukaan 74 derajat Celcius. Warna pinggiran kolam yang berwarna oranye memang mirip dengan sampanye. Dilihat dari atas, Kolam Sampanye memang sangat indah dan mirip minuman kelas atas itu karena banyak gelembung CO2 dari dalam air. Kolam berdiameter 65 meter ini terbentuk seribu tahun yang lalu karena letusan hidrotermal dan mengandung banyak mineral alam, antara lain arsenik, belerang, merkuri, perak, dan emas.

6Morning Glory Rainbow Pool, Taman Nasional Yellowstone

10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Morning Glory Rainbow Pool Yellowstone

Di salah satu taman nasional paling tua di dunia, Yellowstone, terdapat sebuah kolam thermal (air panas) yang sangat indah. Sebutan untuk kolam air panas ini bermacam-macam, yaitu kolam seribu wajah, kolam pelangi, kolam emerald, celestial, sapphire, dan lainnya. Wajar saja karena kolam ini memiliki pinggiran kolam berwarna-warni seperti biru, hijau, kuning, oranye, dan coklat. Kolam terbentuk karena letusan gunung merapi dan kemudian membentuk kolam air panas. Warna-warni yang ada disebabkan oleh bermacam-macam bakteri-bakteri yang masuk ke kolam dan mempengaruhi warna air.

5Danau Merah Muda di Australia

10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Pink lake hillier Australia

Pink Lake yang terletak di Hilier, Australia Barat ini benar-benar berwarna merah muda. Jika dilihat dari atas, akan terlihat seperti susu atau jus strawberry yang sengaja dituangkan di sebuah piring hijau, karena di sekeliling danau terdapat hutan hijau yang lebat. Danau merah muda tidaklah besar karena luasnya hanya 600 meter. Warna pink nya berasal dari organisme ganggang yang hidup di danau yaitu Dunaliella salina dan Halobacteria yang berwarna merah. Ketika air dimasukkan ke dalam wadah, warna pink nya tetap menyertai.

4Pulau Socotra, Pulaunya Setan dan Alien

10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Socotra Island

Socotra Island adalah pulau kecil yang terletak di timur Afrika dan selatan Semenanjung Arab. Pulau ini termasuk dalam Negara Yaman. Bahkan penduduk Yaman pun merasa asing dengan pulau ini. Pulau unik ini mendapat julukan menyeramkan karena terdapat beberapa fauna dan flora spesial yang tidak ditemukan di belahan bumi manapun. Pulau Socotra seolah ada dengan segala orisinalitas nya sejak jutaan tahun yang lalu tanpa terusik gesekan/gerakan geologi seperti daerah lain. Salah satu flora unik yang diperkirakan sudah punah dan tidak ada dimanapun juga adalah Dragon’s Blood Tree atau Dracena cinnibaris.

3Fenomena Batuan Hexagonal Kolumnar Basalt

10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Columnar basalt

Columnar basalt sejatinya adalah formasi batuan yang terbentuk karena pendinginan cepat aliran lava. Sebenarnya, bentuk batuan terbentuk secara acak seperti terbentuknya gelembung sabun atau sel organic. Namun rata-rata penampakan yang terlihat adalah batuan besar panjang dengan enam sisi. Walaupun menarik dan misterius karena terbentuk alami batuan kolumnar basalt terdapat dimana-mana, terutama di pinggir pantai. Columnar Basalt terdapat di Armenia (Garni Gorge), Skotlandia (Fingal’s Cave), Jeju Island (Jusangjeoli), Wyoming, USA (Devil’s Tower), California (Devil’s Postpile), Eslandia (Skatafell National Park), Irlandia, Turki, dll.

2Tornado Raksasa Supercells

10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Supercell

Supercells disebut-sebut sebagai rajanya tornado. Tornado raksasa ini terlihat seperti payung putih raksasa yang indah di foto-foto, namun kekuatan badai super ini sangat menakutkan. Tornado jenis ini sangat mengerikan, berputar cepat, disertai petir, dan bisa mengangkat apa saja ke atas dan setelah usai menjatuhkan batuan ke bawah seperti hujan batu. Raja badai Supercells akan berputar kencang dan membentuk tornado yang besar setinggi 50.000-60.000 kaki (pesawat jet terbang hanya sampai 40.000 kaki di atas tanah). Parahnya, Supercells dapat bertahan berjam-jam lamanya.  Untungnya, Supercells hanya ada di kawasan Amerika dan terjadi sangat jarang di musim semi.

1Tornado Air Waterspouts

10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Waterspouts

Jika supercells adalah raja tornado, maka Waterspouts adalah tornado di atas air. Fenomena alam ini membentuk pusaran angin dan air yang membumbung tinggi sampai ke langit. Badai tinggi ini terbentuk di atas air dan berbahaya karena kecepatannya seperti mobil sport, bisa mencapai 305 km/jam. Waterspouts sangat umum terdapat di Florida Keys. Namun, beberapa orang mengatakan pusaran air ini sebagai salah satu penyebab banyak pesawat atau kapal hilang di Segitiga Bermuda.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini