10 Fakta Unik Tentang Mimpi

Tahukah anda bahwa sepertiga dari hidup setiap manusia dihabiskan untuk tidur? Saat kita tidur, biasanya kita akan mengalami mimpi. Mimpi bagi sebagian besar orang adalah bunga tidur. Namun sebenarnya, mimpi adalah sebuah pengalaman alam bawah sadar yang melibatkan beberapa indera seperti pikiran, perasaan, pendengaran, dan penglihatan saat tidur. Berbagai Penelitian telah dikembangkan demi mengetahui lebih lanjut mengenai mimpi dan menuntun manusia pada beberapa fakta unik tentang mimpi yang sangat menarik untuk diketahui. Dan berikut adalah 10 fakta unik tentang mimpi versi Top 10 Magz yang bisa mengejutkan anda.

10Simbol-Simbol dalam Mimpi Yang Misterius

10 Fakta Unik Tentang Mimpi Simbol Misterius

Saat harapan di dunia nyata tidak akan pernah kesampaian, mimpi akan membuatnya menjadi nyata. Itulah mengapa ada istilah “hanya dalam mimpi”. Gambar-gambar yang ada dalam bunga tidur kita sering berupa simbol-simbol, misalnya: digigit ular, terbang di angkasa, binatang2 aneh, dll. Mimpi memiliki bahasa yang sangat simbolis seperti sebuah puisi. Ini karena alam bawah sadar anda selalu berusaha membandingkan harapan, pertanda, dan hasrat anda dengan sesuatu yang lain yang mirip di saat kita tertidur dan bermimpi. Jika istri anda sedang hamil dan anda bermimpi tentang sekuntum bunga keluar dari tubuh istri anda, mungkin anda selalu berharap memiliki bayi perempuan yang cantik. Tentunya anda tidak pernah akan mengartikan di tubuh manusia bisa tumbuh tanaman bunga, khan? Oleh karena banyak simbol misterius dalam mimpi banyak orang penasaran dan menanyakan arti simbol tersebut kepada peramal atau mencari artinya di kamus mimpi.

9Semua Orang Bermimpi, Bahkan Juga Orang Buta

10 Fakta Unik Tentang Mimpi Orang Buta

Tidak ada orang yang tidak pernah bermimipi saat tidur. Bahkan orang tuna netra pun sering mengalaminya. Orang yang buta karena kecelakaan akan memimpikan beberapa gambaran yang pernah ia lihat saat masih memiliki penglihatan normal. Orang yang buta sejak lahir juga bermimpi tetapi dengan gambar yang lebih abstrak. Balita mulai memiliki pengalaman mimpi ketika berumur 3 tahun. Tahukah kamu, bahkan anjing pun sering bermimpi dalam tidurnya.

8Kita Dapat Mimpi Yang Sama Persis Berulang-ulang Kali

10 Fakta Unik Tentang Mimpi : Mimpi Berulang

Beberapa orang sering mengalami mimpi yang sama berulang-ulang dalam beberapa malam. Sayangnya, mimpi tersebut seringkali cukup menakutkan atau emosional, bukan mimpi yang menyenangkan. Mimpi seperti ini disebabkan oleh tidak stabilnya emosi, stress, kekhawatiran dan pikiran batin yang datang dari alam bawah sadar kita. Dan anda belum dapat mengartikan pesannya sehingga anda was-was. Jika anda terus bermimpi yang sama, mungkin alam bawah sadar anda ingin mengatakan sesuatu. Mungkin itu merupakan ketakutan terdalam yang anda tidak mau akui dalam kenyataan hidup anda. Mengatasi permasalahan hidup, curhat kepada teman dan keluarga, atau berkonsultasi dengan ahlinya dapat mengatasi masalah ini. Biasanya, ketika orang mendapatkan solusi untuk masalahnya atau mengatasi rasa takut akan hal tertentu, mimpi berulang akan berganti dengan sendirinya.

7Kita Melupakan 90% Dari Keseluruhan Mimpi Saat Bangun Pagi

10 Fakta Unik Tentang Mimpi Lupa Keseluruhan Mimpi

Sebuah studi mengatakan bahwa orang dewasa bermimpi 4 sampai 6 mimpi dalam semalam. Dalam setahun (365 hari), orang dapat bermimpi sebanyak 1.460 – 2.190 buah mimpi, baik yang berbeda tema, atau yang berulang-ulang. Satu mimpi dapat berkisar 5 menit- setengah jam. Mungkin anda berpikir, “Darimana hal ini diketahui, saya tidak ingat pernah bermimpi sebanyak itu dalam semalam dan saya tidak pernah bisa menghitung”. Seorang peneliti mimpi populer, J. Allan Hobson, mengatakan dalam studinya bahwa manusia dapat melupakan 90% mimpinya ketika bangun pagi. Ini disebabkan karena otak kita mengalami perubahan fungsi ketika tidur dan bangun. Seringnya, otak kita langsung menyaring (scan) memori ingatan saat terjaga dari tidur. Fungsi otak segera bersiap untuk aktifitas rutin manusia setelah bangun pagi, sehingga otomatis tidak menyimpan seluruh kenangan mimpi ke dalam memori. Akibatnya, anda lupa dengan sebagian besar bunga tidur anda.

6Menyambung Mimpi Indah

10 Fakta Unik Tentang Mimpi Menyambung Mimpi Indah

Pernahkah anda mimpi bertemu bidadari cantik, pangeran tampan atau menang lotre undian, lalu tiba-tiba terbangun? Tentu saja dengan senang hati kita akan rela tidur kembali untuk menyambungnya. Tetapi tunggu dulu, jangan bergerak dari posisi awal ketika tidur untuk kembali di adegan indah tersebut. Coba untuk lebih fokus dengan mengingat adegan sebelum anda terbangun dan anda bisa melanjutkannya. Mimpi yang baik  sering membentuk mood kerja yang baik di pagi hari.

5Wanita Cenderung Lebih Sering Bermimpi Buruk Dari Pria

10 Fakta Unik Tentang Mimpi Wanita Bermimpi Buruk

Sebuah studi yang dilakukan oleh psikiater di Inggris menyatakan bahwa wanita cenderung mengalami hal-hal buruk dalam mimpi lebih banyak dari kaum pria. Hal ini dikarenakan wanita cenderung untuk menggunakan emosi dalam menilai sesuatu hal dan alam bawah sadarnya menyimpan ini. Saat bermimpi buruk, wanita akan mengalami adegan-adegan buruk yang lebih emosional dari pria. Kadang-kadang mereka bisa menangis tersedu-sedu dan berteriak dengan mata terpejam dan ketika bangun, bantal tidur sudah basah penuh air mata.

4Pria dan Wanita Memiliki Intensitas Mimpi Mesra yang Sama

10 Fakta Unik Tentang Mimpi Intensitas Mimpi Mesra

Opini publik sering menganggap bahwa kaum Adam lebih sering memimpikan adegan mesra dalam tidurnya. Faktanya, sebuah studi yang dilakukan di Universitas Montreal membuktikan pria dan wanita memiliki prosentase jumlah mimpi dengan tema adegan ranjang yang sama selama hidupnya. Wanita memimpikan adegan mesra yang diinginkan dengan pria pujaannya dan juga sebaliknya. Jika wanita atau pria sedang mengalami masalah dengan hubungan percintaannya, masing-masing juga bisa dengan mudah memimpikan perselingkuhan dalam tidurnya. Tidak ada hukum yang mengikat dalam adegan bunga tidur. Anda dapat bermimpi mencium kekasih sahabat anda, menikah dengan artis terkenal, atau selingkuh dengan tetangga di depan rumah anda.

3Inspirasi dari Mimpi

10 Fakta Unik Tentang Mimpi Inspirasi Dari Mimpi

Ternyata ungkapan sukses lawas yang mengatakan “sukses berawal dari mimpi” bukanlah sebuah kalimat klise. Banyak orang sukses berhasil mewujudkan mimpinya dan berangkat dari keterpurukan karena mimpi. Seorang pria yang merupakan penemu mesin jahit, Elias Howe, mendapatkan ‘wangsit’ ketika bermimpi buruk dikejar-kejar oleh pemangsa manusia. Monster itu membawa jarum sebagai senjatanya dan sejak saat itu ia terinspirasi membuat mesin jahit. Tercatat pula Alexander Graham Bell dan Isaac Newton yang merupakan tokoh penemu terkenal dunia, mendapatkan ide menciptakan sesuatu dari bunga tidur. Setiap manusia pasti pernah bermimpi tentang hal-hal positif yang membangun. Tidak ada salahnya untuk diwujudkan, kan?

2Tidak Ada Orang Asing Dalam Mimpi

10 Fakta Unik Tentang Mimpi Orang Asing Dalam Mimpi

Tahukah anda, walaupun anda bermimpi berada di sebuah pasar dengan berbagai macam orang dengan wajah samar-samar, sesungguhnya anda mengenal mereka semua. Manusia tidak pernah bermimpi tentang orang yang tidak pernah mereka kenal sebelumnya. Memang hal ini cukup mengecewakan bagi anda yang berharap bertemu seseorang spesial yang benar-benar asing. Walaupun tema mimpi anda adalah pesawat luar angkasa, bisa jadi yang berperan dalam adegan-adegannya dan menjadi pemerannya adalah ibu anda, kasir anda, bos, pacar, adik, sahabat, atau pedagang roti favorit anda. Intinya, pemain-pemain dalam bunga tidur anda setidaknya sering anda lihat dan pernah bercakap-cakap dengan sang pemilik mimpi.

1Fenomena “Tindihan” Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

10 Fakta Unik Tentang Mimpi Tindihan

Dalam budaya Jawa, atau budaya Indonesia pada umumnya kita sering mendengar tentang “Tindihan”/ ditindih mahluk halus ketika terjaga dari tidur. Dalam kondisi seperti ini, orang tidak dapat bergerak seperti ditindih sesuatu, walaupun mata terbuka lebar. Anda merasa sulit bernafas, tubuh sangat berat, dan suara tidak dapat keluar. Wajar jika anda takut dan menciptakan halusinasi yang mengerikan seperti ditindih setan. Sebenarnya “Tindihan” tidak terjadi di Indonesia saja.

Orang jaman dulu berasumsi seperti ini karena belum mengetahui faktanya. Sebenarnya ketika tidur dan bermimpi, tubuh secara otomatis mengeluarkan hormon yang membuat badan rileks dan lumpuh (lemah tak berdaya). Kemudian, alam bawah sadar akan mulai untuk menciptakan ilustrasi dan simbol-simbol mimpi untuk anda. Saat itu, otak akan melumpuhkan otot tubuh dengan sukarela untuk mencegah anda bangun dan bertindak keluar dari mimpi saat tidur. Ketika otot tubuh tidak dapat dilumpuhkan dengan sempurna, terjadilah “Sleep Walking” atau “Tidur Sambil Berjalan” yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Jika anda mengalami fenomena ini setelah bangun dari mimpi, cobalah untuk pejamkan mata kembali sejenak, fokuskan pikiran, dan berusaha bernafas normal dengan tenang. Kondisi “sleep paralysis” hanya tahan beberapa menit saja. Tahukah anda orang yang suka mengkonsumsi obat tidur cenderung mengalami fenomena ini lebih sering?

Berbahagialah orang yang masih bisa bermimpi karena itu menandakan kita masih hidup dan masih memiliki hasrat. Sigmund Freud pernah mengatakan bahwa mimpi sebenarnya adalah manifestasi dari harapan dan hasrat terpendam kita yang belum dapat menjadi kenyatan. Kadang-kadang mimpi dapat menjadi sebuah pertanda akan terjadinya sesuatu. Tetapi tidak semua mimpi punya arti dan tidak seharusnya kita menghubungkan simbol-simbolnya dengan ranah mistis dan gaib. Setiap orang pernah memiliki pengalaman mimpi yang spesial dan unik. Bagaimana dengan kamu?

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini