10 Fakta Menarik Tentang Otak Manusia

Otak manusia adalah organ tubuh paling menakjubkan yang pernah ada. Dari sebuah organ yang berukuran kurang lebih 1,3 kg ini, manusia dapat berimajinasi tentang cara pergi ke bulan dan menciptakan roket. Dari organ yang 75%-nya adalah air ini tercipta milayaran lagu-lagu indah dan cara pengobatan penyakit paling mutakhir. Otak manusia dan pikiran adalah sebuah misteri terbesar dunia. Selain itu masih banyak fakta menarik lain tentang otak yang anda mungkin ingin anda ketahui dan berikut adalah 10 fakta menarik tentang otak manusia versi Top 10 Magz.

10Otak Terbesar Makhluk Hidup di Dunia Adalah Otak Manusia

Fakta Menarik Otak Manusia : Terbesar diantara Makhluk Hidup Lainnya

Di dunia terdapat berbagai macam makhluk hidup dengan berbagai variasi ukuran. Kita mengetahui adanya beberapa hewan terbesar di dunia seperti gajah dan ikan paus. Tetapi, tahukah pemilik otak yang paling besar adalah manusia, walaupun manusia bukan merupakan ciptaan yang paling besar. Otak manusia memiliki berat rata-rata 1,361 kg.  Sewaktu masih bayi, seorang manusia memiliki berat 350-400 gram saja dan beratnya akan terus bertambah menjadi kurang lebih 1,3kg sampai berumur 18 tahun. Otak yang beratnya hanya sekiloan ini presentasenya hanya sekitar 2% dari total berat badan manusia. Namun walaupun presentasenya kecil, energi yang dipakai langsung oleh otak adalah 20% dari seluruh energi yang dibutuhkan manusia. Hal menarik yang perlu anda ketahui besar-kecilnya otak tidak ada hubungannya dengan kecerdasan. Salah satu ilmuwan jenius yang pernah dimiliki dunia yaitu Albert Einstein memiliki massa otak sekitar 1,230 kg saja dibawah berat rata-rata otak manusia umumnya.

9Air adalah Komposisi Terbesar Pembentuk Otak

Fakta Menarik Otak Manusia : Komposisi Terbesar Pembentuk Otak Adalah Air

Seperti layaknya 2/3 bagian dari bumi adalah perairan, otak juga terdiri dari 75-80% cairan. Otak pada umumnya berbentuk seperti jelly yang licin. Jaringan-jaringan otak terhubung dengan banyak jaringan darah dan memiliki kadar air yang tinggi. Jika otak kehilangan cairan, maka jaringannya akan mengalami dehidrasi. Saat ini otak akan mengirim pesan ke organ pencernaan, dan dari sinilah anda akan mendapat pesan rasa “Haus”.

8Organ Otak Tak Dapat Merasakan Rasa Sakit

Fakta Menarik Otak Manusia : Tidak dapat merasakan sakit

Mungkin anda sedikit bingung dengan fakta yang satu ini. Otak adalah tempat pusat rasa sakit di badan manusia. Ketika jari anda tergores atau kulit anda terbakar, secara otomatis syaraf perasa sakit di bawah jaringan kulit akan mengirim pesan ke otak dan dari situlah anda akan merasa “Sakit” atau “Panas”. Walaupun otak merupakan pusat rasa sakit namun organ otak tidak memiliki reseptor rasa sakit seperti organ yang lain. Organ otak sendiri juga tak mampu mendeteksi suhu, tekanan, atau kerusakan jaringan di dalamnya. Sakit kepala yang biasa dirasakan manusia sebenarnya bukan terjadi di jaringan organ otak. Sakit kepala terjadi di lapisan selaput otak luar yang disebut durameter yang memiliki banyak reseptor rasa sakit.

7Otak Menjadi Lebih Aktif Justru Saat Kita Tidur

Fakta Menarik Otak Manusia : Lebih Aktif saat kita tidur

Mungkin anda berpikir bahwa otak anda aktif dengan maksimal di saat jam kerja. Karena saat anda berkerja otak anda menghitung, mengalisa, membuat konsep dan membantu semua aktifitas anda. Kenyataannya, otak lebih aktif berkerja saat malam hari, tepatnya saat anda tertidur. Ketika anda mematikan fungsi organ anda yang lain pada saat tidur atau dalam kondisi REM (Rapid Eye Movement), fungsi otak akan lebih hidup dan aktif dengan sendirinya. Oleh karena proses ini, orang bisa mengalami mimpi yang luar biasa absurd, aneh, kreatif, berwarna-warni, dan ajaib saat tidur yang mana tak mungkin terbayangkan saat manusia terjaga.

6Jumlah Sel Neuron di Otak = Jumlah Bintang di Galaksi

Fakta Menarik Otak Manusia : Sel Neuron di Otak sama dengan Jumlah Bintang di Galaksi

Otak manusia yang indah itu berkembang sepanjang manusia masih bernafas. Jaringan yang terdapat dalam organ otak lebih banyak dari organ-organ lain dalam tubuh manusia. Di dalam otak juga terdapat 100.000.000.000 (100 Miliar) sel neuron. Jumlah ini kurang lebih hampir sama dengan jumlah seluruh bintang yang ada di Galaksi. Luar biasa bukan ciptaan Tuhan yang satu ini? Otak kiri manusia yang melakukan banyak perhitungan memiliki 186 juta sel neuron lebih banyak dari otak kanan.

5Memori Kecepatan Komputer Tercanggih Tak Dapat Kalahkan Kecepatan Otak

Fakta Menarik Otak Manusia : Lebih Cepat dari Komputer tercanggih sekalipun

Ketika jari kita tak sengaja teriris pisau, dalam sepersekian detik kita akan merasakan rasa sakit dan berkata “Aduh”! Ini hal yang refleks dan otomatis. Pernahkah anda membayangkan proses berjalannya pesan dari jaringan kulit ke otak anda sampai anda mengeluarkan suara “aduh”? Anda tidak perlu membayangkannya karena memang cukup sulit. Kenyataaanya impuls saraf dari otak dapat sampai ke seluruh jaringan tubuh secepat 170 mil/jam. Lebih cepat dari kecepatan mobil sport terbaru, lebih cepat dari memori computer canggih anda. Neuron yang berbeda akan menyampaikan informasi dengan kecepatan berbeda. Konsumsi alkohol dan narkoba akan memperlambat kerja impuls neuron. Oleh karena itu saat mabuk, orang bisa terlihat sangat bodoh, tak bisa mengendalikan diri, dan melakukan hal-hal yang tidak cerdas.

4HardDisk Kapasitas Terbesar di Dunia ada Dalam Otak Anda

Fakta Menarik Otak Manusia : Kapasitas Penyimpanan Terbesar Di Dunia

Para ilmuwan sulit untuk meneliti jumlah informasi pasti yang dapat disimpan dalam harddisk hidup manusia ini. Perpustakaan Arsip Nasional Inggris membutuhkan 70 Terabyte (1 TB = 1000 GigaByte) untuk menyimpan 900 tahun sejarah Britania Raya. Sel otak manusia telah diteliti mampu untuk menyimpan 5x lipat dari jumlah tersebut, yang mana setara dengan ribuan keeping DVD-R atau ratusan keeping Blu-Ray. Namun tidak semua manusia memiliki kapasitas  Hard Drive raksasa untuk mengingat informasi sebanyak itu.

3Semakin Tinggi IQ, Semakin Banyak Bermimpi

Fakta Menarik Otak Manusia : Semakin Tinggi IQ Semakin sering bermimpi

Orang yang sangat pintar atau ber-IQ tinggi akan mengalami mimpi lebih banyak dari orang pada umumnya. Saat orang-orang jenius tidur, otak mereka lebih aktif dan lebih kreatif lagi menciptakan mimpi-mimpi. Oleh karena itu kadang banyak orang jenius dianggap gila, tak masuk akal, dan terlalu banyak bermimpi bagi orang awam. Tetapi sejarah membuktikan, karena ada mimpi-mimpi dari orang jenius lah maka tercipta pesawat terbang, roket antariksa, dan lampu.

2Ketika Manusia Mati, Otak Masih Dapat Hidup Selama 5 Menit

Fakta Menarik Otak Manusia : Masih berfungsi meskipun kita telah mati

Otak manusia mampu bertahan tanpa oksigen kurang lebih antara 4-6 menit. Beberapa orang mampu bertahan lebih dari itu, misalnya para penyelam-penyelam tradisional yang dapat menyelam tanpa O2 selama 7 menit dengan latihan. Ketika manusia mati, otak masih dapat bertahan hidup kurang lebih selama 5 menit tanpa asupan oksigen, kemudian sel-sel otak perlahan-lahan akan mati.

1Otak Rasional Mars dan Otak Emosional Venus

Fakta Menarik Otak Manusia : Perbedaan antara Pria dan Wanita

Otak terbagi menjadi dua sisi, Kiri dan kanan. Yang kanan berfungsi sebagai pusat analisa logika, dan yang kanan sebagai pusat kreativitas dan visual. Para pria atau kaum Mars cenderung memakai otak kiri yang rasional dan matematis. Sedangkan wanita atau kaum Venus memiliki kecenderungan untuk memakai otak kanan yang lebih emosional dalam memproses informasi yang diterimanya. Begitu luar biasa fakta-fakta yang terdapat di dalam otak. Sampai saat ini banyak peneliti dunia yang masih meneliti dan terkagum-kagum akan keajaiban-keajaiban baru dari otak manusia.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini