10 Cara Menghilangkan Kantung dan Lingkar Hitam Pada Mata

Kantung mata atau mata panda adalah lingkaran gelap di sekitar mata yang terjadi akibat kurang tidur, stress atau beberapa alasan lainnya yang membuat kulit terlihat kusam, lelah dan menyebabkan kulit menjadi tipis. Hal ini memang sangat mengganggu penampilan dan menganggu percaya diri khususnya bagi wanita. Banyak yang rela menghabiskan banyak uang untuk membeli kosmetik penghilang kantung mata hingga melakukan operasi namun tak banyak yang berhasil justru membahayakan kesehatan mereka. Bagi anda yang juga bermasalah dengan mata panda, top10magz telah merangkum 10 Cara Menghilangkan Kantung dan Lingkar Hitam Pada Mata Secara Alami. Dijamin aman, hemat dan sehat tanpa efek samping.

10Concealer

concealer

Meskipun cara yang satu ini bukan termasuk pengobatan dan terbilang instan, namun menggunakan concealer dapat membantu anda menyamarkan lingkar hitam mata anda dan membuat penampilan anda lebih sempurna. Bagi banyak wanita, menggunakan concealer dalam rangkaian make up sehari-hari bukanlah hal baru. Hal ini terbilang sangat membantu dalam menyembunyikan lingkar hitam pada mata secara cepat dan menunjang penampilan. Caranya, oleskan concealer yang senada dengan warna kulit wajah anda setelah menggunakan pelembab wajah, satu langkah sebelum anda menggunakan make up. Concealer juga mengandung zat yang mampu membantu mencerahkan kulit di sekitar mata.

9Krim Mata

krim-mata

Industri kosmetik menawarkan banyak krim, lotion dan serum untuk perawatan mata. Bagi yang tidak memiliki waktu untuk membuat maker alami, bisa menggunakan krim untuk mengatasi lingkar hitam dan kantung mata. Penyebab kantung mata sangat beragam, dan krim-krim juga tersedia untuk mengatasi penyebab awalnya. Pilih krim dengan ekstrak kolagen, retinol dan vitamin C karena sangat efisien dalam menutrisi kulit. Oleskan krim yang mengandung kolagen pada daerah lingkar hitam mata. Retinol dan vitamin C mampu mempercepat regenerasi dan mencerahkan serta mengencangkan kulit.

8Irisan Mentimun

irisan-timun

Sudah bukan hal baru lagi untuk menggunakan irisan buah mentimun dalam upaya menghilangkan kantung mata. Hal ini memang wajar saja, karena mentimun memang sangat baik untuk menghilankan lingkar gelap di area mata karena bisa berfungsi sebagai astrigen yang dapat melancarkan peredaran darah. Caranya juga sangat mudah, cukup iris tipis mentimun dan tempelkan pada mata sambil terpejam selama setidaknya 15-30 menit tiap malam sebelum tidur. Jangan lupa untuk menaruh mentimun ke dalam kulkas sebelum dipakai. Bisa juga dengan menjadikannya jus. Caranya, haluskan mentimun dan biarkan di dalam kulkas beberapa saat lalu oleskan ke area bawah mata sekitar 10-15 menit. Cara ini sangat efektif untuk meredakan bengkak dan menhilangkan lingkar mata.

7Teh Celup Bekas

teh-hijau-celup-bekas

Bagi anda yang sering menggunakan teh celup dalam tiap teh yang anda konsumsi, jangan buang dulu teh celup yang sudah digunakan. Entah teh hitam atahu teh hijau, keduanya sama-sama memiliki khasiat untuk menghilangkan lingkar hitam mata. Teh hitam mengandung zat tannin yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit. Dengan begitu, pembuluh darah akan lancar sehingga mengurangi pembengkakan di sekitar mata. Selain itu, teh hijau juga tak kalah hebat. Teh hijau kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Sifat basa dari teh kantong beks yang dipakai sehari sebelumnya dapat digunakan sebagai kompres lingkar mata yang gelap. Siapkan dua teh celup bekas yang sebelumnya telah didinginkan di dalam kulkas lalu rendam ke dalam air. Letakkan pada mata dan biarkan sekitar 15-30 menit lalu cuci dengan air bersih.

6Irisan Kentang

irisan-kentang

Meski tak sepopuler irisan mentimun dalam mengatasi mata panda, bukan berarti irisan kentang tak sehebat irisan mentimun.  Kentang mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang mampu mengatasi kulit yang memerah dan baik untuk meringankan peradangan atau inflamasi. Iris tipis kentang mentah yang telah didinginkan dalam kulkas sebelumnya lalu taruh di bawah mata sekitar 10-15 menit. Lakukan secara berkala untuk menghilangkan mata panda anda.

5Irisan atau parutan bengkuang

irisan-bengkuang

Bengkuang dikenal sangat kaya akan vitamin C dan vitamin B1. Kandungan air yang dimiliki bengkuang juga mampu menyegarkan kulit. Tak heran jika banyak produk kecantikan seperti lulur dan scrub yang menggunakan bengkuang diproduksi untuk memutihkan dan membuat kulit terasa segar. Ternyata bengkuang juga bisa untuk mengatasi kantung mata dan lingkar hitam pada mata. Tempelkan langsung irisan atau parutan bengkuang pada lingkar mata atau gunakan sebagai masker wajah, diamkan selama 10-15 menit.

4Eye Massage

pijat-mata

Eye massage atau pijat mata terdiri dari berbagai jenis dan salah satunya adalah untuk kesehatan dan penglihatan mata. Sama seperti semua jenis pemijatan, yang satu ini juga bertujuan untuk meningkatkan drainase limfatik, sehingga menghapus setiap kantung atau bengkak yang dapat mempengaruhi mata. Pijat mata sangat mudah untuk dilakukan, anda juga tidak perlu pelatihan khusus untuk melakukannya. Cukup pijat lembut daerah mata untuk mengurangi ketegangan setelah lelah beraktivitas, menatap layar computer dan ponsel anda sepanjang hari.

3Cold Spoon Technique

sendok-dingin

Cold spoon technique atau teknik perawatan mata dengan sendok dingin ini sangat populer di Amerika. Cara ini terbilang sangat efisien untuk dua alasan, semua orang memiliki sendok di rumahnya dan perawatan ini tak membutuhkan biaya sepeserpun. Yang perlu anda lakukan andalah, siapkan sendok bersih dan taruh dalam lemari es selama beberaoa menit hingga dingin, ambil, letakkan dan tekan perlahan pada daerah mata. Kesejukan sendok secara signifikan akan mengurangi bengkak dan kantung mata dalam hitungan detik. Teknik ini sangat aman, asal anda tidak menekan terlalu keras dan sendok tidak terlalu dingin.

2Sleep Hygiene

sleep-hygene

Perhatikan kebersihan tempat tidur dan bantal anda. Hal ini sangat penting tidak hanya untuk mendapatkan kualitas istirahat yang baik namun juga untuk mencegah mendengkur dan mencegah pembentukan kantung bawah mata karena memang lebih baik untuk ‘mencegah’ daripada ‘mengobati’. Sebisa dan sedini mungkin, sebaiknya anda mampu mencegah terjadinya kantung mata dan memperhatikan kesehatan anda. Bersihkan tempat tidur anda dari debu karena tengu dan kutu biasanya suka sekali untuk tinggal di bantal yang kotor dan berdebu. Ganti bantal anda tiap dua kali dalam setahun.

1Gaya Hidup Sehat

gaya-hidup-sehat

Terapkan gaya hidup sehat sebaiknya dilakukan setiap hari untuk alasan kesehatan jangka panjang. Seimbangkan aktivitas anda dengan pola makan sehat dan teratur, olahraga serta pola tidur yang cukup. Jika anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka anda akan terlihat lebih segar tanpa kantung mata, mengingat alasan terbesar penyebab kantung mata adalah kurang tidur. Usahakan untuk memiliki waktu istirahat antara 7 sampai 9 jam tiap malam. Namun gaya hidup sehat tidak sampai di situ saja, anda juga perlu mengontrol konsumsi alcohol dan rokok anda karena keduanya berdampak sangat buruk bagi kantung bawah mata anda.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini