10 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah salah satu tanda-tanda umum dari flu, infeksi tenggorokan atau bahkan radang tenggorokan. Rasa sakit ini bisa menjadi sangat mengganggu dan membuat anda takĀ  nyaman terutama ketika sedang menelan makanan. Berbicara pun bisa jadi sangat sulit karena ada ketegangan di pita suara. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi sakit tenggorokan yang mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah dengan segera saat anda butuh pengobatan langsung untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan anda. Yuk, simak dalam 10 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan berikut ini.

10Sirup Obat Batuk

obat-batuk-sirup

Bagi sebagian besar orang Indonesia yang mengalami sakit tenggorokan, sirup obat batuk merupakan salah satu pilihan yang paling sering digunakan untuk mengatasinya. Tak heran jika ada banyak merek sirup obat batuk yang beredar dengan berbagai rasa dan memang terbukti dapat meredakan sakit tenggorokan. Namun perlu diingat, mekipun begitu, sirup obat batuk hanya meredakan sementara. Gejala anda mungkin tak mustahil akan kambuh lagi setelah efek sirup tersebut mereda. Selain itu, tak jarang efek dari sirup obat batuk ini mempengaruhi kinerja anda seperti rasa kantuk dan kewaspadaan mental.

9Sup Ayam

sup-ayam

Cara yang satu ini merupakan salah satu cara yang paling sering digunakan bagi sebagian besar orang untuk mengatasi sakit tenggorokan sedak zaman dulu. Menurut para ahli, kandungan sodium dalam kaldu memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk tenggorokan. Selain itu, sup ayam merupakan makanan yang sempurna untuk dikonsumsi ketika sakit terutama ketika tenggorokan terasa terlalu sakit atau bengkak. Dengan semangkuk sup ini, anda akan melengkapi tubuh anda dengan nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

8Istirahat

istirahat

Meskipun istirahat bukanlah sesuatu yang dapat memastikan solusi tercepat untuk mengobati sakit tenggorokan, namun banyak beristirahat akan dapat membantu anda melawan infeksi. Karena sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi yang membuat tubuh anda menjadi rentan dan lemah terhadap penyakit. Jadi, menjaga tubuh anda untuk memiliki istirahat yang cukup akan meningkatkan kekuatan dan kemampuan untuk melawan setiap ifeksi lebih cepat. Tak heran mengapa dokter selalu menyarankan untuk beristirahat lebih bagi siapa saja yang sedang sakit.

7Marshmallow

marshmallow

Mungkin masih terdengar asing dan tak masuk akal, namun nyatanya, marshmallow memang dapat membantu mengobati anda dari sakit tenggorokan. Meskipun belum banyak bukti ilmiah yang mendukung teori ini, orang-orang dari zaman kuno telah menggunakan getah dari marshmallow untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti sakit tenggorokan, pilek dan batuk. Getah disiapkan dalam bentuk teh hangat dan buktikan sendiri kemampuannya untuk melawan sakit tenggorokan.

6Teh

teh

Teh adalah salah satu minuman yang paling familiar yang dinikmati hampir di seluruh negara di dunia. Untuk masalah tenggorokan, teh juga dapat membantu mengatasinya, terutama teh herbal. Teh jenis ini dapat dibuat langsung dengan menggunakan teh hijau, teh hitam atau teh lainnya yang mengandung antioksidan penting ntuk meningkatkan kekuatan dan sstem kekebalan tubuh. Bisa juga dengan menambahkan sedikit perasan lemon atau madu untuk pasokan nutrisi yang lebih baik bagi tubuh anda. Satu hal lagi, teh hijau ternyata terbukti efektif dalam menjada rongga mulut anda tetap segar serta dapat menjaga kulit anda lebih mulus dan ternutrisi.

5Minum lebih banyak air putih

air-putih-cukup

Bila anda menderita sakit tenggorokan, tidak dapat dihindari anda akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh khusunya bagi yang mengalami radang atau iritasi tenggorokan. Maka dari itu, anda perlu menjaga tubuh anda untuk tetap terhidrasi dengan meminum jumlah air yang lebih. Air juga dapat memastikan bahwa selaput lendir dalam kondisi terjaga karena ketika tenggorokan lembab, ia akan mampu melawan bakteri.

4Kumur air garam

air-garam

Solusi mudah buatan sendiri ini sangat baik untuk sakit tenggorokan. Hal ini sangat simple untuk dilakukan karena anda hanya tinggal mencampur air hangat dengan sesendok garam dapur. Meskipun rasanya memang sangat asin bahkan ketika anda telah selesai berkumur dan membuang air kumur anda, namun cara ini terbilang cukup efektif. Untuk melawan rasa asin agar tidak terlalu membuat anda tak nyaman, anda dapat menambahkan sedikit madu supaya rasanya lebih manis. Namun pastikan bahwa setelah berkumur cairan tersebut, anda segera meludahkan semuanya sesegera mungkin.

3Wedang Jahe

minuman-jahe

Wedang jahe merupakan minuman populer di Indonesia khususnya di Jawa. Jika wedang jahe dan teh dikombinasikan, maka akan dapat membantu untuk menghilangkan radang tenggorokan. Caranya, siapkan seruas jahe dan rebus hingga mendidih, hasil rebusan jahe ini kemudian digunakan untuk membuat teh. Wah, tak heran mengapa beberapa obat batuk memiliki varian rasa jahe, ya.

2Daun Kemangi

kemangi

Umumnya, daun kemangi digunakan di warteg pinggir jalan untuk disajikan sebagai lalapan bersama sambal dan ayam goreng. Namun kali ini, daun kemangi tidak hanya bisa dinikmati sebagai santapan saja. Daun kemangi dipercaya dapat mengatasi radang tenggorokan. Caranya juga terbilang mudah, cukup rebus beberapa daun kemangi hingga mendidih dan minum air rebusan itu sebagai penangkal sakit tenggorokan.

1Madu dan lemon

madu-lemon

Nah, yang satu ini juga tak kalah berkhasiat, rasanya juga nikmat. Madu dan lemon memang telah sekian lama dipercaya dapat mengobati sakit tenggorokan dan digunakan di hampir seluruh dunia. Madu memiliki banyak manfaat serta yang kaya nutrisi dengan rasa manis dan uniknya lagi madu tidak bisa basi dan tidak memiliki tanggal kadaluwarsa. Rasa manis madu bercampur segar lemon akan memberikan rasa yang manis segar di mulut anda. Untuk mengobati sakit tenggorokan, adakah cara lain yang lebih mudah dan nikmat selain kombinasi dua hal ini? Caranya sangat mudah, siapkan segelas air hangat, tambahkan dengan satu sendok makan madu serta sedikit ai perasan lemon, aduk hingga rata dan minum selagi hangat. Tapi perlu diingat, jangan digunakan untuk anak berusia kurang dari 2 tahun, ya.

Bagaimana, adakah ari cara di atas yang pernah anda terapkan dalam mengatasi sakit tenggorokan? Jika pengobatan ini tak kunjung mengobati sakit tenggorokan anda, berarti anda termasuk sedang mengalami sakit tenggorokan yang cukup parah dan anda harus mengikuti resep dokter. Waspadai pula makanan-makanan yang pantang dimakan saat anda menderita sakit tenggorokan. Antara lain makanan pedas (meskipun banyak yang berpikir makanan pedas dapat mengobati batuk pilek, namun makanan pedas akan membuat sakit tenggorokan semakin memburuk, hal ini termasuk cabe, cengkeh, lada, pala), makanan asam (termasuk asam jawa, acar, jeruk), produk susu, makanan kering (buah-buahan mentah, kacang-kacangan dan biskuit), kafein (kopi dan cokelat, meskipun secangkir kopi dan cokelat panas membantu meredakan sementara, namun setelah itu tenggorokan akan terasa semakin gatal dan menyakitkan), alkohol (hindari minuman beralkohol jika anda ingin terbebas dari sakit tenggorokan). Selamat mencoba. Salam hidup sehat!

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini