10 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

Rambut adalah mahkota tubuh, khususnya bagi para wanita. Wanita pada umumnya lebih menyukai rambut panjang yang sehat dan berkilau indah karena akan membuat penampilan menjadi lebih anggun dan feminim. Namun, untuk beberapa alasan, kadang rambut terasa sangat susah untuk tumbuh sesuai yang diharapkan, bisa karena salah potong, atau karena kekurangan nutrisi penting yang dibutukan rambut. Terlepas dari kesalahan teknik memotong rambut yang membuatnya menjadi lebih lama untuk tumbuh, jumlah nutrisi yang dibutuhkan rambut juga perlu diperhatikan. Karena jika rambut dalam keadaan sehat, maka akan membuatnya tumbuh lebih cepat tanpa hambatan. Berikut ini top10magz telah merangkum 10 cara memanjangkan rambut secara alami yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

10Kurangi Blow-Dry


kurangi-blow-dry

Blow-dry memang dapat mengeringkan rambut secara cepat, terutama jika anda sedang dalam kondisi terburu-buru. Karena menunggu rambut kering secara alami terbilang cukup lama, maka tak jarang wanita-wanita yang harus bekerja sejak pagi memilih untuk mengeringkan rambutnya dengan hair dryer. Hal ini memang sangat praktis dan efisien, namun jika rambut terlalu banyak dan terlalu sering terkena udara panas dari hair dryer, maka risikonya adalah rambut akan menjadi sangat kering, patah-patah dan mudah rontok. Agar rambut tetap sehat, keringkan rambut dengan cara alami, diangin-anginkan di udara bebas atau gunakan hair dryer dalam jarak yang tidak terlalu dekat dengan suhu yang tidak terlalu panas. Hair dryer yang terlalu panas dan terlalu dekat juga tidak baik bagi kesehatan kulit kepala.

9Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B

vitamin-b

Vitamin B terdiri dari 8 vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel. Dalam sejarahnya, vitamin pernah diduga hanya mempunyai satu tipe, yaitu vitamin B (seperti orang mengenal vitamin C atau vitamin D). namun, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa komposisi kimia di dalamnya membedakan vitamin ini satu sama lain dan terlihat dalam contohnya dalam beberapa makanan. Suplemen yang mengandung ke-8 tipe ini disebut sebagai vitamin B kompleks. Masing-masing tipe vitamin B suplemen mempunyai nama masing-masing (contoh; B1, B2, B3). Agar tetap sehat dan subur, rambut  juga membutuhkan vitamin B. Tanpa asupan vitamin B yang cukup, rambut akan kering, rapuh, dan pecah-pecah. Konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B, yang juga terdapat dalam pisang dan merica.

8Minyak zaitun

minyak-zaitun

Lagi-lagi minyak ini datang kembali dengan manfaat lain bagi kesehatan. Selain merupakan jenis minyak alami yang baik bagi kulit, minyak zaitun juga sangat baik bagi rambut. Cara menggunakan minyak zaitun tersebut dengan meneteskan 4 hingga 5 tetes minyak zaitun pada kulit kepala, pijat-pijat lembut ke kulit kepala, lalu diamkan semalaman agar sari minyak zaitun dapat terserap oleh kulit kepala dan rambut. Keesokan paginya, keramas dan bilas rambut hingga bersih. Lakukan secara berkala agar rambut sehat dan cepat tumbuh.

7Teh Hijau

teh-hijau

Minuman sehat kaya manfaat ini ternyata juga bisa untuk menutrisi rambut agar tumbuh lebih cepat, lho. Selain merupakan salah satu minuman yang mampu membantu menurunkan berat badan, menghilangkan kantung dan lingkar hitam mata, membuat kulit lebih halus dan mulus, kandungan antioksidannya juga memperlancar sirkulasi peredaran yang ada dalam tubuh, terutama sirkulasi yang menuju rambut. Dengan lancarnya peredaran darah yang menuju rambut, maka proses pertumbuhan rambut akan semakin cepat dan rambut menjadi lebih sehat. Cara menggunakannya, siapkan teh hijau dan seduh dalam segelas air hangat. Siramkan seduhan teh tersebut ke rambut jika air seduhan sudah tidak terlalu panas. Pijat lembut kulit kepala kira-kira 30 menit dan bilas rambut hingga bersih. Atau bisa juga dengan membalurkan teh hijau ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut, bungkus dengan handuk basah yang sebelumnya telah direndam ke dalam air hangat, diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

6Santan

santan

Santan sudah sejak lama digunakan oleh wanita-wanita di Indonesia untuk kesehatan rambut. Selain ampuh untuk memanjangkan rambut, santan juga membuat rambut lebih lembut, hitam dan berkilau. Caranya menggunakannya,  oleskan 300 ml hingga 500 ml santan ke kulit kepala dan rambut. Kemudian tutup rambut dengan handuk hangat, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

5Kulit Apel

kulit-apel

Apel, makanan kaya vitamin yang sering diolah sebagai cuka untuk menurunkan berat badan dan dikonsumsi saat diet ini juga mampu mencegah kerontokan rambut dan memberikan nutrisi rambut agar lebih sehat dan tumbuh panjang lebih cepat. Namun, di sini yang digunakan adalah kulit apelnya, jadi ketika anda mengkonsumsi buah apel, jangan buang dulu kulit yang telah anda kupas. Perhatikan langkah berikut, haluskan kulit apel tersebut dengan blender, oleskan secara merata pada rambut, diamkan selama 20 menit lalu cuci hingga bersih. Lakukan rutin setidaknya seminggu sekali untuk hasil maksimal.

4Konsumsi lebih banyak air putih

cukup-minum-air

Jangan remehkan kehebatan air putih. Selain menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi, air putih juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan rambut. Mengapa demikian? Karena konsumsi air yang cukup akan menjaga rambut agar tetap lembab, sehingga rambut tidak kering, kusam dan mudah patah. Konsumsi setidaknya 2,5 liter air putih atau setara dengan 8 gelas air putih sehari, akan membantu mengaktifkan kembali sel-sel yang terdapat pada rambut. Dengan aktifnya sel-sel ini, maka proses pertumbuhan rambut di kulit kepala akan semakin cepat, rambut lebih kuat, tidak mudah rontok dan patah.

3Konsumsi Protein

konsumsi-protein

Jaringan yang ada pada rambut adalah 97% protein, jika konsumsi protein tetap dijaga dan tidak diabaikan, maka rambut akan lebih kuat dan tidak mudah patah dan mempercepat pertumbuhan sel baru pada rambut. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein secara teratur, kekuatan, kesuburan dan pertumbuhan rambut akan menjadi lebih baik. Makanan yang termasuk kaya protein antara lain adalah ayam, ikan, daging, susu, kacang-kacangan dan telur.

2Putih telur

telur

Cara alami memanjangkan rambut berikutnya adalah dengan menggunakan putih telur. Putih telur mengandung nutrisi yang kaya untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyedakan tiga butir telur yang diambil bagian putihnya saja, kocok hingga merata dan oleskan menyeluruh ke rambut dan kulit kepala lalu pijat-pijat lembut kulit kepala. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, biarkan nutrisi dari telur tersebut terserap sempurna oleh rambut agar rambut lebih kuat dan sehat, lalu bilas hingga bersih.

1Atur pola tidur

sleep-hygene

Mengapa? Karena saat tidur, sel-sel dalam tubuh akan bekerja dan memulihkan diri kembali. Hal ini tak hanya sangat penting bagi kesehatan, tapi juga bergua bagi seluruh tubuh termasuk kulit, kuku dan rambut. Kurang tidur akan mempengaruhi penampilan kulit, kuku dan rambut, yang menjadikannya kusam, kering dan pertumbuhannya tidak maksimal.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini