10 Bandara Terbaik di Dunia

Bandar udara atau lebih dikenal dengan bandara, adalah sebuah tempat dimana pesawat terbang lepas landas dan mendarat. Namun seiring dengan kemajuan zaman dan modernisasi, banyak bandara di dunia yang fungsinya tak hanya untuk pusat berlalu-lalang menuju pesawat terbang untuk tujuan tertentu. Beberapa bandara di dunia bahkan kini dilengkapi dengan fasilitas café, hotel, spa dan lain sebagainya. Merujuk pada salah satu situs bergengsi dunia Skytrax, berikut adalah 10 Bandara Terbaik di dunia yang tak ada salahnya dijadikan referensi pengetahuan.

10London Heathrow Airport – London, Inggris

london-heathrow

Inggris tak hanya menjadi negara yang memiliki universitas terbaik di dunia saja, namun juga sebagai pemilik Bandar udara yang terbaik di dunia. Adalah London Hethrow Airport yang terletak di Hillingdon, London, yang berhasil menduduki peringkat ke sepuluh bandara terbaik dunia. Bandara ini melayani kota London, Britania Raya dan juga merupakan bandara paling sibuk di Inggris. Bahkan salah satu bandara Indonesia yakni Bandara Soekarno Hatta, menjadikan London Heathrow Airport sebagai bahan rujukan perbaikan pelayanan penerbangannya. Bahkan wakil presiden, Boediono menargetkan bahwa pada Juni 2015, standar penerbangan tanah air harus sudah mendekati standar pelayanan penerbangan London Heathrow Airport.

9Tokyo International Airport (Haneda) – Tokyo, Jepang

haneda-tokyo

Lebih terkenal dengan julukan Haneda Aiport, bandara ini adalah salah satu ari duabandara yang ada di Tokyo. Bandara ini lebih terkenal dibandingkan dengan Bandara Internasional Narita yang dulunya pernah dinamakan “New Tokyo International Airport’ sebelum akhirnya diganti pada tahun 2004. Bandara ini menangani semua penerbangan dari dan menuju Tokyo sedangkan Bandara Narita hanya menangani sebagian besar penerbangan internasiona. Pada tahun 2010 Bandara Haneda ini menangani 64.211.074 penumpang. Dan berdasarkan total lewatan penumpang, bandara ini merupakan bandara tersibuk ke dua di Asia sekaligus tersibuk ke lima di dunia. ForbesTraveller.com bahkan menempatkannya sebagai bandara paling tepat waktu di dunia dengan catatan 94,3% dari penerbangan berangkat tepat waktu dan 88,6% penerbangan tiba tepat waktu.

8Vnacouver International Airport – Kanada

vancouver-airport

Terletak di Sea Island di Richmond, sekitar 12 kilometer dari jantung kota Vnancouver, bandara ini merupakan bandara tersibuk ke dua di Kanada setelah Bandara Internasional Pearson Toronto dengan penerbangan ke Asia, Eropa, Oceania, Amerika Serikat, Meksiko dan bandara lainnya di kanada secara non-stop tiap hari. Bandar udara ini bahkan berhasil menjuarai empat kali berturut-turut sebagai Bandar udara terbaik di wilayah Amerika Utara sejak 2010 hingga 2013 versi Skytrax.

7Zurich International Airport – Swiss

zurich-airport

Merupakan bandara terbesar di Swiss ini menjadi hubungan utama dari maskapai penerbangan Swiss International Airlines. Letaknya sekitar 13 kilometer dari pusat kota Zurich yang disebut-sebut sebagai salah satu kota termahal di dunia. Bandara ini memiliki tiga terminal dengan tiga landasan pacu dan melayani 13 juta penumpang tiap tahunnya. Ruangan-ruangan di bandara ini sangat bersih serta pelayanannya sangat memuaskan bahkan ada ruangan khusus bermain untuk anak-anak. Selain itu ada juga layanan porter dimana Anda membayar porter tersebut untuk membawakan barang anda hingga tujuan akhir.

6Munich Airport – Jerman

munich-airport

Warga lokal lebih sering menyebutnya sebagai Flughafen Muenchen. Terletak di 28,5 kilometer dari timur laut kota Munich. Bandara ini tidak hanya menawarkan fasilitas pelayanan penerbangan saja, namun layaknya pusat perbelanjaan, bandara ini memiliki banyak restoran, took hingga sauna guna menebas kebosanan penumpang yang menunggu jadwal transit atau yang jadwal penerbangannya masih lama. Bahkan ada fasilitas ombak buatan yang bsa dijadikan untuk bahan surfing dengan surfing board yang disewakan. Bentuknya pun sangat indah dan megah dengan hiasan dinding dan langit-langit  yang terbuat dari kaca sehingga terkesan lebih lebar. Munich Airport ini juga merupakan bandara tersibuk ke dua di Jerman setelah Frankfurt Internasional Airport.

5Beijing Capital International Airport – Beijing

Beijing_Terminal

Telah resmi dibuka sejak 2 Maret 1958 dan menjadi bandara pling sibuk di dunia yang melayani sekitar 70 penumpang tiap tahunnya. Lokasinya di Distrik Chaoyang, yakni 32 kilometer dari timur laut pusat kota Beijing. Hingga saat ini, Bandara Internasioanl Beijing ini meiliki tiga terminal dimana terminal 1 melayani penerbangan domestik, sedangkan terminal dua dan tiga melayani penerbangan internasional.

4Hong Kong International Airport – Hong Kong

hongkong-airport

Bandar udara Internasional Hong Kong ini terletak di pulau Chek Lap Kok dan telah dibuka sejak tahun 1998. Letaknya sangat strategis, tak heran jika bandara ini menjadi pusat transit penting dunia. Terbilang cukup besar dengan kapasitas sebesar 45 juta penumpang dengan 3 juta ton kargo yang kini meningkat menjadi 87 juta penumpang dengan 9 juta ton kargo setelah landas pacu keduanya dibuka pada Mei 1999. Pada tahun 2012, bandara yang juga memiliki nama lain Chek Lap Kok Airport ini menduduki posisi ke tiga bandara terbaik di dunia, namun posisinya turun satu peringkat menjadi yang ke empat pada tahun 2013. Saat ini, Hong Kong International Airport memiliki 2 landasan pacu dengan panjang 3.800 meter dan lebar 60 meter yang nama landasannya 07L/25R dan 07R/25L yang bisa juga dibedakan sebagai landasan utara dan selatan.

3Amsterdam Schipol Airport – Belanda

Schiphol-airport

Terletak di 91 kilometer selatan kota Amsterdam persisnya di gementee Haarlemmermeer dan merupakan salah satu gerbang untuk masuk ke bandara-bandara di Eropa. Dulunya pada tahun 1916, bandara Schipol dibuka sebagai lapangan terbang militer namun kini telah disulap menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia. Memiliki lima landasan pacu utama dan satu landasan pacu lagi untuk penerbangan lain. Jika anda hobi bermain poker atau sedang kelelahan dan butuh relaksasi, anda bisa menikmati fasilitas bermain poker dan menikmati pijat di tempat kasino yang tersedia di bandara ini.

2Incheon International Airport – Korea Selatan

bandara-incheon-korsel

Lagi-lagi Korea Selatan menunjukkan kebolehannya, selain memiliki kuliner dan industri hiburan yang mendunia, ternyata Korea Selatan juga memiliki Bandara Internasional Incheon yang merupakan bandara terbaik ke dua di dunia. Tercatat selama sepuluh tahun terakhir, bandara ini telah mendatangkan wisatawan dengan jumlah yang sangat menakjubkan. Memiliki luas yang sangat lapang dengan pencahayaan yang sangat terang. Fasilitas yang disediakan pun beragam, mulai dari kamar tidur pribadi, internet gratis di semua area, lapangan golf, arena seluncuran es hingga fasilitas spa. Selain itu, bandara ini juga memegang peranan penting sebagai penghubung untuk kawasan Asia Timur dengan lebih dari 70 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan meunju bandara ini.

1Singapore Changi Airport – Singapura

singapore-airport

Singapura, merupakan salah satu negara terkaya di dunia dan pemegang rekor sebagai pemilik bandara terbaik di dunia. Tahun 2013 adalah keempat kalinya Singapore Changi Airport mendapatkan gelar ini setelah gelar terakhir yang diraihnya pada tahun 2010. Menangani rata-rata jumlah penumpang hingga 37,2 juta per tahunnya dengan lebih dari 200 tujuan dan melibatkan 90 lebih maskapai penerbangan. Jangan salah, di sini anda tidak hanya akan menemukan tempat persinggahan, namun bisa juga untuk digunakan sebagai sarana bersenang-senang dan menghilangkan stress. Mengapa? Karena di sini disediakan fasilitas kolam renang, pusaran air untuk mandi dan meja pijat, tersedia juga tempat sholat, area game LAN, bar dan bioskop gratis. Semuanya tertata dengan bersih, sempurna, terorganisir dan penuh dengan kenyamanan. Wah, pantas saja bandara ini menjadi bandara terbaik di dunia.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini