10 Air Terjun Paling Menakjubkan

Air terjun adalah formasi geologi dari arus yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian (wikipedia). Secara mudah, air terjun dapat diartikan sebagai salah satu ciptaan Sang Maha Kuasa yang memberikan kehidupan bagi berbagai makhluk. Selain menjadi sumber penghidupan, air terjun juga selalu membuat kehidupan terasa lebih sejuk, segar dan tenang. Selain itu, air terjun juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Pahatan tebing dan bebatuan yang dimiliki oleh air terjun kerap kali sangat unik sehingga membuatnya terlihat lebih indah. Semua negara tentu memiliki air terjun andalannya sendiri, namun ada 10 air terjun paling menakjubkan yang patut anda ketahui. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

10Tanap Avis Falls – Filipina

air-terjun-menakjubkan-Tana

Air terjun ini letaknya terisolasi dan jarang dikunjungi karena landscape yang kasar sehingga membuat pengunjung sulit untuk menjelajahinya. Terletak di Burgos, Ilocos Norte, Filipina, perjalanan yang terbilang sulit untuk mencapai akses ini akan terbayar dengan warna biru transparan dan kombinasi alam di sekitarnya. Byur! Segala penat dan kepayahan yang dihabiskan untuk mengakses Tanap Avis Falls akan segera hilang karena sejuknya udara dan segarnya air dalam sekali renang.

9St Nectan’s Glen Waterfall – Inggris

air-terjun-menakjubkan-st_n

Terletak di daerah hutan Trethevy utara kota Cornwall, Inggris. Perjalanan ke sana bisa ditempuh dengan jarak satu mil. Yang paling menarik dari air terjun ini adalah bentuknya di tengahnya yang seperti lubang yang menghubungkan air terjun di atasnya menuju sungai di bawahnya. Lubang ini menjadi seperti gerbang pengantar antara air terjun berketinggian 60 kaki tersebut dan sungai di bawahnya.

8Calf Creek Falls – Utah

air-terjun-menakjubkan-Lowe

Berbeda dengan air terjun kebanyakan yang warna tebingnya hijau dan basah karena ditumbuhi lumut, air terjun Calf Creek memiliki tebing berwarna cokelat yang nampak seperti tebing yang kering. Air terjun ini juga dikenal sebagai air terjun abadi yang terletak di Grand Staircase Escalante Monumen Nasional di Utah. Tingginya 214 kaki dan 126 kaki, karena tidak terlalu tinggi, untuk mencapai ke atasnya bias dengan berjalan kaki.

7Puente de Dios Falls – Mexico

air-terjun-menakjubkan-puen

Berjarak sekitar dua mil dari utara kota, Puente de dios terletak di kota Tamosopo, Mexico. Warna biru turquoise nya sangatlah indah, didukung dengan air terjun berjejer nan cantik serta pepohonan dan aneka ramagan tanaman yang menambah sejuknya daerah air terjun ini. Tidak hanya berenang saja, iburan anda juga akan semakin sempurna dengan mengekplorasi jurang sempit dan gua bawah air yang melengkung di atas sungai Gallinas tersebut.

6Triple Falls – Amerika Serikat

air-terjun-menakjubkan-Trip

Air terjun ini terletak di kawasan Glacier National Park, Amerika Serikat. Taman ini memiliki luas 1 juta hektar yang juga mencakup dua bagian gunung di sub-pegunungan rocky, memiliki  setidaknya 130 jumlah danau, 1.000 spesies tanaman dan ratusan spesies hewan. Bentuknya sangat unik yakni tiga air terjun bias disaksikan langsung dalam satu pemandangan, inilah sebabnya mengapa air terjun ini dinamakan Triple Falls.

5Uluru Falls – Australia

air-terjun-menakjubkan-Ulur

Selain memiliki Whitehaven beach yang juga merupakan salah satu pantai paling indah di dunia, Australia juga memiliki air terjun yang suga sangat menakjubkan. Terletak di Northen Territory of Australia, tepatnya 1431 kilometer selatan Darwin, air terjun ini benar-benar memberikan pemandangan dan sensasi yang berbeda dari air terjun kebanyakan. Berlokasi di batuan pasir monolit dengan ketinggian 348 meterair terjun Uluru terlihat seperti barisan air terjun yang membelah batuan merah uluru menjadi dua dengan lubang-lubang air terjun di tengahnya.

4Iguazu Falls – Perbatasan Brasil dan Argentina

air-terjun-menakjubkan-igua

Terletak di sungai Iguazu tepatnya di perbatasan negara bagian Parana di Brazil dan provinsi Misiones di Argentina. Air terjun ini membelah sungai menjadi dua bagian yaknni sungai atas dan sungai bawah sehingga air terjun terlihat seperti dua susun yang jarang sekali ditemui di Amerika. Nama Iguazu sendiri diambil dari bahasa Portugis dan Spanyol dan pada tahun 2011, Iguazu dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.

3Victoria Falls – Zimbabwe

air-terjun-menakjubkan-vict

Meskipun berpredikat sebagai salah satu negara termiskin di dunia, Zimbabwe tetap memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Adalah air terjun Victoria yang menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di dunia karena keindahannya yang menakjubkan. Memiliki lebar sepanjang satu mil atau sekitar 1,6 kilometer dengan ketinggian 128 meter, menjadikan Victoria sebagai salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Pertama ditemukan oleh seorang penjelajah asal Skotlandia bernama David Livingstone, dan dinamakan sesuai dengan nama ratu Victoria. Nama lokalnya adalah Mosi oa Tunya yang berarti “asap menggelegar”.  Hingga saat ini, Victoria Falls National Park menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

2Niagara Falls – Perbatasan Ontario dan Kanada

air-terjun-menakjubkan-niag

Air terjun ini sangat terkenal bukan hanya karena lebarnya yang mampu menjatuhkan 6 juta kubik air per menit, tapi juga karena merupakan air terjun paling kuat yang ada di Amerika Utara. Terletak di tengah perbatasan antara Ontario dan Kanada, air terjun ini merupakan gabungan dari tiga air terjun yakni Horseshoe karena bentuknya yang mirip tapal kuda (kadang disebut dengan air terjun kanada), air terjun Amerika dan yang lebih kecil bernama air terjun Bridal Veil (air terjun kerudung pengantin) yang dipisahkan oleh sebuah pulau bernama Luna dari air terjun utamanya. Karena keindahan dan kemegahannya, air terjun ini mampu menarik jutaan orang dari berbagai belahan dunia untuk mengunjunginya tiap hari, hal ini tentu saja menambah pundi-pundi uang  untuk devisa kedua negara tersebut. Air terjun maha megah ini akan dengan mudah membuat anda merasa kecil dan tidak ada apa-apanya dibanding ciptaan kekuasaan yang Maha Kuasa.

1Angel Falls – Venezuela

Air-Terjun-Angel-Falls-di-V

Terletak di Venezuela dan merupakan air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 979 meter. National Geographic meresmikannya sebagai air terjun tertinggi di dunia sejak 1949. Membayangkan kedahsyatan akan air terjun Niagara dengan tinggi 54 meter saja sudah luar biasa, apalagi dihadapkan dengan ketinggian air terjun Angel 979 meter ini. Pertama ditemukan oleh penjelajah bernama Ernesto de Santa Cruz di awal abad ke 20 yang pada saat itu belum terlalu mendunia hingga ditemukan kembali oleh penerbang asal Amerika, James Crawford Angel. James mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun untuk mencari tambang emas, namanya kemudian diabadikan sebagai nama air terjun ini, yakni Angel Falls.

Bagaimana, tertarik mengunjungi salah satu air terjun spektakuler di atas? Bagi para pecinta alam maupun backpacker mungkin sudah merupakan hal yang wajib dalam memasukkan beberapa referensi wisata air terjun menakjubkan tersebut. Air terjun di atas selain dijadikan obyek wisata alamnya, ada juga beberapa air terjun yang dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air karena memiliki kekuatan yang cukup besar atas aliran air yang dijatuhkannya.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0Pin on Pinterest0
Disclaimer : gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini